Awal Juni 2024 Pelabuhan ASDP Tofoi Akan Diresmikan Pemda Teluk Bintuni

Nampak pembangunan Dermaga ASDP Tofoi telah rampung, pada awal Juni 2024 akan diresmikan Pemda Teluk Bintuni. (ft:ist-InspirasiPapua.id)
Bagikan berita ini

Views: 53

Awal Juni 2024 Pelabuhan ASDP Tofoi Akan Diresmikan Pemda Teluk Bintuni

 

BINTUNI, Inspirasi Papua- Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi, Distrik Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, akan segera diresmikan oleh Bupati Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT atau Pemda Teluk Bintuni pada bulan Juni 2024.

Nampak pembangunan Dermaga ASDP Tofoi telah rampung, pada awal Juni 2024 akan diresmikan Pemda Teluk Bintuni. (ft:ist-InspirasiPapua.id)

“Proses pekerjaan dermaga ASDP di Tofoi telah mencapai sekitar 99% dan direncanakan akan diresmikan pada tanggal 6 Juni 2024.

Namun, jadwal tersebut masih akan disesuaikan dengan ketersediaan waktu Bupati Teluk Bintuni,” ungkap Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara pada Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni, Saifuddin Kasim, Senin (27/5/2024) lalu kepada wartawan.

Pada saat dirinya diwawancarai di ruang kerjanya Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni.

Kabid Dinas Perhubungan Bintuni itu juga menjelaskan bahwa pembangunan dermaga Tofoi merupakan salah satu pilot project Bupati dan menjadi prioritas utama dalam pembangunan daerah.

Proyek dermaga ini juga mendapat pengawasan langsung dari Aparat Penegak Hukum (APH) Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni untuk memastikan seluruh proses berjalan sesuai prosedur.

Proses pembangunan dermaga ini berjalan sesuai prosedur, dengan pendampingan langsung dari APH,” jelas Saifuddin.

Setelah diresmikan, kata Saifudin dermaga ASDP Tofoi itu akan menjadi sarana transportasi vital yang menghubungkan kawasan industri di Distrik Sumuri, Kampung Tofoi, Babo, dan Bintuni.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas penduduk dan efisiensi distribusi barang serta jasa di wilayah tersebut, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” jelasnya.

Saifudldin juga menjelaskan bahwa pembangunan dermaga ASDP Tofoi itu bersifat multiyears atau dilakukan dalam dua tahun anggaran.

“Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan infrastruktur transportasi.

Kabid itu juga menegaskan bahwa isu yang menyebut proyek dermaga ASDP Tofoi sebagai pekerjaan mangkrak,  tuduhan tersebut tidak benar.

“Sebab faktanya pekerjaan ini terus berjalan hingga kini dan siap untuk diresmikan oleh Bupati Teluk Bintuni.

Dengan rampungnya pembangunan dermaga ASDP Tofoi, Kabid itu berharap terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi transportasi di wilayah tersebut.

“Dimana Dermaga ini diharapkan nantinya tidak hanya menjadi fasilitas transportasi, tetapi juga katalisator bagi perkembangan ekonomi lokal dan regional.

Proyek ini merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik.

Dengan segala persiapan yang matang, maka peresmian dermaga ini di bulan Juni diharapkan berjalan lanca. Sehingga Dermaga ASDP ini dapat segera difungsikan pemanfaatannya oleh masyarakat,” ujarnya. (InspirasiPapua.id)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *