Bappelitbangda Bintuni Dampingi OPD Lakukan Asistensi Renja Untuk Kontrol Program Tidak Keluar Dari RPJMD

Bappelitbangda Teluk Bintuni asistensi Renja OPD tahun 2023. (Inzet : Kepala Bidang Pengendalian Palaporan Bappelitbangda Yusuf Isir, SH). (IP-IST)
Bagikan berita ini

Visits: 13

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni sejak hari Senin (14/11/2022) mulai melakukan asistensi Rencana Kerja (Renja) Tahun 2023 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Teluk Bintuni.

Asistensi Renja ini akan dilaksankan hingga hari Sabtu (19/11/2022). Dan Semua OPD sudah dijadwalkan pihak Bappelitbangda untuk melakukan asistensi Renja tahun 2023 di kantor Bappelitbangda kabupaten Teluk Bintuni.

Penganggung jawab Teknis Asistensi Renja OPD Tahun 2023 Yusuf Isir, SH, Selasa (15/11/2022) kepada media ini disela-sela pelaksanaan kegiatan asistensi Renja OPD tahun 2023 menjelaskan bahwa asistensi Renja OPD tahun 2023 merupakan salah satu tahapan perencanaan Bappelitbangda sebelum menjadi rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

“Tahapan asistensi Renja ini menjadi hal yang sangat penting sekali karena asistensi Renja ini kita bisa mengatahui dan mengontrol semua program kegiatan dari setiap OPD yang masuk agar program dan kegiatan yang OPD rencanakan itu tidak keluar dari arahan atau yang sudah tertuang dalam RPJMD kabupaten Teluk Bintuni,” ungkap Yusup Isir, SH .

Lanjut Yusuf Isir yang kesehariannya sebagai  Kepala Bidang Pengendalian Palaporan Bappelitbangda Teluk Bintuni itu bahwa setelah asistensi Renja kemudian dituangkan dalam rencana strategis (Renstra) masing-masing OPD.

“Selanjutnya dituangkan dalam RKPD kemudian masuk pada tahapan penyusunan  KUA dan PPAS setelah itu KUA dan PPAS ini diserahkan ke DPRD Teluk Bintuni untuk dibahas untuk selanjutnya akan disidangkan dalam APBD Induk Tahun 2023.

Semua OPD wajib ikut asistensi Renja tahun 2023 dan ini dilakukan setiap tahun dan kita baru saja selesai dengan APBD Perubahan kemudian kita lanjut lagi dengan APBD Induk tahun 2023 ini,” terangnya.

Kepala Bidang Pengendalian Palaporan Bappelitbangda itu juga mengatakan bahwa asistensi Renja ini merupakan salah satu mekanisme yang sudah ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004.

“Jadi kami sebagai lembaga yang mengkoordinasikan serta mengkoordinir agar OPD  bisa  melaksanakan tahapan ini secara baik.

Saya berharap OPD-OPD semua bisa proaktif kemudian kita sama-sama melaksanakan tahapan ini secara baik agar prosesnya bisa berjalan dengan baik.

Sehingga proses penetapan APBD Induk Tahun 2023 juga bisa berjalan dengan baik sesuai target,” ujar Isir.

Pantauan media ini pada hari pertama Senin (14/11/2022) OPD yang melakukan asistensi Renja yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Pendidikan Kubudayaan Pemuda dan Olah Raga, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup,Distrik Weriagar, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Pertanian, Distrik tomu, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kesehatan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Teluk Bintuni.

Kemudian pada hari kedua, Selasa (15/11/2022) terlihat  beberapa OPD melakukan asisten Renja di Kantor Bappelitbangda Kabupaten Teluk Bintuni di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni di Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri.

Diantaranya OPD yang melakukan asistensi Renja yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sekretariat Daerah, Distrik Moskona Utara, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Distrik Moskona Timur, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Sosial, Distrik Moskona Selatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Pendidikan Kebuidayaan Pemuda dan Olah Raga. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *