Diresmikannya Jembatan Meyof, Masyarakat Moskona Raya Sudah Lancar Pulang Kampung

Pj Gubernur Papua Barat diwakili Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT ketika meresmikan Jembatan Kali Meyof Merdey. (IP-IST)
Bagikan berita ini

Visits: 48

Diresmikannya Jembatan Meyof, Masyarakat Moskona Raya Sudah Lancar Pulang Kampung

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Kabar gembira dan momen bersejarah bagi masyarakat Moskona Raya Kabupaten Teluk Bintuni pasalnya setelah menunggu sekian lama akhirnya Jembatan Meyof diresmikan dimana jembatan tersebut selama ini diimpikan masyarakat di wilayah Moskona Raya yang didiami 6 (enam) distrik yaitu distrik Merdey, Mesyeta, Biscoop, Moskona Timur, Moskona Utara serta distrik Moskona Utara Jauh akhirnya bisa merasa lega.

Karena pada hari Senin (12/12/2022) kemarin Jembatan Meyof tersebut telah diresmikan oleh Pj Gubernur Papua Barat diwakili Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT.

Keenam distrik tersebut sangat bergantung dengan adanya jembatan tersebut untuk mengangkut barang-barang dari kota Bintuni ke distrik mereka masing-masing yang ada di wilayah Moskona Raya yang selama ini mereka angkut barang harus carter pesawat dengan biaya cukup mahal.

Begitu pun dengan sebaliknya masyarakat Moskona Raya dapat dengan mudah membawa hasil kebun mereka untuk turun dijual di kota Bintuni.

Akses dari kota Bintuni menuju distrik Induk Merdey ditempuh dengan kendaraan HiLux selama 4 jam pulang pergi (PP). Kalau dulu masyarakat bisa sampai ke Merdey itu perlu berhari-hari atau berminggu-minggu akibat jalan yang rusak dan jembatan yang belum ada mengakibatkan ongkos harga-harga barang di Merdey sangat tinggi.

Tetapi dengan adanya jalan cor dan jembatan Meyof dari Meyado ke Merdey hanya dapat ditempuh kurang lebih satu jam. Dan sampai ke kota Bintuni dari Meyado kurang lebih satu jam dan harga-harga barang pun kedepan diharapkan bisa turun di wilayah Moskona.

“Peresmian Jembatan Meyof ini rencananya akan di lakukan oleh Pj. Gubernur Papua Barat namun Gubernur berhalangan hadir akhirnya mempercayakan peresmian tersebut kepada saya selaku Bupati Teluk Bintuni.

Peresmian Jembatan tersebut adalah keinginan dari warga masyarakat dari enam distrik yaitu Merdey, Biscoop, Mesyeta, Moskona Timur, Moskona Utara serta Moskona Utara Jauh yang ingin pulang merayakan Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 01 Januari 2023 di distrik mereka masing-masing.

Sehingga peresmian tersebut harus kita laksanakan hari ini,” ungkap Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT dihadapan para undangan dan warga masyarakat dari 6 distrik di wilayah Moskona yang hadir untuk menyaksikan langsung peresmian Jembatan Meyof yang sudah lama mereka nanti.

Bupati Teluk Bintuni Dua Periode itu juga menambahkan bahwa sementara ini pembangunan akses jalan yang mengubungkan Merdey dengan Moskona Utara atau Merdey Moskona Timur serta jalan Biscoop ke Dataran Beimes proses pembangunannya sementara berjalan dan kami berharap secepatnya dapat di selesaikan.

Agar kedepan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di enam distrik yang ada di wilayah Moskona Raya tersebut,” pungkas Bupati Kasihiw.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, Jembatan Meyof selesai dikerjakan pada tanggal 02 November 2022.

Pembangunan Jembatan Meyof tersebut merupakan proyek Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 27 milyar yang berasal dari  dana APBD Provinsi Papua Barat tahun anggaran 2020 dan 2021.

Hadir dalam peresmian Jembatan Meyof Merdey, Bupati Ir. Petrus Kasihiw MT, Kepala Suku Besar Arfak Drs. Dominggus Mandacan, Ketua DPRK Teluk Bintuni Simon Dowansiba, SE dan Anggota DPR Provinsi Papua Barat Daniel Asmorom, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, Kajari Teluk Bintuni Jhony Zebua, Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol Arh Arya Bima.

Juga hadir anggota DPRK Teluk Bintuni Yasman Yasir, Sophia Yerkohok, Jefri Orocomna, Asisten II Sekda Teluk Bintuni Ir. I.B. Putu Suratna, MM, Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Teluk Bintuni Laras Nuryani, SE, MM, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Teluk Bintuni Andrias Tomy Tulak, ST.

Beserta Kepala Distrik Merdey, Biscoop, Masyeta, Moskona Timur, Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh yang ada di wilayah Moskona Raya serta para kepala kampung dan masyarakat dari 6 distrik tersebut.

Secara terpisah, salah seoarang warga masyarakat distrik Merdey Siprianus Yerkohok kepada media ini mengatakan bahwa dirinya mewakili masyarakat gunung mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah provinsi Papua Barat dan kabupaten Teluk Bintuni yang telah membangun akses jalan dan jembatan kali Meyof.

“Dan sampai sekarang jalan sudah masuk ke kampung-kampung dan manfaatnya kini dinikmati masyarakat. Kami juga minta terima kasih kepada Suku Besar Arfak Bapak Drs. Dominggus Mandacan sewaktu masih menjabat Gubernur Papua Barat sangat memperhatikan  kami orang Moskona,” papar Yerkohok. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *