Bupati Serahkan Ganti Untung Tanah Ulayat Dan Milik Perorangan Warga Manimeri Untuk Lahan Mako Brimob

Bupati Petrus Kasihiw menyerahkan ganti untung secara simbolis kepada pemilik hak ulayat atau hak perorangan untuk Tanah Kompi 3 Batyon A Satuan Brimob Bintuni, Selasa (16/08/2022) lalu berlangsung di Balai Kampung Banjar Ausoy SP_4 Distrik Manimeri. (IP-IST)
Bagikan berita ini

Visits: 8

Bupati Serahkan Ganti Untung Tanah Ulayat Dan Milik Perorangan Warga Manimeri Untuk Lahan Mako Brimob

BINTUNI, InspirasiPapua.idPenyerahan ganti untung atas Tanah Ulayat dan tanah milik perorangan warga distrik Manimeri yang sudah selesai dinilai oleh Tim Apraiser yang akan diperuntukkan untuk lahan Kompi 3 Batyon A Satuan Brimob Bintuni.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw saat memberikan arahan pada acara penyerahan ganti untung Tanah Mako Brimob Bintuni kepada pemilik ulayat dan pemilik perorangan di Balai kampung Banjar Ausou SP-4 Distrik Manimeri. (IP-IST)

Penyerahan ganti untung secara simbolis tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT, Selasa (16/08/2022) lalu yang berlangsung di Balai Kampung Banjar Ausoy SP-4 Distrik Menimeri.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dalam arahannya mengatakan bahwa semua proses pelepasan tanah adat ulayat dan tanah pribadi milik warga itu sudah sesuai dengan perundang-undangan.

“Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Melianus Yettu sebagai petuanan tanah adat serta keluarga-keluarga Iba dan keluarga yang lain yang secara adat, sejarah, silsilah dan lain sebagainya serta cerita leluhur maka tanah itu sudah dilepas oleh masyarakat pemilik ulayat dan warga pemilik perorangan.

Dimana tim penilai tanah atau Tim Apraiser sudah selesai memberikan penilaian soal harga ganti untung tanah warga masyarakat. Dan sesuai dengan ketantuan pembayaran ganti untung sesuai dengan tata cara administrasi pemerintahan tidak bisa dalam bentuk uang cash tetapi melalui rekening.

Dan secara simbolis saya akan serahkan sesuai nilai yang ada di dalam rekening masing-masing penerima ganti untung tanah ulayat maupun tanah hak milik perorangan masing-masing penerima.

Dimana itu menjadi bukti autentik bahwa secara sah tanah yang dulunya masih tanah ulayat dan tanah hak milik perorangan sudah resmi menjadi aset Pemda Teluk Bintuni.

Selanjutnya tanah aset Pemda tersebut akan dihibahkan menjadi tanah aset Polda Papua Barat untuk kepentingan pembangunan Mako Brimob Teluk Bintuni,” terang Bupati Kasihiw.

Bupati Petrus Kasihiw juga menambahkan bahwa tentunya pemerintah terus ingat apa yang masyarakat sudah berikan dimana nantinya kami akan menyampaikan kepada Bapak Kapolda  Papua Berat terkait harapan keluarga  Yettu, Iba serta suku Sough pada umumnya agar kedepan anak-anak asli Bintuni terutama anak-anak dari suku Sough juga bisa menjadi anggota polisi dan TNI,” pungkas Kasihiw.

Acara penyerahan ganti untung tersebut juga dihadiri Danki Brimob Bintuni, Kapolres, Dandim, DanBrigif, Asisten II, Badan Pertanahan serta seluruh warga masyarakat penerima ganti untung yang sudah diputuskan Tim Apraiser. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *