Dihari Ultah DWP Ke-23, Bupati Teluk Bintuni Sebut Perempuan Miliki Peran Sentral Dalam Berbagai Sektor Kehidupan

Bupati Petrus Kasihiw Potong Kue Ultah DWP Ke-23 di GSG Bintuni. (IP-IST)
Bagikan berita ini

Visits: 3

Dihari Ultah DWP Ke-23, Bupati Teluk Bintuni Sebut Perempuan Miliki Peran Sentral Dalam Berbagai Sektor Kehidupan

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Teluk Bintuni, memperingati Hari Ulang Tahun (Ultah) DWP Ke-23 Tahun.  Dengan mengusung tema “Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”.

Bupati Kabupaten Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT dalam sambutannya, Rabu (07/12/2022) pada acara Peringatan HUT DWP Ke-23 Tahun bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) mengatakan bahwa kaum perempuan merupakan penyangga keluarga, pendidik generasi penerus, tiang negara, sekaligus ibu bangsa.

“Fungsi perempuan yang beragam secara jelas menunjukan bahwa perempuan memegang peran sentral dalam berbagai sektor kehidupan.

Dalam perkembangannya di masa kini, kaum perempuan tidak lagi pasif dalam menjalankan perannya sebagai istri dan ibu keluarga.

Namun juga berperan aktif dan strategis dalam sektor-sektor pembangunan yang penting,” tutur Petrus Kasihiw.

Bupati Teluk Bintuni Dua Periode itu juga mengatakan bahwa berbagai upaya tersebut menjadi bukti perempuan dapat menunjukan eksistensi dan keberdayaannya baik secara kuantitas maupun kualitas yang setara dengan kaum laki-laki.

“Saat ini kita dapat melihat bahwa perempuan Indonesia secara umum maupun khusus perempuan di Teluk Bintuni sanggup melaksanakan peran gandanya baik di ranah publik maupun di ranah domestik dengan baik.

Perlu kita sadari bahwa pembangunan pemberdayaan perempuan Indonesia tidak lepas dari keikutsertaan organisasi-organisasi perempuan, seperti DWP ini,” kata Bupati Kasihiw.

Orang Nomor Satu di Teluk Bintuni ini juga mengatakan bahwa menilik pada  kurangnya ketahanan keluarga Indonesia akibat derasnya arus informasi digital melalui platform-platform media sosial yang makin beragam dan pengaruh gawai gadget yang makin menurunkan kualitas hubungan antar-personal.

“Maka dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun DWP sebagai organisasi bagi para istri ASN dapat memfokuskan diri pada peningkatan peran dan eksistensi kaum perempuan di era digitalisasi.

Pada hakekatnya kehadiran organisasi-organisasi perempuan dalam pembangunan adalah untuk meningkatkan kehadiran dan partisipasi perempuan melalui peningkatan bidang pendidikan, ketrampilan, kesejahteraan dan ketahanan keluarga, ketahanan spritual, pendidikan politik serta sektor ekonomi produktif,” ujar Bupati Kasihiw.

Bupati Petrus Kasihiw juga mengatakan bahwa membangun kecerdasan kaum perempuan baik secara intelektual mental, emosional, somatis dan intuitif serta membentuk generasi Indonesia yang melek digital menjadi hal yang urgen atau penting untuk dilakukan terutama oleh DWP sebagai organisasi istri ASN.

“Dalam rangka mendukung tugas dan pelayanan suami dalam bidang birokrasi serta pelayanan publik yang pada gilirannya akan turut mewujudkan cita-cita pembangunan Indonesia sebagai bangsa yang maju, cerdas dan beradab.

Saya berharap agar Dharma Wanita Persatuan Teluk Bintuni dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan istri ASN secara khusus maupun kaum perempuan pada umumnya untuk mewujudkan masyarakat  yang damai, maju, produktif dan berdaya saing,” sebut Bupati Kasihiw.

Kegiatan HUT DWP Ke-23 tahun tersebut dihadiri oleh Bupati  Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT, Plt. Sekertaris Daerah Drs. Frans N Awak, Wakil Ketua I DPRD Herlina Husain, Kepala Dinas Perhubungan Victor E Ririhena SE, Kepala Badan Pendapatan Daerah Drs.Ahmad Rahangmetan, M.Si, Kasat Pol-PP beserta pengurus anggota DWP Kabupaten Teluk Bintuni. (04-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *