RUMASATU Gelar Sosialisasi Pemilu Dan Pendidikan Politik Bagi 100 Pemilih Pemula Di Distrik Babo

RUMASATU Gelar Sosialisasi Pemilu Dan Pendidikan Politik diikuti 100 Pemilih Pemula Di Distrik Babo. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 204

RUMASATU Gelar Sosialisasi Pemilu Dan Pendidikan Politik Bagi 100 Pemilih Pemula Di Distrik Babo

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Menyukseskan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum 14 Februari 2024, Forum Intelektual Risaturi Bersatu (RUMASATU) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar kegiatan Sosialisasi  Pemilihan Umum (Pemilu) bagi pemilih pemula serta Pelaksanaan Pendidikan Politik di Distrik Babo, yang di gelar pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 di Aula SLTA N 3 Babo.

Kegiatan sosialisasi  Pemilihan Umum dan Pendidikan Politik bagi pemilih pemula itu diikuti sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari Siswa/i kelas IX SLTA Negeri Babo.

Ketua RUMASATU Miftah Fauzan. A. Fimbay, S.IP menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman dan edukasi kepemiluan kepada pemilih pemula dan pemilih muda dengan harapan dapat meningkatkan keikutsertaan mereka dalam memilih pada Pemilu 2024.

“Selain itu melalui kegiatan sosialisasi ini sangat penting bagi pemilih pemula yakni generasi Z atau milenial dalam partisipasinya mengikuti Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang,” ungkap Miftah Fauzan. A. Fimbay, S.IP, Minggu (14/1/2024) kepada media ini di Bintuni.

Fauzan Fimbay juga menyebutkan bahwa kegiatan itu digelar oleh Forum Intelektual Risaturi Bersatu (RUMASATU) dengan menggunakan Dana Hibah dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2023.

“Sehingga kami berharap melalui sosialisasi ini, para pemilih pemula memiliki wawasan dan pengetahuan yang terbuka dan bertambah tentang berbagai isu politik menjelang Pemilu tahun 2024.

Sehingga mereka dapat membuat keputusan yang cerdas dan bertanggung jawab saat memilih pemimpin dalam pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang,” papar Fauzan.

Secara terpisah, Kepala Distrik Babo Maulana Fimbay, S.IP ketika diwawancarai mengatakan dirinya memberikan apresiasi kepada Forum Intelektual Risaturi Bersatu atau RUMASTU yang telah menggelar kegiatan sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula di distrik Babo.

“Sosialiasi Pemilu dan Pendidikan Politik ini sangat penting untuk memberikan edukasi serta pemahaman bagi pemilih pemula untuk membangun pandangan dan kesadaran mereka akan pentingnya politik guna meningkatkan peran serta mereka yang memasuki usia pemilih 17 tahun.

Agar kaum milenial ini dapat menyalurkan hak suaranya pada pesta Demokrasi 14 Februari 2024 mendatang.

Disamping itu, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Dr. H. Choiruddin Wachid melalui Kapolsek Babo Ipda. Stenlis. A. Mariani kepada media ini menghimbau kepada pemilih pemula untuk sama-sama mensukseskan pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta menjadi peserta Pemilu yang baik pada pesta demokrasi tersebut dengan datang ke TPS menyalurkan hak suaranya,

Kapolsek Babo itu juga menekankan bahwa yang tak kalah pentingnya, sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dapat menanamkan nilai-nilai demokrasi kepada mereka.

“Seperti penghormatan terhadap perbedaan pendapat, toleransi serta menghargai hak-hak pemilih lainnya. Selain, itu kami juga berharap adanya peran seluruh tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan peran para tokoh lainnya untuk menyukseskan tahapan dan pelaksanaan Pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 dengan menjaga lingkungan agar tetap kondusif dan damai.

Mari kita sama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban (Sitkamtibmas), hindari perpecahan serta tidak mudah terprovokasi.

Untuk itu saya mengajak kepada semua elemen Masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan jalannya tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan situasi yang nyaman, aman dan damai,” tutur Kapolsek Babo itu.

Adapun narasumber dan juga pemateri dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula itu adalah Mantan Ketua KPU Kabupaten Teluk Bintuni  periode 2013-2018 Ahmad Subuh Refideso, S.HI yang merupakan salah satu tokoh Intelktual RISATURI asal Kaitaro.

Ahmad Subuh Refideso ketika diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Politik yang dilaksanakan di distrik Babo adalah salah satu bentuk dari perhatian dan tanggung jawab moril kepada pemilih pemula yang ada di kabupaten Teluk Bintuni.

Dimana Ahmad Subuh Refideso, SHI merasa bangga dapat hadir di tengah anak-anak  generasi penerus Babo Raya untuk memberikan materi guna meningkatkan partisipasi dan peran pemilih pemula dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024.

“Sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula bagi kalangan pelajar SLTA, khususnya yang sudah memasuki usia 17 tahun agar mereka dapat mengerti serta memahami proses pemilihan saat mereka menggunakan hak pilihnya.

Serta dapat berpartisipasi dalam memberikan suaranya pada Pemilu 2024 mendatang. “Saya berpesan kepada anak-anak pelajar yang sudah mempunyai hak pilih.

Jangan sampai tidak memilih dalam Pemilu mendatang, artinya gunakan hak pilih anak-anak sekalian dan silahkan pilih calon-calon pemimpin atau wakil rakyat sesuai dengan hati nurani,” ujar mantan Ketua KPU Teluk Bintuni 2 periode itu.

Sedangkan materi yang di sampaikan Ahmad Subuh Refideso, S,HI sebagai narasumber pada kegiatan Sosialisasi Pemilih Pemula ini dilakukan dengan metode Pemaparan materi dan sesi tanya jawab dengan pemaparan tiga segmen materi.

Yaitu pertama, peningkatan pemahaman Pemilu berdasarkan Dasar Hukum  dan UU Pemilu, Asas, Prinsip dan Tujuan Pemilu kepada peserta.

Materi kedua, pemberian pemahaman kepada peserta terkait Penyelengara, Pengawas dan Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP). Serta materi ketiga yaitu menyangkut pentingnya pendidikan politik untuk mendorong kesadaran berpolitik bagi pemilih pemula dan tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Hadir pada pembukaan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula diantaranya Ketua PPD dan Panwas Distrik Babo, Ketua KNPI, Ketua Remaja Masjid, Ketua OMK dan Ketua Pemuda Gereja Distrik Babo.

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Distrik Babo Maulana Fimbay, S.IP,  Kapolsek Babo Ipda. Stenlis. A. Mariani, dan Babinsa Koramil 1806-02/Babo, Sertu M. Fikih.

Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula itu secara resmi dibuka oleh Kepala Distrik Babo Maulana Fimbay, S.IP bertempat di Aula SLTA N 3 Babo. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *