Ketua PTA Papua Barat Kunjungi Lokasi Akan Dibangunnya Kantor Pengadilan Agama Bintuni

Bagikan berita ini

Visits: 24

Ketua PTA Papua Barat Kunjungi Lokasi Akan Dibangunnya Kantor Pengadilan Agama Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Setelah Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Papua Barat Drs. M. Naharudin Male,S.H.,M.H melakukan silaturahmi dengan Bupati Teluk Bintuni Candidat Dr. Ir. Petrus Kasihiw, MT yang pertama di kediaman pribadi Bupati Petrus Kasihiw di Oransbari pada tanggal 25 Februari 2023.

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT menyerahkan Surat Dukungan dan Pembentukan serta Penyediaan Lahan Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Bintuni. IP-IST

Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Papua Barat Drs. M. Naharudin Male,S.H.,M.H, Jumat (03/03/2023) kembali dengan rombongan untuk kedua kalinya bertemu Bupati Petrus Kasihiw di Bintuni untuk melihat langsung lokasi tanah yang akan dihibahkan Pemda Teluk Bintuni seluas 2 Hektar yang berdampingan dengan Kantor Pengadilan Negeri Bintuni dan Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni.

Bupati Petrus Kasihiw saat melihat calon lokasi tanah Kantor Pengadilan Agama Bintuni bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat Naharudin Male beserta rombongan kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya Bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat Naharudin Male beserta rombongan mengunjungi lokasi dimana akan dibangunnya kantor Pengadilan Agama Bintuni di Bintuni tepatnya di Komplej Perkantoran Vertikal Bintuni di Jalan Raya Bintuni-Atibo.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya dimana pada kunjungan pertama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat di damping Wakil Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat serta Sekretaris serta juga diampingi Ketua Pengadilan Agama Manokwari.
Pada kunjungan kedua ini langsung beliau turun ke Bintuni untuk memastikan rencana pengembangan kantor Pengadilan Agama Bintuni dan beberapa kantor pengadilan agama lagi di Papua Barat yang berada di lingkup Pengadilan Tinggi Agama di Papua Barat,” papar Bupati Bintuni.

Bupati Teluk Bintuni Dua Periode itu juga menjelaskan bahwa pada kesempatan itu dirinya bersama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat melihat langsung calon lokasi yang akan dihibahkan pemerintah Teluk Bintuni untuk pembangunan Kantor Pengadilan Agama Bintuni.

Bupati Teluk Bintuni dan Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat berharap Kantor Pengadilan Agama Bintuni ini nantinya berdampingan dengan Kantor Pengadilan Negeri Bintuni dan Kejaksaan Negeri Bintuni agar nampak di depan kita itu keterwakilan 3 kekuasaan Politik atau Trias Politika.

Dimana kantor-kantor itu berdampingan akan lebih bagus karena memang urusannya mirip-mirip yaitu mengadili,” ujar Bupati Kasihiw.

Bupati Kasihiw juga mengatakan bahwa pihaknya nantinya akan bernegosiasi dengan menggeser lahan yang sudah kita alokasikan sebab ini belum ada sertifikat hibahnya dan baru pengalokasian saja.

“Kita berharap disebelah kantor pengadilan negeri adalah pengadilan agama. Sesuai dengan kebutuhan pengadilan agama yaitu 2 Ha.

Dimana kita akan usahakan lias lokasinya 2 Ha ini apabilah memanjang kebelakang sesuai dengan kondisi lahan yang ada. Ataukah melebar kesamping dan nanti kita lihat posisi yang pas dengan kondisi lahan.
Tanah atau lokasi ini merupakan aset Pemda Teluk Bintuni jadi kita hibah tanah. Sedangkan soal pembangunan Gedung kantor Agama itu nantinya menjadi urusan Mahkamah Agung,” terang Bupati Kasihiw.

Di tempat yang sama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat Drs. M. Naharudin Male menjelaskan bahwa dirinya akan mengusahakan maksimal tentang legalisasi tanah pengadilan agama Bintuni dan itu ada sedikit proses. Dan Begitu legalitas hibah tanah dari Pemda Teluk Bintuni selesai maka kita secepatnya akan membangun Gedung Pengadilan Agama Bintuni.

“Apalagi saat ini Bupati sudah memberikan lahannya dan nanti kantor Pengadilan Agama Bintuni ini akan berdampingan dengan Kantor Pengadilan Negeri Bintuni dan Kejaksaan Negeri Bintuni.

Apa yang kami bayangkan dari awal betul-betul terealisir Pengadilan Negeri Bintuni bisa berdampingan dengan Pengadilan Agama Bintuni sebagaimana di daerah-daerah lainnya.
Dimana ini sebuah prestasi yang luar biasa dari pemerintah kabupaten Teluk Bintuni yang telah menyediakan lahan Kantor Pengadilan Agama Bintuni berdampingnan dengan Kantor Pengadilan Negeri Bintuni.

Maka saya atas nama Ketua Mahkamah Agung utamanya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada Bupati Teluk Bintuni atas perhatian yang sudah diberikan kepada kami. Mari kita semua berdoa mudaha-mudahan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkas Ketua PTA Papua Barat itu. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *