Stok Vaksin Boster Mencukupi, Warga Masyarakat Bintuni Diharapkan Segera Lakukan Vaksinasi Dosis 3

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni Franky D. Mobilala, SKM, M.Kes. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 0

BINTUNI, InspirasiPapua.idStok vaksin Boster di Bintuni sudah tersedia dan petugas medis sangat siap untuk melayani masyarakat melakukan vaksinasi dosis 3.

“Soal stock vaksin Boster sangat siap. Pada umumnya vaksin Boster ini tersedia dan diharapkan capaian vaksinasi di Kabupaten Teluk Bintuni bisa segera mencapai 70 persen.

Adapun syarat untuk mendapatkan vaksin dosis 3 Boster yang penting orang tersebut sudah melakukan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2.

Untuk melakukan vaksinasi dosis 3 Boster ini masyarakat bisa melakukannya di Spor Center Kampung Lama Bintuni. Di sana setiap hari Tim Vaksinasi yang terdiri dari petugas kesehatan, pihak kepolisian serta TNI siap melayani orang untuk melakukan vaksinasi.

Dan bahkan di tempat tersebut pelayanan vaksinasi bagi warga masyarakat Bintuni juga dilakukan sesudah buka puasa.

Dan bagi orang yang melakukan vaksinasi dosis 3 Boster ini langsung terdata di dalam aplikasi pedulilindungi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni Franky D. Mobilala, SKM, M.Kes kepada media ini saat dikonfirmasi belum lama ini di Bintuni.

Kepala Dinas Kesehatan itu juga berharap kepada warga masyarakat yang ada di kabupaten Teluk Bintuni agar segera melakukan vaksinasi dosis 3 Boster.

“Dimana capaian vaksinasi di Teluk Bintuni saat ini sudah menghampiri  60 persen. Dan vaksin Boster ini merupakan dosis 3 kelebihannya banyak.

Salah satunya bagi warga masyarakat yang kadang-kadang berangkat keluar masuk Bintuni kalau sudah melakukan vaksinasi Boster 3 maka dirinya ketika di Bandara mau berangkat itu tidak perlu lagi di PCR.

Tetapi kalau dia itu baru melakukan vaksinasi dosis 1 maka dia harus melakukan Swab ketika akan berangkat. Sedangkan bagi warga yang sudah melakukan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 maka saat berangkat dia masih harus melakukan Rapid Test Antigen.

Oleh sebab itu paling tidak kita menyiapkan stok vaksin dosis 3 Boster ini sebanyak mungkin. Agar warga yang sudah melakukan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 itu langsung melakukan vaksinasi dosis 3 Boster yang merupakan vaksinasi terkahir buat warga masyarakat,” terang Mobilala.

Frangky Mobilala juga mengakui bahwa dirinya sendiri sudah melakukan vaksinasi dosis 3 Boster bahkan kalau ada vaksin keempat dirinya siap untuk divaksinasi.

“Maka saya harap kepada warga masyarakat yang belum melakukan vaksinasi mari kita lakukan vaksinasi. Sebab kami tidak mempunyai tujuan lain kami hanya ingin semua warga masyarakat di Teluk Bintuni ini memiliki kekebalan terhadap virus covid-19.

Kalau kita sudah melakukan vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 maka tinggal melakukan vaksinasi dosis 3 Boster ini sangat penting sekali.

Sebab kalau kita lihat masyarakat kita orang Papua itu tidak terlau butuh vaksinasi Boster tetapi bagi saudara-saudara kita dari luar mereka antri untuk melakukan vaksinasi dosis 3 Boster.

Bahkan di Jawa itu orang pada antri untuk melakukan vaksinasi Boster tetapi di sini kita jalan cari orang untuk melakukan vaksinasi. Karena mereka di Jawa merasa vaksin Boster ini betul-betul bermanfaat.  Bahkan mereka melakukan vaksinasi di sana sudah ada yang bayar.

Sedangkan kita di Teluk Bintuni bagi mereka yang melakukan vaksinasi belum bayar atau masih gratis. Dan yang tadinya bagi warga yang enggan untuk melakukan vaksinasi maka suatu saat mereka akan membutuhkan untuk melakukan vaksinasi.

Jadi saya himbau kepada warga masyarakat agar segera mendatangi Puskesmas-Puskesmas untuk melakukan vaksinasi mumpung masih gratis dan kalau misalnya besok-besok vaksin ini sudah bayar kalau mau melakukan vaksinasi bagaimana?,” papar Mobilala.

Franky Mobilala juga berharap kepada masyarakat kabupaten Teluk Bintuni agar meninggalkan dan tidak terpengaruh dengan berita-berita hoax soal vaksinasi Covid-19.

“Sebab kita sudah vaksin dan sudah berapa puluh ribu orang yang melakukan vaksinasi dan buktinya tidak ada yang meninggal dan bahkan mereka sehat-sehat sampai sekarang.

Saya berharap agar semua warga masyarakat Teluk Bintuni bisa datang melakukan vaksinasi terutama sisa 10 persen warga masyarakat yang belum melakukan vaksinasi agar kita bisa capai 70 persen. Agar warga masyarakat Teluk Bintuni bisa segera lepas masker,” ujarnya.

Kadin Kesehatan itu juga menambahkan bahwa capaian vaksinasi Kabupaten Teluk Bintuni sudah mendekati 60 persen maka dengan adanya vaksin Boster untuk dosis 3 ini kiranya bisa  mempercepat pencapaian vaksinasi di Teluk Bintuni untuk mencapai 70 persen.

“Adapun strategi yang kita lakukan sekarang untuk dapat mempercepat capaian vaksinasi 70 persen di Teluk Bintuni dimana masih ada kurang 6000 (enam ribu) orang yang harus melakukan vaksinasi.

Terkait hal itu saya sudah mengarahkan Kepala Seksi saya agar ke Puskesmas-Puskesmas untuk memberikan target kepada para petugas vaksinasi.

Yaitu mungkin untuk satu orang petugas bisa melakukan vaksinasi dengan target 200 orang yang belum vaksinasi. Sehingga dalam satu hari petugas tersebut diharapkan bisa melakukan vaksinasi kepada  8 sampai 10 orang,” sebut Mobilala. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *