Bupati Telbin Serahkan Bantuan Dua Unit Bus Sekolah Untuk Digunakan Anak-Anak Sekolah Di Bintuni Secara Gratis

Foto atas : Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menyerahkan dua Bus Sekolah secara simbolis yang diterima Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Victor Ririhena. Foto bawah : Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni Ganem Seknun didampingi Kepala UPT AMB Marten ketika berpose di depan Bus Sekolah yang dioperasikan kepada anak-anak sekolah di Bintuni. (IP-IST)
Bagikan berita ini

Visits: 14

Bupati Telbin Serahkan Bantuan Dua Unit Bus Sekolah Untuk Digunakan Anak-Anak Sekolah Di Bintuni Secara Gratis

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2022 Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT menyerahkan bantuan 2 (unit) Bus Sekolah untuk digunakan anak-anak sekolah atau pelajar yang ada di Bintuni mulai dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA setiap harinya apabila hendak pergi maupun pulang dari sekolah dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw, MT saat menyerahkan 2 unit Bus Sekolah kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni Victor E. Ririhena untuk melayani anak-anak sekolah di Bintuni dengan gratis. (IP-IST}

Bantuan 2 (dua) unit Bus Sekolah tersebut diserahkan Bupati Petrus Kasihiw kepada Kepala Dinas Perhubungan Victor Ririhena secara simbolis bertempat di Halaman Kantor Bupati Teluk Bintuni Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri pada saat peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni Ganem Seknum, SH, Sabtu (12/11/2022) ketika diwawancarai wartawan mengatakan bahwa dua unit bus bantuan dari Bupati Teluk Bintuni adalah pengadaan  BPKAD pada tahun 2020 dan baru sekarang difungsikan karena sebelumnya ada Corona-19 yang melanda Indonesia termasuk kabupaten Teluk Bintuni.

“Kemudian Bus Sekolah ini diserahkan ke Dinas Perhubungan untuk dioperasionalkan melalui unit pelaksana teknis bus angkutan masyarakat Bintuni (UPT AMB).

Alasannya Bupati Serahkan bantuan 2 (dua) unit Bus Sekolah kepada Dinas Perhubungan untuk dioperasikan melalui UPT AMB karena sudah memberikan pelayanan dan sudah teruji keberhasilannya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni Ganem Seknun bersama Kepala UPT AMB Marten Lorensi ketika berfose di depan 2 (dua) Bus Sekolah untuk melayani anak-anak sekolah di Bintuni. (IP-IST)

Bus Sekolah ini diharapkan pelayanannya itu sama dengan Bus AMB. Dimana bus sekolah tersebut sudah mulai dioperasikan sejak tanggal 11 Nopember  2022 yaitu sehari setelah penyerahan bus sekolah tersebut dari Bupati,” sebut Ganem.

Sekretaris Dinas Perhubungan itu juga mengatakan bahwa dua bus sekolah yang diserahkan oleh Bupati sebanyak dua unit itu hanya diperuntukkan untuk mengangkut khusus untuk anak-anak sekolah dan sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis.

“Hal ini merupakan komitmen Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw sesuai dengan  visi misi Bupati untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Teluk Bintuni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dimana di Bintuni bukan hanya sekolah yang digratiskan tetapi juga fasilitas penunjang pendidikan seperti bus sekolah ini,” paparnya.

Dengan adanya bus sekolah ini, kata Ganem Seknun tidak ada lagi alasan bagi anak-anak sekolah di Bintuni untuk tidak ke sekolah. Karena alasan tidak ada ongkos.

 “Dengan adanya bus sekolah ini, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak sekolah. Dan semoga mereka semua rajin ke sekolah dan juga dapat belajar dengan baik.

Sebab Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni selama ini sangat memperhatikan bidang pendidikan dengan menggratiskan biaya sekolah bagi anak-anak usia sekolah yang ada di kabupaten Teluk Bintuni.

Termasuk seragam sekolah dan  fasilitas lainnya semuanya gratis. Ini semua pemerintah lakukan untuk membangun SDM Kabupaten Teluk Bintuni kedepan,” pungkas mantan Ketua HMI Cabang Sorong itu.

Ditempat yang sama, Kepala UPT AMB Marten Kilonresi menambahkan bahwa Bus Sekolah itu melayani semua anak sekolah siapa pun dia dari TK, SD, SMP hingga SMA yang penting menggunakan pakaian seragam sekolah maka dia bisa menggunakan Bus Sekolah ini secara gratis pulang pergi ke sekolah.

“Adapun route atau jalur 2 (dua) unit Bus Sekolah ini nanti kita atur jalan atau beroperasi sesuai waktu yang kita atur. Yang pertama 1 unit Bus Sekolah ini routenya titik awal dari Kantor Bupati dan satunya lagi titik awalnya dari Perumahan Pimpinan DPRD Teluk Bintuni di Kilo-9 sementara waktu yang sebenarnya titik ujung kita di Kompi.

Start pagi dari hari Senin sampai Kamis dari pukul 06.15 Wit itu sudah jalan. Dan 2 (dua) unit Bus sekolah ini kembali masuk ke pangkalan AMB jam 09.00 Wit untuk istirahat.

Kemudian Bus Sekolah tersebut kembali lagi beroperasi untuk penjemputan anak-anak sekolah ketika pulang sekolah itu pukul 14.00 Wit atau jam, 2 siang.

Sedangkan pada hari Jumat start awal Bus Sekolah juga pukul 06.15 Wit pagi dan pulangnya nanti anak-anak sekolah dijemput pukul 11.00 Wit siang. Kemudian untuk hari Sabtu start awal Bus Sekolah juga pukul 06.15 Wit pagi dan penjemputan anak-anak sekolah ketika pulang sekolah yaitu dari pukul 12.00 Wit siang hingga pukul 14.00 Wit atau jam 2 sore,” terang Marten.

UPTD itu juga mengatakan bahwa kedua Bus Sekolagh itu mulai dioperasikan itu gratis buat anak-anak sekolah. “Tetapi jika di luar jam yang kita tentukan maka anak-anak sekolah dapat menggunakan AMB wajib membayar Rp. 3 ribu sekali jalan.

Selama kita operasikan beberapa hari ini kendala fisik dari Bus tersebut tidak ada karena dua bus sekolah ini masih baru. Dimana daya tampung bisa 45 pelajar atau anak sekolah yang terdiri dari 25 orang duduk serta 20 orang lainnya berdiri.

Kami juga menyampaikan kepada adik-adik pelajar agar memanfaatkan Bus Sekolah ini sebaik mungkin. Kami akui masih terbatas tetapi kita berani mengoperasikan kedua bus sekolah itu dan semoga semua anak-anak sekolah dapat terkaper atau terkoordinir.

Bus sekolah ini tidak dioperasikan begitu saja tetapi konsepnya sama dengan Bus AMB. Jadi bagi anak-anak sekolah hanya dapat  naik dari halte atau bartop Bus AMB. Dan Bus sekolah ini juga masuk di Terminal Pasar Sentral Bintuni,” pungkas Lorensi.

Pantauan media ini ketika diberikan kesempatan untuk melihat isi dalam dari Bus Sekolah tersebut. Bus Sekolah itu memiliki pintu yang bisa buka tutup secara otomatis. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *