Bupati Teluk Bintuni Dukung Penuh Penguatan Sistem Administrasi Informasi Kelurahan/Kampung SAIK+

Bupati Petrus Kasihiw didampingi Wakil Bupati serta para pimpinan OPD dan para Kepala Distrik dan narasumber PB fose bersama. Kepala Bappelitbangda Kabupaten Teluk Bintuni Dr. Drs. Alimudin Baedu, MM ikut menyajikan materi pada kegiatan whorkshop dan pelatihan.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 11

Bupati Teluk Bintuni Dukung Penuh Penguatan Sistem Administrasi Informasi Kelurahan/Kampung SAIK+

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw, MT, Senin (28/8/2023) dengan tegas membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Administrasi Informasi Kelurahan/Kampung SAIK+ dalam tahun 2023.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelidbangda) Kabupaten Teluk Bintuni itu bertujuan untuk memperkuat perancangan dan penganggaran pembangunan di wilayah tersebut.

Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw, MT dalam sambutannya menegaskan pentingnya SAIK+ sebagai langkah maju dalam perencanaan, penganggaran dan indikator keberhasilan pembangunan daerah.

“Kita perlu memprioritaskan kepentingan masyarakat serta sasaran target dan capaian yang tercantum dalam RPJMD agar proses perencanaan dan penganggaran lebih efektif,” ungkap Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw, MT ketika hadir membuka kegiatan tersebut yang berlangsung di Gedung Women And Child Center (WCC), Kelurahan Bintuni Timur.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman komprehensif kepada peserta mengenai SAIK+ dan manfaatnya.

Dimana Bupati Kasihiw memastikan bahwa program ini akan memberikan dampak positif bagi proses pembangunan di kabupaten Teluk Bintuni.

“Saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dengan data dasar yang lebih baik demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Salah satu hal yang menarik adalah penggunaan data antara Orang Asli Papua (OAP) dan non-OAP sebagai variabel penting oleh pemerintah pusat dalam menentukan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Data ini menjadi acuan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam merencanakan program dan kegiatan sesuai tugas masing-masing.

Bupati Kasihiw berharap agar data yang dihasilkan berkualitas dan berdampak positif.

Workshop dan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu dihadiri oleh OPD Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, Kepala Distrik, dan para kader.

Narasumber berasal dari Bappeda Provinsi Papua Barat, DPMK Provinsi Papua Barat, serta Bappelitbangda Kabupaten Teluk Bintuni juga turut memberikan wawasan yang berharga.

Pembiayaan kegiatan ini sepenuhnya berasal dari dana otonomi khusus melalui DPA Bappelitbangda dan DPMK Kabupaten Teluk Bintuni, menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan data berkualitas yang menjadi landasan bagi program dan kegiatan.

Pantauan media ini, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Teluk Bintuni Dr. Drs. Alimudin Baedu, MM pada kegaiatan tersebut memaparkan materi Gambaran Umum Tata Kelola Penerimaan Dalam Rangka Otonomi Khusus. (ahd/IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *