SMA Negeri 1 Bintuni Luluskan 213 Siswa, Wakil Bupati Minta Agar Masyarakat Utamakan Pendidikan

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH ketika menyampaikan sambutan pada acara Wisuda SMA Negeri 1 Bintuni di GSG Bintuni.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 18

SMA Negeri 1 Bintuni Luluskan 213 Siswa, Wakil Bupati Minta Agar Masyarakat Utamakan Pendidikan

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bintuni pada tahun 2023 ini berhasil meluluskan atau mewisuda 213 anak atau siswa pada angkatan kedua lulusan ke-15.

Nampak Kepala Sekolah Alex H. Hattu, S.Pd mewisuda lulusan SMA Negeri 1 Bintuni Angkatan kedua lulusan XV.IP-IST

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH yang hadir memberikan sambutan mengatakan bahwa Malala Yausafzai seorang pemuda yang mendapatkan hadiah nobel perdamaian asal Pakistan pernah mengatakan bahwa pendidikan seharusnya dipandang lebih penting dari yang lainnya.

“Setelah dia belajar memahami dasar, konsep dan implikasinya barulah kita memilih jalan mana yang harus diikuti. Dengan kata lain menjadi seperti apa dirimu di masa depan tergantung apa yang kamu pelajari dan pahami di masa kini

Oleh karena itu saya minta kepada semua masyarakat Teluk Bintuni agar mengutamakan Pendidikan anak-anaknya demi masa depan mereka yang lebih baik,” ungkap Wakil Bupati Matret Kokop, Sabtu (06/05/2023) dihadapan para siswa yang diwisuda, para guru dan orang tua siswa serta para undangan.

Pada saat dirinya menyampaikan sambutan pada acara Wisuda Angkatan Kedua Lulusan Ke-15 SMA Negeri 1 Bintuni Tahun 2023 bertempat di Gedung Serba Guna Bintuni bertemakan : “Tumbuh Menjadi Generasi Melenial Yang Berkarakter”.

Lanjut Wakil Bupati Bintuni bahwa apa yang dikatakan salah satu tokoh pemuda yang berpengaruh di dunia itu perlu direnungkan pada hari pelepasan Angkatan Kedua Lulusan Ke-15 SMA Negeri 1 Bintuni.

“Saya sejak kemarin melihat beberapa anak sekolah yang pulang ke rumah dengan baju yang sudah dicoret-coret sebagai luapan rasa bangga dan bahagia. Karena berhasil menyelesaikan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas selama 3 tahun.

Nampak foto bersama antara siswa yang diwisuda dengan kepala sekolah dan para guru SMA Negeri 1 Bintuni di GSG Bintuni.IP-IST

Setelah dinyatakan lulus maka kalian sudah mulai dihadapkan dengan pergulatan dunia yang keras. Yang berisi pertanyaan-pertanyaan dan pilihan-pilihan hidup yang lebih menantang untuk kalian jawab sendiri demi masa depan kalian.

Saya berharap seremonial pelepasan siswa-siswi SMA Negeri 1 ini merupakan symbol dan perlambang  bahwa anak-anakku sekalian sudah dibekali dengan baik dari sisi intelejensi, mental, emosional serta spiritual sehingga mampu menghadapi tantangan dunia terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini,” tutur Wabup.

Matret Kokop juga mengatakan bahwa menyambut dan mempersiapkan generasi Indonesia emas pada tahun 2045 maka pemerintah saat ini memberikan perhatian lebih untuk mempersiapkan remaja 18 tahun ke bawah untuk menyongsong tahun Indonesia emas.

“Artinya ditangan kalianlah masa keemesan bangsa Indonesia itu akan terjadi. Terkait hal itu masa muda akan menjadi asset terhebat jika kalian menggunakan waktu mudamu dengan melakukan berbagai hal di masa depan.

Tentunya saya sadar bahwa tidak semua kalian bisa pergi belajar di Universitas. Dimana untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam hidupmu sudah banyak kesempatan belajar secara daring atau online.

Pemerintah daerah juga menyediakan kesempatan beasiswa yang bisa digunakan untuk kuliah baik di Universitas maupun di Pusat Pelatihan Tehnik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM TB).

Suasana acara wisuda lulusan SMA Negeri 1 Bintuni di Gedung Serba Guna Bintuni, Sabtu, 06 Mei 2023. IP-IST

Selain itu juga tersedia pelatihan yang disiapkan pemerintah pusat seperti Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan online seperti kartu pra kerja dan lain-lain.

Pergunakanlah kesempatan itu semua dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapabilitas dan mempertajam bakat serta asahlah kepekaaan untuk melihat kesempatan-kesempatan kerja.

Seraya mempergunakan kemampuan dan pengetahuan kalian untuk memberdayakan masyarakat luas. Karena apalah artinya ijazah yang bertumpuk jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk?,” ujar Wakil Bupati Bintuni 2 periode itu.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati juga berterima kasih kepada para guru SMA Negeri 1 Bintuni karena telah mendidik anak-anak Bintuni dengan baik. Sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikan di sekolah tersebut dengan baik.

“Dimana mereka mampu berdiri sendiri menyongsong masa depan mereka. Terima kasih telah membangun insan cendikiawan untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Selain itu saya juga menyampaikan selamat kepada para guru dan orang tua siswa-siswi karena anak-anak sudah menyelesaikan Pendidikan di tingkat SMA.

Selanjutnya masih memerlukan arahan dan motivasi orang tua agar anak-anak mereka yang sudah tamat dari SMA ini dapat meraih masa depan yang cemerlang.

Selaku pemerintah, pendidik, orang tua dan juga anak-anak semua, mari kita memberikan kontribusi terbaik bagi daerah ini agar seberat apapun tantangan pembangunan yang akan kita hadapi di masa depan dapat kita jalani dan tuntaskan dengan sebaik-baiknya demi mewujudkan Pendidikan Teluk Bintuni yang maju, produktif dan berdaya saing,” pungkas Wakil Bupati Matret Kokop. (02-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *