Kepala Distrik Se Teluk Bintuni Rapat Bersama Bagian APU Setda Bahas 4 Agenda Monev Pemerintahan Distrik

Kabag APU Setda Teluk Bintuni Rheinhard Maniagasi, S.STP ketika memimpin Rapat Monev Penyelenggaraan Pemerintahan Distrik Tahun 2023. (ft :ist-IP)
Bagikan berita ini

Views: 42

Kepala Distrik Se Teluk Bintuni Rapat Bersama Bagian APU Setda Bahas 4 Agenda Monev Pemerintahan Distrik

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Para Kepala Distrik se Teluk Bintuni bersama Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (Bagian APU Setda) Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melakukan rapat bersama untuk memonitorong dan mengevaluasi pemerintahan distrik tahun 2023, Rabu (18/10/2023).

Rapat Monev pemerintahan distrik itu merupakan agenda umum dari Bagian Administrasi Pemerintahan Umum yang dilaksanakan secara periode per 2 bulan sekali untuk melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik.

“Rapat Monev ini biasanya kami laksanakan pada saat rapat bersama dan juga ditindaklajuti dengan monitoring dan evaluasi ke lapangan setelah kita mendapatkan data dan informasi pada saat rapat.

Pada rapat tahun ini ada 4 poin agenda yang dibahas oleh administrasi pemerintahan umum sekeratariat daerah bersama-sama dengan kepala-kepala distrik se kabupaten Teluk Bintuni,” ungkap Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni Rheinhard Ch. Maniagasi, S.STP, Rabu (18/10/2023) usai melaksanakan Rapat Monev Pemerintahan Distrik  bersama kepala-kepala distrik se Kabupaten Teluk Bintuni yang berlangsung di Ruang Rapat Setda-3 di Kantor Bupati Teluk Bintuni SP-3 Bumisaniari distrik Manimeri.

Lebih jauh, Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Rheinhard Maniagasi menjelaskan empat poin agenda yang telah dibahas dalam Rapat Monev Pemerintahan Distrik Tahun 2023.

“Yaitu Agenda Pertama, terkait monografi distrik semester I dimana monografi ini merupakan laporan rutin yang perlu dilaksanakan atau diberikan oleh pemerintah distrik untuk menjadi up date sejauhmana pemerintahan distrik dan data-data basis data baik kependudukan, infrastruktur dan beberapa hal lainnya yang ada di distrik semester I.

Agenda Kedua, akan ada penyerahan peta kampung dan kelurahan yang dilakukan atau diserahkan oleh Bupati kepada kepala-kepala distrik dan kepala-kepala kampung yang mewakili yang kita atur kemudian karena sementara peta kampung yang sudah melalui asistensi unsur teknis di Badan Geo Parcial dan juga sudah diterbitkan peraturan Bupati (Perbup).

Ini akan dicetak, dibingkai dan akan diserahkan untuk bisa dipasang sebagai peta kampung administrative yang devinitif yang sudah tidak baku yang tidak lagi yudikatif bukan cetak kampung sementara.

Agenda Ketiga, kita bahas terkait penyerahan kelengkapan  dokumen persyaratan kampung persiapan dimana ada beberapa persyaratan kampung yang belum diserahkan dan belum ada di kami sebagai bahan untuk evaluasi kampung untuk bisa ditetapkan sebagai kampung definitive.

Terutama terkait berita acara, daftar hadir, dokumentasi rapat pertama. Terkait kesepakatan untuk menetapkan kampung persiapan. Rapat pertama itu dilaksanakan di kampung induk.

Dan ini sementara kami ada minta karena itu dokumen lama tahun 2009 dan perlu ditelusuri  lagi dan perlu disiapkan oleh para pejabat kepala kampung persiapan dan kepala distrik serta petugas masing-masing,” papar Kabag APU itu.

Agenda Keempat, terang Rheinhard terkait dengan persiapan Pemilihan Umum dimana dirinya  mewakili pimpinan berharap kepala distrik dan jajaran di distrik untuk segera melaksanakan hal-hal berikut pertama, setelah ada surat keputusan dari KPU Teluk Bintuni terkait tempat atau lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan lokasi kampanye terbuka.

“Agar kepala distrik segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan pemilik asset di distrik baik pribadi maupun institusi supaya pada saat menjelang pelaksanaan kampanye tidak lagi terjadi permasalahan-permasalahan terkait lokasi kampanye agar pelaksanaan kampanye bisa berjalan lancar.

Kemudian kedua juga sudah diberikan arahan kepada aparat-aparat distrik untuk segera melakukan rapat bersama dengan perangkat panitia pemilihan tingkat distrik atau PPD, Panwaslu tingat distrik dan juga kepada pihak keamanan yang bertugas di sana baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas, kepala-kepala kampung, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh Perempuan dan tokoh pemuda.

Dengan memberikan arahan-arahan terkait menciptakan kondisi yang tertib yang aman menjelang Pemilu serta saat pelaksanaan Pemilu dan juga setelah pelaksanaan Pemilu.

Karena ketiga hal ini ada  potensi kerawanan di situ maka perlu diantisipasi karena kita di distrik bisa situasinya aman, kondusif dan proses Pemilu ini bisa berjalan baik di distrik dan secara umum di kabupaten Teluk Bintuni,” ujarnya.

Rheinhar Maniagasi juga menambahkan bahwa semua hal yang dibicarakan dalam rapat Monev pemerintahan distrik itu selain bersifat teknis juga ada administratif di dalam yaitu ada penggunaan-penggunaan dokumen dan memerlukan banyak komunikasi antara bagian administrasi pemerintahan umum selaku koordinator dan juga kepala-kepala distrik.

“Oleh sebab itu harapan kami agar bagian administrasi pemerintahan umum dan distrik terus berkolaboratif, komunikasi yang lancar dan juga terus bekerja sama untuk mencapai tujuan-tiujuan yang sudah kita tetapkan dan sudah kita bahas empat agenda dalam rapat yang baru kita laksanakan bersama para kepala distrik se kabupaten Teluk Bintuni tersebut,” tutup Maniagasi. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *