Dinas Dukcapil Bintuni Akan Publikasi Buku Data Agregat Kependudukan Teluk Bintuni

Bagikan berita ini

Visits: 110

Dinas Dukcapil Bintuni Akan Publikasi Buku Data Agregat Kependudukan Teluk Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni akan mempublikasikan buku Data Agregat Kependudukan Kabupaten Teluk Bintuni.

Buku Data Agregat Kependudukan itu akan diterbitkan setiap semester yaitu dalam 1 tahun 2 kali terbit. Kini sudah terbit edisi tahun 2021 dan 2022.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Teluk Bintuni Fredrik Paduai, S.Sos ketika tunjukkan buku data agregat kependudukan kabupaten Teluk Bintuni. IP-IST

“Buku agregat kependudukan ini sudah kami lounching serta sudah kami serahkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni dalam hal ini kepada Bupati Teluk Bintuni,” ungkap Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Teluk Bintuni Fredrik Paduai, S.Sos kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Pada saat dirinya ditemui di ruang kerjanya di Kantor Dukcapil Kabupaten Teluk Bintuni di SP-3 Bumi Saniari Distrik Manimeri.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Bintuni itu juga mengatakan bahwa jumlah penduduk itu kadang naik dan kadang turun.

“Misalnya hari ini kita datang mendata di sini ketika kita pulang sudah ada orang yang meninggal dan ada yang lahir. Ada yang datang dan ada yang keluar jadi menyangkut persoalan kepandudukan itu dinamis dan itulah yang sedang kita benahi di sini.

Buku ini tentunya nanti kami publikasikan sampai ke distrik-distrik, bahkan juga hingga ke perpustakaan-perpustakaan sekolah sehingga anak sekolah itu tahu data kependudukan Teluk Bintuni.

Contohnya ketika ada anak sekolah mau membuat tugas dari sekolah soal distrik A ini jumlah penduduknya berapa maka dia bisa mendapatkan datanya di buku tersebut,” papar Paduai.

Fredrik Paduai juga mengatakan bahwa ketika dirinya ditugaskan sebagai Plt. Kepala Dinas Dukcapil maka dia merasa penerbitan buku data agregat kependudukan tersebut sangat penting.

“Setelah saya masuk menjabat Plt. Dinas Dukcapil Teluk Bintuni sebelum saya menghadap Bupati untuk melaporkan sesuatu.

Ataupun tentang  saya sudah bertugas di Dukcapil sebagai Plt. Kepala Dinas Dukcapil.

Maka saya harus menyampaikan buku data agregat kependudukan Teluk Bintuni ini kepada Bapak Bupati.

Kalau orang mau tahu tentang data kepandudukan Teluk Bintuni ada di buku ini. Dimana dalam buku ini kita bisa mengetahui semua. Misalnya kepala keluarga atau jumlah penduduk Teluk Bintuni yang sudah valid.

Jadi jumlah laki-laki untuk distrik Bintuni sekian dan perempuan jumlahnya sekian. Total penduduk Kabupaten Teluk Bintuni sekarang sebanyak 80.884 jiwa.

Serta jumlah penduduk per distrik semua ada dalam buku tersebut. Serta data jumlah penduduk Teluk Bintuni menurut kampung dan kelurahan pun ada.

Jadi kalau ingin mengatahui data jumlah penduduk di kelurahan Bintuni Timur laki-laki dan perempuan jumlahnya berapa ada dalam buku tersebut.

Dan soal data kependudukan sebenanarnya bukan rahasia lagi tetapi wajib masyarakat Teluk Bintuni dan semua komponen yang mempunyai kepentingan mengetahui data kependudukan Kabupaten Teluk Bintuni,” ujar Paduai.

Fredrik Paduai juga menjelaskan bahwa dalam buku data agregat kependudukan tersebut pihaknya tidak menyajikan data by name atau nama seseorang dan kita juga tidak bisa memberikan data NIK dari seseorang, alamat orang tersebut dan tentang pekerjaannya.

“Tetapi yang kami sajikan dalam buku ini adalah data angka. Seperti Bintuni dalam angka yaitu data kependudukan di 28 distrik yang ada di kabupaten Teluk Bintuni,” pungkas Paduai. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *