Figur Kepemimpinan Partai Nasdem Teluk Bintuni Sudah Dikantongi, Tunggu Penetapan Dan Koalisi Partai

Wakil Ketua Bidang Bapillu Daerah Abd. Rasyid Fimbay, S.AP bersama Ketua Harian DPD NasDem Kabupaten Teluk Bintuni. (Inspirasi Papua id)
Bagikan berita ini

Visits: 30

Figur Kepemimpinan Partai Nasdem Teluk Bintuni Sudah Dikantongi, Tunggu Penetapan Dan Koalisi Partai

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dewan Pimpinan Partai (DPD) NasDem Kabupaten Teluk Bintuni dari aspek persyaratan sudah memenuhi syarat untuk mengusung sendiri Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni periode 2024–2029.

“Hal ini dapat dilihat dari hasil Pemilihan Legislatif tanggal 14 Februari 2024 dimana Partai NasDem memperoleh 4 kursi, sementara 1 kursi masih dalam tahap perjuangan di Mahkamah Konstitusi.

Dimana jika NasDem memenangkan pertarungan tersebut maka jumlah kursi akan bertambah menjadi 5 kursi,” ungkap Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD NasDem Teluk Bintuni Abd. Rasyid Fimbay. S.AP, Senin (1/4/2024).

Pada saat diwawancarai media ini di Bintuni.

Wakil Ketua Bappilu daerah itu juga menjelaskan bahwa terkait hal tersebut di atas, serta seiring dengan isyarat Undang-Undang mengatakan, Calon Kepala Daerah dapat diusung oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik.

“Maka NasDem tetap membuka pintu bagi Partai-partai lain untuk berkoalisi dalam mendukung Calon Bupati dan Colon Wakil Bupati.

Bahwa kita telah memasuki Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 sebagaimana tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024.

Sesuai PKPU Nomor 2 di atas, KPU akan membuka Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon tanggal 24 sd 26 Agustus 2024.

Info lain bahwa setelah Pleno Penetapan KPU Kabupaten Teluk Bintuni tentang perolehan jumlah kursi masing-masing partai, maka DPD Partai NasDem Kabupaten Teluk Bintuni akan membuka penjaringan terdiri dari Program NasDem Memanggil Tanpa Mahar, talent scouting dan pendaftaran Bakal Calon.

Untuk itu partai NasDem akan mengusung kader-kader terbaik dan potensialnya dalam kontestasi Pemilu yang akan datang.

Kader-kader terbaik NasDem saat ini adalah pertama, Syamsudin Seknun, SH,MH, anggota Legislatif DPRPB 2 periode dan Wakil Ketua Bidang OKK DPW Partai NasDem Provinsi Papua Barat.

Kedua, Drs. Sahaji Refideso Staf Sekretaris Bappilu Daerah, mantan anggota DPR Otsus Provinsi Papua Barat 2 periode dan Ketua Barisan Merah Putih Provinsi Papua Barat yang ikut menggagas dan memperjuangkan DPR Otsus di Mahkama Konstitusi dan di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2009 sd 2010 serta 3.

Ketiga, Simon Dowansiba, SE Ketua DPRD Kabupaten Teluk Bintuni 2 periode,” papar Rasyid.

Tetapi kata Rasyid Fimbay, NasDem juga memberikan kesempatan kepada figur potensial lainnya yang notabene adalah putera-putera terbaik tanah Sisar Matiti untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pendaftaran.

“Alasan kenapa partai NasDem memanggil putara-putra terbaik 7 Suku, karena “walaupun Partai NasDem adalah Partai Nasional, tapi ketika hadir dan eksis di tanah ini NasDem berintegrasi dan menghormati adat dan budaya serta kearifan lokal setempat. Dimana NasDem juga akan selalu menghormati hak kesulungan anak-anak 7 suku,” ujarnya.

Wakil Ketua Bappilu daerah itu juga mengungkapkan bahwa hal ini juga senada dengan apa yang diucapkan pendiri Partai NasDem Kaka Surya Paloh ketika di wawancarai wartawan Metrotv: Untuk negeri ini apakah masih ada cita-cita yang belum tercapai?.

“Jawab Kaka Surya Paloh “Pasti Ada”, saya mau melihat Indonesia seutuhnya, saya mau melihat seiring dengan matahari yang terbit di ufuk timur di mana satu ketika dalam waktu tidak terlalu lama ada anak-anak Indonesia yang kulitnya hitam, rambutnya keriting jadi Presiden di Republik ini.

Terhadap pernyataan Kaka Surya Paloh di atas, maka sebagai Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu kami mengatakan bahwa memang sudah saatnya DPD Partai NasDem Kabupaten Teluk Bintuni melaksanakannya dalam konteks Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Teluk Bintuni Tahun 2024.

Kemudian tentang persyaratan pendaftaran ada 2 persyaratan yakni persyaratan yang bersifat umum dan persyaratan yang bersifat khusus.
Untuk mendapatkan figur Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yang visioner, Bappilu Daerah akan melakukan yang namanya talent scouting terhadap Bakal Calon.

Tujuannya adalah menemukan figur yang berkualitas dan potensial untuk Bintuni Baru yang maju dan sejahtera.

Kemudian setelah melakukan verifikasi terhadap dokumen persyaratan Bakal Calon, maka selanjutnya di serahkan kepada DPD Partai NasDem untuk dibahas dalam Rapat Pleno (Pasal 23 PP 2 Tahun 2022).

Setelah penyerahan berkas dari Bappilu Daerah ke DPD Partai NasDem, maka DPD akan mengusulkan kepada DPW paling banyak 5 bakal calon dilengkapi dengan dokumen dari seluruh bakal calon yang mendaftar (Pasal 24 PP 2 Tahun 2022),” tutur Rasyid. (Inspirasi Papua id)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *