Advokat Senior Yan Warinussy Berikan Apresiasi Dan Dukung Lahirnya KKJ Papua Barat Dan Papua Barat Daya

Direktur Eksekutif Yan Christian Warnussy, SH, MH.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 9

Advokat Senior Yan Warinussy Berikan Apresiasi Dan Dukung Lahirnya KKJ Papua Barat Dan Papua Barat Daya

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Selaku Advokat Senior dan juga sebagai mantan Jurnalis pada Surat Kabar Harian Cenderawasih Pos (SKH Cepos), Yan Christian Warnussy, SH, MH memberi apresiasi dan dukungan kepada rekan-rekan jurnalis yang telah menginisiasi lahirnya Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya di Sorong, Papua Barat Daya pada Kamis (25/1/2024) lalu.
“Saya sependapat bahwa kekerasan terhadap para rekan jurnalis di Tanah Papua kian meningkat dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir ini.
Contohnya peristiwa kekerasan terhadap benda yang dialami kendaraan mobil Pemimpin Redaksi SKJ Cepos Lucky Irreuw di Jayapura serta meledaknya bom di samping rumah jurnalis senior Victor Mambor di Angkasa, Jayapura beberapa waktu lalu.
Tentunya menjadi indikator bahwa ancaman serangan serta upaya sistematis menghalangi kerja-kerja jurnalis di Tanah Papua cenderung tinggi saat ini,” ungkap Direktur Eksekutif Yan Christian Warnussy, SH, MH, Senin (29/1/2024) melalui pressrealise yang dilayangkannya kepada media ini melalui media sosial WhatsApp miliknya di Bintuni.
Advokat yang dikenal pemberani dan pakar hukum itu dengan tegas mengatakan bahwa upaya memproteksi diri dan lingkungan serta keamanan pribadi para jurnalis menjadi sesuatu yang sangat urgen sekarang.
Terkait hal itu Yan Warinussy sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) yang pernah meraih penghargaan internasional “John Humphrey Freedom Award” tahun 2005 di Canada itu memastikan bahwa dirinya bersama Lembaga LP3BH Manokwari yang dipimpinnya itu akan senantiasa berada bersama para jurnalis dengan Komite Keselamatan Jurnalis di Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya serta segenap jurnalis di Indonesia hingga dunia yang senantiasa memperjuangkan keselamatan jurnalis dalam kehidupan pribadi maupun saat mereka menjalankan tugas pentingnya sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia dan khususnya di atas tanah Papua,” papar Warinussy. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *