Kwarda Papua Barat Kecewa Tidak Ikuti Penutupan Jamnas XI Cibubur

Bagikan berita ini

Visits: 6

BINTUNI, InspirasiPapua.idPesta Jambore Nasional XI tahun 2022 yang diselenggarakan di Cibubur Jakarta menuai kenangan dan kekecewaan.

Pasalnya sebagian kontingen kwarda harus meninggalkan area perkemahan sebelum digelar penutupan.Pada hal puncak pelaksanaan Jambore Nasional ke XI Cibubur itu akan dilaksanakan (21/08/2022).

Kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Papua barat yang terdiri dari 12 Kwartir Cabang (Kwarcab) harus meninggalkan Bumi Perkemahan graha Wisata (Buperta) Cibubur Jakarta Timur (19/08).

Sedangkan puncak atau penutupan Jambore Nasional XI akan digelar (21/08/2022).

Kepada wartawan media ini salah satu peserta kontingen Kwartir Cabang Kabupaten Teluk Bintuni Amelia Nabi mengungkapkan dirinya dan teman-teman peserta khususnya kontingen kwarcab Teluk Bintuni merasa senang dan bangga dan juga mengalami kekecewaan.

Dijelaskan Amelia dirinya dan peserta lainnya merasa senang dan bangga dapat mengingikuti jambore nasional XI Cibubur Jakarta Timur tahun 2022.

Selama 5 hari mengikuti kegiatan jambore nasional banyak pengalaman yang diperoleh dan juga dapat mengenal teman dari berbagai kwarda se-indonesia maupun kwarda manca negara.

Namun dibalik senang dan bangga itu juga terdapat kekecewaan,karena terdapat kegiatan lain yang belum tuntas diikuti, serta penutupan kegiatan jambore nasional XI yang dilaksanakan (21/08/2022) ujarnya.

Salah satu Pembimbing Kwartir Cabang 3309 Teluk Bintuni Nur Daniati kepada wartawan media ini menerangkan selama 5 hari telah mengikuti berbagai kegiatan.

Kegiatan yang kami ikuti di antaranya adalah : wisata air, malam Cibubur, ketrampilan kepramukaan, semarak 17 Agustus, kampung digital, wisata kuliner dan masih banyak lagi.

Untuk perlombaan, diadakan ketikan acara semarak 17 Agustus. Ada beberapa adik kami yang memenangkan lombanya salah satunya lomba ular tangga.

Sedangkan untuk sertifikat kegiatan jamnas ini setiap peserta mendapatkan sertifikat/piagam dan sebuah tiska. Pembina pendamping juga mendapatkan sertifikat yang sama, namun pembina pendamping tidak memperoleh tiska. Karena memang tiska ini diperuntukan hanya untuk peserta penggalang.

Dia mengharapkan selaku pembimbing adik adik pada jambore nasional XI Cibubur tahun 2022 agar adik-adik ini dapat menjadi penyemangat temam-temannya yang ada di kabupaten Teluk Bintuni terkhusus di sekolah mereka masing.

Seraya dia juga mengaku kecewa tidak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan jambore nasional hingga akhir penutupan,” terangnya.

Sementara itu Ketua Kontingen Kwartir Cabang 3309 Teluk Bintuni M.Jabir S.Pd mengatakan memaklumi kekecewaan yang dialami peserta kontingen kwartir cabang Teluk Bintuni dan kwartir-kwartir Papua Barat.

Dimana kegiatan-kegiatan Jambore nasional ke XI Cibubur ini tidak tuntas di ikuti harus meninggalkan Buperta sebelum pelaksanaan penutupan.

Khususnya Kwarda Papua Barat yang terdiri dari 12 Kwarcab harus meninggalkan Buperta dikarenakan persoalan sarana transportasi laut,” terang Jabir.

Jabir menjelaskan kalau dilihat dari Jadwal transportasi laut (19/08/2022) sedangkan penutupan Jambore ke XI digelar (21/08/2022),sedangkan jadwal trasportasi laut berikutnya (01/09/2022).

Dengan demikian karena keterbatasan anggaran maka kontingen kwarda Papua barat harus keburu meninggalkan lokasi Buperta sebelum penutupan Jambore XI tahun 2022.terangnya. (02-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *