Polres Telbin Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam Di Wilayah Papua Barat

Polres Telbin Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam Di Wilayah Papua Barat. (IP-IST)
Bagikan berita ini

Views: 5

Polres Telbin Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam Di Wilayah Papua Barat

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Polres Teluk Bintuni, Kamis (17/11/2022) menggelar pasukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di wilayah Papua Barat yang dilaksankan sekitar pukul 09.00 WIT pagi hingga selesai bertempat di Lapangan Apel Mapolres Teluk Bintuni telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di wilayah Papua Barat.

Adapun pejabat Upacara yang bertugas dalam Apel tersebut terdiri dari, Inspektur Upacara Wakapolres Teluk Bintuni Kompol M. Salim Nurlily, S.I.P,. MH, Komandan Upacara Kanit  Ipada Yulianus H. Sambery Dalmas 1 Sat Samapta,. Perwira Upacara Kabag Ops AKP Vhalio Agafe, S.I.K., MH.

Wakapolres Teluk Bintuni Kompol M. Salim Nurlily saat memeriksa pasukan. (IP-IST)

Wakapolres Teluk Bintuni Kompol M. Salim Nurlily, S.I.P,. MH ketika membacakan amanat dari Kapolda Papua mengatakan bahwa untuk menghadapi fenomena terjadinya bencana alam diakhir tahun 2022 di tengah pandemi Covid-19 harus disikapi dengan sungguh-sungguh.

“Dengan siap siaga, waspada  serta mengantisipasi sedini mungkin bencana alam yang terjadi di wilayah Papua Barat. Dalam hal ini yang memiliki potensi banjir bandang, tanah longsor dengan akibat atau dampak yang dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sedini mungkin.

Melalui apel kesiapsiagaan ini peserta dengan seluruh jajarannya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya  yang dimiliki.

Baik personel maupun sarana dan prasarana untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam dan penyebaran virus Covid-19,” ujar Kapolda Papua Barat.

Pada kesempatan itu pula Kapolda Papua Barat juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah hadir untuk bersama-sama siap siaga menghadapi ancaman terjadinya bencana alam di wilayah provinsi Papua Barat.

Inspektur Upacara Wakapolres Teluk Bintuni Kompol M. Salim Nurlily, S.I.P,. MH. (IP-IST)

Berikut Kapolda Papua Barat juga menyampaikan beberapa hal sebagai penekanan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan rugas terkait kesiapan penanggulangan bencana alam di tengah pandemi Covid-19 sebagai berikut.

“Pertama, siapkan seluruh administrasi atau pilun yang dibutuhkan terkait dengan kesiapan penanggulangan bencana alam.

Kedua, siapkan segala sarana prasarana serta bentuk satuan tugas inti dan cadangan yang sewaktu-waktu dapat digerakkan ke lokasi terjadinya bencana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketiga, petakan serta pantau setiap perkembangan situasi yang terjadi pada daerah-daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana dan penyebaran Covid-19,” ujar Kapolda.

Selanjutnya yang keempat, kata Orang Nomor Satu di Polda :Papua Barat itu bahwa lakukan sambang dan berikan himbauan kepada seluruh masyarakat pada daerah yang potensial terkena dampak bencana dengan mempedomani protokol kesehatan.

Nampak Peserta Upacara 1 Peleton Kodim 1806 Bintuni. (IP-IST)

Kelima, jalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh instansi atau pihak-pihak yang terkait. “Khususnya yang berhubungan dengan informasi dini terjadinya bencana dengan pencegahan penyebaran Covid-19 dan melakukan tindakan lainnya yang bersifat persuasif.

Keenam, laksanakan pelatihan bersama dalam penanganan bencana alam dan penanganan Covid-19 bagi personel Polda Papua Barat dan jajaran beserta instansi terkait lainnya,” pungkas Kapolda Papua Barat.

Apel Kesatuan Upacara terdiri dari 1 Peleton Gabungan Subden POM/Sipropam, 1 Peleton Kodim 1806 Bintuni, 1 Peleton Kompi Brimob 3/A Bintuni, 1 Peleton Sat Samapta, 1 Peleton Sat Lantas, 1 Peleton Polair, 1 Peleton Staf Gabungan, 1 Peleton Gabungan Reskrim, Intelkam serta Narkoba.

Nampak 1 Peleton Sat Pol PP Kabupaten Teluk Bintuni, 1 Peleton Basarnas, 1 peleton BNPB Teluk Bintuni, 1 kelompok Gabungan Kendaraan R6, R4, R2. (IP-IST)

Kemudian ditambah 1 Peleton Sat Pol PP Kabupaten Teluk Bintuni, 1 Peleton Basarnas, 1 peleton BNPB Teluk Bintuni, 1 kelompok Gabungan Kendaraan R6, R4, R2, perahu Karet (BNPB, BASARNAS), Chain Saw, Apar (alat pemadam Api Ringan), Gengset, life jaket serta pelampung.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kadin Perhubungan Teluk Bintuni, Kadin Kesehatan Teluk Bintuni, Kadin Sosial Teluk Bintuni, Kasdim 1806 Teluk Bintuni,  PJU Polres Teluk Bintuni.

Kemudian juga hadir Danpos AL Teluk Bintuni, Dan Subden POM Teluk Bintuni, Danki Brimob Kompi 3/A Bintuni, Kasat Pol PP Teluk Bintuni serta Kepala Basarnas Teluk Bintuni.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di wilayah Papua Barat yang di laksanakan di ruang Dhira Brata Polres Teluk Bintuni. (01-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *