Ini Penjelasan Ketua KPU Teluk Bintuni Yang Telah Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PSU Di 5 TPS

Bagikan berita ini

Views: 4

Ini Penjelasan Ketua KPU Teluk Bintuni Yang Telah Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PSU Di 5 TPS

BINTUNI, InspirasiPapua.id-  Ini penjelasan Ketua KPU Kabupaten Teluk Bintuni Muhammad Makmur Memed Alfajri, Sabtu (24/2/2024) kepada wartawan saat ditemui di TPS 14 Kelurahan Bintuni Timur salah satu dari 5 TPS yang melaksanakan PSU.

Dimana saat itu dirinya sedang melakukan monitoring pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 14 tersebut.

Menurut Memed Alfajri bahwa pelaksanaan PSU di 5 TPS di kabupaten Teluk Bintuni yaitu di TPS 14 Kelurahan Bintuni Timur, TPS 03 kampung Argosigemerai, TPS 08 kampung Argosigemerai, TPS 12 kampung Argosigemerai serta TPS 03 kampung Beimes.

“Dalam persiapan-persiapan yang telah KPU Teluk Bintuni lakukan pada H-2 yaitu kami sudah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemantapan dan pendalaman tentang tugas dan peran dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 5 TPS tersebut.

Dengan adanya Bimtek tersebut kami berharap petugas KPPS tidak lalai dalam bertugas sehingga semua orang bisa puas.

Kemudian pelaksanaan PSU di 5 TPS itu dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” ungkap Memed Alfajri.

Ketua KPU Bintuni itu juga menjelaskan bahwa pada H-1 pihak KPU Teluk Bintuni sudah melaksanakan pendistribusian C6 pemberitahuan dan alhamdulillah dari 5 TPS ini ada sekitar 70 sampai 80 persen C6 pemberitahuan sudah terdistribusi kepada pemilih.

“Bahkan ada TPS sudah 95 persen C6 pemberitahuan kepada pemilih di TPS tersebut sudah terdistribusi.

Apabila ada C6 pemberitahuan yang tidak diterima oleh pemilih atau yang bersangkutan maka akan dibawa ke TPS dan nanti yang bersangkutan atau pemilih datang ke TPS akan diserahkan C6 pemberitahuan kepadanya,” terang Alfajri.

Lanjut Alfajri untuk C6 pemberitahuan pada hari ini Sabtu (24/2/2024) sementara pihaknya melaksanakan pemungutan suara ulang yaitu dari jam 07.00 Wit pagi sudah mulai dilakukan persiapan dan pembukaan.

Dimana kita melakukan tahapan-tahapan seperti dalam rekomendasi Bawaslu atau Panwaslu bahwa kita lakukan penghitungan surat suara di awal proses pemungutan suara ini.

Kemudian kami agak lambat untuk memulai karena kita harus masuk dulu proses penghitungan surat suara.
Terkait dengan C6 pemberitahuan apabila ada C6 pemberitahuan yang tidak tersampaikan atau terdistribusi maka itu akan dikembalikan.

Tetapi dalam proses pemungutan suara ini C6 itu kami tempatkan di TPS sehingga apabila ada pemilih pada saat pendistribusian tidak mendapatkan maka kita antisipasi apabila pemilih-pemilih ini datang ke TPS nanti akan diserahkan kepada mereka.
C6 pemberitahuan ini adalah bukti yang nanti mereka pakai dalam pengambilan surat suara kalau kemudian ada C6 pemberitahuannya.

Dimana ada juga pemilih yang tidak ada C6 tetapi namanya dalam DPT ada.
Kami berharap sesuai dengan arahan kami kepada petugas KPPS-KPPS itu bahwa C6 pemberitahuan itu harus dimaksimalkan untuk kemudian didistribusikan ke yang bersangkutan.

Kalau kemudian ada sisa dari C6 itu maka harus di kembalikan kemudian ditahan dan itu akan disimpan pada saat tanggal 24 Februari 2024 untuk menjaga atau mengantisipasi apabila ada pemilih yang datang ke TPS.

InsyaAllah C6 pemberitahuan aman namun kami manusia tidak luput dari kesalahan tetapi berupaya semaksimal mungkin agar hal-hal yang kemarin-kemarin terjadi yang menyebabkan PSU ini bisa kita minimalisir dan tidak terjadi lagi seperti itu,” terang Memed Alfajri.

Ketua KPU Bintuni itu juga menjelaskan bahwa dari mulai penetapan PSU pihaknya sudah menyurat kepada KPU Provinsi untuk kemudian mengusulkan logistik yang akan dipakai pada saat PSU.

“Dimana pada H-1 PSU, Jumat (23/2/2024) malam yang terakhir logistik yang tiba adalah Surat Suara dan alhamdulillah surat suara itu semua kita sudah sortir, lipat dan kemudian kita lakukan penyortiran serta penyetingan lalu kita pecking ke dalam kotak suara.

Selanjutnya pada jam 06.00 Wit pagi kami distribusikan surat suara tersebut ke 5 TPS yang akan melaksanakan PSU dan semua logistik sudah tiba di TPS pada jam 06.20 Wit.

Dan total surat suara yang kita distribusikan kepada 5 TPS yang PSU sebanyak 1.300 lebih surat suara,” sebut Memet Alfajri.

Ketua KPU Bintuni M. Makmur Memed Alfajri juga mengatakan bahwa pihaknya akan membeckup proses pemungutan suara ulang di 5 TPS itu dan apabila ada hal-hal yang memang perlu untuk dipertanyakan atau disampaikan maka pihaknya akan membeck up KPPS.

“Dimana kami berharap proses pemungutan suara ulang ini sampai dengan penghitungan nanti bisa berjalan aman, lancar serta damai.

Pada kesempatan ini kami juga menghimbau kepada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan PSU baik itu peserta pemilih, saksi dan peserta Pemilu Partai Politik mari kita sama-sama menjaga agar pelaksanaan PSU ini bisa berjalan lancar aman dan damai agar kondusifitas keamanan dari daerah ini semua bisa merasakannya,” ujar Ketua KPU Teluk Bintuni itu. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *