Distrik Bintuni Juara Umum MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Telbin, Seluruh Kafilah Sangat Terkesan Dengan Pelayanan Tuan Rumah

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH ketika menyerahkan piala bergilir dan piala tetap kepada Kafilah distrik Bintuni yang diterima Sujoko Effendi. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 3

BINTUNI, InspirasiPapua.idPada pelaksanaan MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni di Distrik Kaitaro yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 30 Maret 2022 Kafilah Distrik Bintuni meraih juara umum.

Disusul Kafilah Distrik Bintuni Timur sebagai juara kedua dan Kafilah Distrik Tomu sebagai juara ketiga.

Distrik Kaitaro merupakan distrik yang masih terisolir dan jauh dari ibu kota kabupaten Teluk Bintuni mampu menyelenggarakan MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2022.

Nampak Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH saat menutup MTQ secara resmi dengan menabuh rebana sebanyak 5 kali. IP-IST

Meski distrik Kaitaro baru terbuka dengan adanya kegiatan MTQ Ke-IX di tengah hutan namun para kafilah dari berbagai distrik di kabupaten Teluk Bintuni selama berada di kampung Sara distrik Kaitaro cukup betah serta sangat terkesan dengan keramah-tamahan, sifat religius dan  toleransi  serta masyarakat memiliki hubungan yang  harmonis. Hal tersebut ditunjukkan oleh komunitas warga masyarakat distrik Kaitaro.

 

Sehingga ini akan menjadi catatan serta kenangan sepanjang masa oleh pemeritah daerah (Pemda) Kabupaten Teluk Bintuni serta seluruh kafilah dari berbagai distrik selaku peserta MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni,” tutur Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH, Rabu (30/03/2022).

Ketika menutup secara resmi Kegiatan Akbar MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni di Kampung Sara Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2022.

Nampak Wakil Bupati Matret Kokop, Kepala Kementrian Agama , Ketua MUI Bintuni serta para pimpinan OPD hadir dalam acara penutupan MTQ Ke-IX di distrik Kaitaro. IP-IST
Nampak Wakil Bupati Matret Kokop, Kepala Kementrian Agama , Ketua MUI Bintuni serta para pimpinan OPD hadir dalam acara penutupan MTQ Ke-IX di distrik Kaitaro. IP-IST

Wakil Bupati Teluk Bintuni itu juga mengatakan bahwa dengan berakhirnya MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten tersebut telah menghasilkan Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidza terbaik untuk mewakili Kabupaten Teluk Bintuni pada  MTQ Ke-IX Tingkat Provinsi Papua Barat  Tahun 2022 di Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

“Dan menjadi catatan penting bagi kita semua bahwa setitik harapan telah lahir  dihadapan kita para juara yang muncul melalui MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten ini yang dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat kampung Sara Distrik Kaitaro yang unik dan masih alami merupakan kebanggan bagi kita semua.

Terutama bagi pemerintah kabupaten Teluk Bintuni  karena masyarakat distrik Kaitaro jauh dari ibu kota kabupaten mampu melaksanakan iven besar yaitu MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni.

Kafilah distrik Bintuni keluar sebagai juara umum MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten di Sara Distrik Bintuni. IP-IST

Dan telah tercatat kampung Sara distrik Kaitaro ini sebagai tempat lahirnya para juara MTQ Ke-IX yang akan ikut ajang MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat mewakili Kabupaten Teluk Bintuni,” sebut Wabup Bintuni.

Matret Kokop juga menjelaskan bahwa hasil terpenting dari MTQ Ke-IX tersebut adalah anak-anak dan remaja serta orang dewasa telah bersiar pada arena iman da taqwa tersebut.

“Kemudian melalui kerja keras untuk memperdalam kemampuan membaca dan memahami isi kandungan Al Qur’an secara baik dan benar.

Walaupun peserta MTQ Ke-IX ini tidak semua menjadi juara akan tetapi hasilnya tertanam dalam pengetahuan dan kepribadian semua anggota kafilah.

Untuk itu kami atas nama pemerintah kabupaten Teluk Bintuni mengucapkan selamat memperoleh juara dan bagi yang belum berhasil tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan pada waktu yang akan datang.

Kafilah Distrik Bintuni Timur raih Juara II MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten di Distrik Kaitaro. IP-IST

Namun pesan saya kepada seluruh peserta MTQ Ke-IX ini selesai agar terus belajar untuk meningkatkan kamampuan sehingga pada MTQ yang akan datang dapat meraih sukses sebagaiamana yang diharapkan oleh kita semua.

Dan saya juga berharap bagi saudara-saudara setelah kembali ke distrik masing-masing jadilah generasi yang berakhlak mulia yang dapat menjadi contoh dan dapat diteladani semua orang.

Sebagai modal dasar yang sangat penting untuk mengisi pembangunan saat ini dan pada masa yang akan datang,” papar Wakil Bupati.

Orang Nomor 2 di Bintuni itu juga berharap kepada semua kafilah untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga toleransi antar umat beragama serta menghindari hoax sehingga dapat terwujud masyarakat badatul tayyi batul warabul gafur yaitu masyarakat yang adil dan makmur yang dilindungi oleh Allah Swt menuju kabupaten Teluk Bintuni yang damai maju produktif dan berdaya saing di tahun 2024.

Pada kesempatan ini juga selaku Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni kepada para juara yang akan mewakili Kabupaten Teluk Bintuni pada MTQ Ke-IX Tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2022. Harus terus dilakukan pembinaan melalui training center kepada mereka agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kafilah Distrik Tomu raih Juara III MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten di Distrik Kaitaro. IP-IST

Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua dan anggota LPTQ Kabupaten Teluk Bintuni. Terlebih khusus lagi kepada ketua dan anggota panitia MTQ Ke-IX baik panitia kabupaten maupun panitia distrik terutama kepala distrik Kaitaro dan kepala-kepala kampung.

Kapolsek dan anggota dan Danramil dan anggota serta ASN dan seluruh warga masyarakat Kaitaro yang telah bekerja keras dan tidak mengenal lelah untuk mensukseskan MTQ Ke-IX Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2022 yang sangat sukses dan meriah,” terang Wabup Matret Kokop.

Selan itu, Wabup Matret kokop atas nama pemerintah juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada distrik Kaitaro karena telah menjadi tuan rumah yang baik diawal tahun 2022.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas amal baik seluruh warga masyarakat distrik Kaitaro.

Dengan mengharapkan ridho Allah Swt saya atas nama pemerintah menutup MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2022 di distrik Kaitaro yang ditandai dengan membaca surat Alfatiha lalu menabuh rebana sebanyak 5 kali sebagai tanda rukun Islam ada 5 dan Pancasila ada 5.

Hadir dalam acara Penutupan MTQ Ke-IX Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni Wakil Bupati Teluk Bintuni, Ketua MUI Kabupaten Teluk Bintuni, Kepala Kementrian Agama Teluk Bintuni, para Pimpinan OPD di lingkup Pemda Teluk Bintuni, Kapolsek Babo, Danramil Babo.

Pantauan media ini bahwa berdasarkan keputusan Lembanga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) pada MTQ Ke-IX di distrik Kaitaro keluar sebagai juara umum MTQ Ke-IX Tahun 2022 adalah Kafilah Distrik Bintuni,  Juara Kedua Kafilah Distrik Bintuni Timur serta Juara Ketiga Distrik Tomu.

Adapun piala bergilir diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Matret Kokop, SH kepada Kafilah Distrik Bintuni yang diterima oleh Ustad Sujoko Effendi. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *