Bawaslu Bintuni Akan Keluarkan Surat Rekomendasi Kepada Partai NasDem Untuk Kembalikan Kursi Yang Hilang Di Dapil 3

Bagikan berita ini

Visits: 36

Bawaslu Bintuni Akan Keluarkan Surat Rekomendasi Kepada Partai NasDem Untuk Kembalikan Kursi Yang Hilang Di Dapil 3

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni akan mengeluarkan rekomendasi untuk Partai NasDem berdasarkan data-data yang cukup lengkap yang telah diterima Bawaslu Teluk Bintuni terkait keberatan saksi NasDem dengan adanya dugaan pergeseran suara Caleg NasDem Nomor urut 2 Jefri Orocomna kepada partai PKS untuk daerah pemilihan (Dapil) 3 Teluk Bintuni khususnya 7 TPS yang ada di distrik Weriagar.

Kedatangan Partai NasDem ke Kantor Bawaslu Teluk Bintuni pada hari Senin 11 Maret 2024 itu untuk menindaklanjuti surat keberatan Partai NasDem yang disampiakn saat pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Hasil Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni.
“Karena sampai saat ini belum ada langkah-langkah yang diambil oleh pihak Bawaslu maka pada hari ini kita datang untuk mengecek hal tersebut.
Kemudian hasil koordinasi atau hasil pertemuan dengan Bawaslu Teluk Bintuni dengan pihak NasDem pada hari ini.

Yaitu pihak Bawaslu akan mengambil langkah-langkah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku maupun Peraturan Bawaslu,” ungkap Sekretaris DPC Partai NasDem Kabupaten Teluk Bintuni Moh. Jen Fimbay, SH kepada wartawan, Senin (11/3/2024) yang didampingi Caleg Partai NasDem Dapil 3 Jefri Orocomna dan Ketua Bappilu NasDem Abd. Rasyid Fimbay.

Menurut Sekretaris DPC NasDem itu bahwa pihak Bawaslu Kabupaten Teluk Buntuni pada hari ini (Senin, 11/3/2024) itu akan melakukan rapat pleno untuk mengeluarkan surat rekomendasi guna menindaklanjuti terjadinya pergeseran suara di daerah pemilihan 3 yakni di distrik Weriagar.
“Terkait dengan tuntutan kita yang dasarnya adalah partai NasDem mengalami kehilangan 1 kursi di Dapil 3. Karena berdasarkan Tabulasi NasDem itu mendapat 1 kursi di Dapil 3.

Tetapi ternyata pada pleno berjenjang mulai dari distrik Weriagar kemudian sampai ke KPU Tingkat kabupaten itu ketahuan ada pergeseran suara dari beberapa partai ke partai PKS.

Alat bukti kita cukup lengkap terkait dengan pembuktian pergeseran suara itu sehingga hasil sementara kalau berdasarkan pleno tingkat distrik Weriagar maupun tingkat kabupaten selisih perolehan suara antara NasDem dengan PKS itu selisihnya 24 suara.

Tetapi dengan bukti yang kita dapatkan dan random yang kita buat antara C1 hasil dengan DA itu cukup jelas ada suara digeserkan.

Apabila suara itu dikembalikan pasti NasDem mendapat 1 kursi di Dapil 3.
Sehingga kami dari partai NasDem tidak diam tetapi sudah siap dan akan terus berupaya untuk mengembalikan kursi NasDem sesuai data yang kami peroleh sampai ke jalur terakhir kami akan tempuh untuk mengembalikan hak dari Masyarakat yang ada di Dapil 3 yang telah memberikan haknya lewat partai NasDem,” papar Jen.

Jen Fimbay juga mengatakan bahwa NasDem sadar telah kehilangan 2 kursi artinya pada periode lalu NasDem telah meraih 7 kursi kemudian periode kali ini NasDem hanya bisa memperoleh untuk sementara berdasarkan pleno KPU maka Nasdem 4 kursi.

“Tetapi berasarkan data yang kita sudah kantongi pasti NasDem akan memperoleh kursi terbanyak dalam hal ini NasDem akan mendapatkan 5 kursi ketika upaya-upaya yang nanti akan sampai ke jalur hukum dalam hal ini Mahkamah Konstitusi.

Sehingga harapan Partai NasDem kepada seluruh sipatisan partai NasDem yang ada di kabupaten Teluk Bintuni baik yang ada di Dapil 1, Dapil 2 maupun Dapil 3.

“Mari kita tetap semangat dan tenang serta berdoa agar semua harapan dari masyarakat melalui Partai NasDem tetap akan diperjuangkan sampai terwujudnya apa yang diharapkan oleh Masyarakat Teluk Bintuni,” tutur Jen Fimbay.

Pantauan media ini, hadir dalam rapat koordinasi antara Partai Nasdem dengan pihak Bawasalu Kabupaten Teluk Bintuni Ketua Harian DPD Partai NasDem Kabupaten Teluk Bintuni Simon Dowansiba, Sekretaris Moh. Jen Fimbay serta kader-kader partai NasDem Jefri Orocomna, Romilus Tatuta dan Bappilu DPD NasDem Abd. Rasyid Fimbay.

Sebelum pertemuan dilakukan simpatisan partai NasDem dari Dapil 3 yang dipimpin Dominggus Orocomna bersama simpatisan lainnya melakukan demo damai dan berorasi didepan pintu gerbang Kantor Bawaslu Teluk Bintuni dengan menyampaikan orasi sebelum pihak pengurus partai NasDem diterima pihak Bawaslu Teluk Bintuni. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *