Bupati Teluk Bintuni Lantik Serta Ambil Sumpah Dan Janji Jabatan 19 Pejabat Rumah Sakit Pratama Babo Raya

Bagikan berita ini

Visits: 18

Bupati Teluk Bintuni Lantik Serta Ambil Sumpah Dan Janji Jabatan 19 Pejabat Rumah Sakit Pratama Babo Raya

 

Bintuni, TP – Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT, Rabu (20/3/2024) atas nama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melantik serta mengambil sumpah dan janji 19 pejabat administrator, pejabat pelaksana dan pejabat fungsional lainnya di lingkungan pemerintah kabupaten Teluk Bintuni tahun 2024 untuk mengisi struktur jabatan di Rumah Sakit Pratama Babo Raya yang terdiri dari Direktur serta 9 pejabat pengawas dan 5 pejabat operasional.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dan jabatan itu juga dihadiri Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH dan Ketua DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Simon Dowansiba, SE, Plt. Sekda Drs. Frans Awak serta Asisten II Ir, IB Putu Suratna, MM dan Asisten III Izaac Loukounm SH, MH serta para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Teluk Bintuni dan undangan lainnya.

Setelah melantik dan mengambil sumpah dan janji 19 pejabat administrator, pejabat pelaksana dan pejabat fungsional lainnya.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 19 ASN yang sudah dilantik itu yang merupakan kepercayaan negara untuk melaksankan tugas sesuai dengan fungsinya sebagai aparatur sipil negara yang siap ditempatkan dimana saja.

“Tempat yang baru ini akan menjadi tantangan baru tetapi juga tempat untuk memulai karya-karya kita di rumah Sakit Pratama Babo.

Di Bintuni kita mempunyai 2 rumah Sakit besar yang pertama Rumah Sakit Umum Bintuni dan yang kedua Rumah Sakit Pratama Babo yang merupakan rumah sakit terindah.

Dan mudah-mudahan pada bulan April minggu pertama kita sudah meresmikan operasional rumah sakit Babo ini. Kenapa Rumah Sakit Pratama Babo kita bangun? Itu karena adanya pertimbangan pelayanan kepada masyarakat.

Dimana Rumah Sakit Pratama Babo ini akan membawahi 7 (tujuh) Puskemas di wilayah pesisir. Dan rumah sakit ini juga akan menjadi rujukan bagi beberapa perusahan penting yang ada di daerah ini seperti LNG Tangguh, Genting Oil akan menjadi rujukan untuk pelayanan Kesehatan medical check up (MCU) dan sebagainya nanti akan dilaksanakan di rumah sakit Pratama Babo.
Alasannya karena lebih dekat dengan Perusahaan-perusahaan tersebut dan masyarakat yang ada di wilayah pesisir di banding kalau pergi berobat ke rumah sakut umum Bintuni,” papar Bupati Kasihiw.

Bupati Teluk Bintuni 2 periode itu juga mengatakan bahwa dirinya mengucapkan selamat kepada tenaga kesehatan yang baru dilantik yaitu ada administrator sebanyak 5 orang, dan yang membagakan kepala rumah sakit pratama Babo adalah seorang Perempuan.

Pejabat pengawas sebanyak 9 orang serta pejabat operasional sebanyak 5 orang. Dimana mereka adalah sebagaian besar anak-anak 7 (tujuh) suku Teluk Bintuni,” terang Bupati.

Bupati Petrus Kasihiw juga menjelaskan bahwa di Rumah Sakit Pratama Babo tempatnya baru dan ada pejabat dari rumah sakit umum Bintuni yang dipindahkan ke rumah sakit Babo.

Disamping itu rumah sakit pratama Babo juga diisi tenaga-tenaga yang berasal dari Puskemas-Puskemas dan mereka sudah waktunya direkrut untuk berkarya di rumah sakit.

Dimana saya juga minta tahun ini agar tempat tinggal layak untuk dokter dan para medisnya juga dibangunkan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Saya sangat berharap pejabat yang baru dilantik agar memberikan kontribusi di rumah Sakit Pratama Babo dan kedepan juga dapat diisi dokter-dokter ahli yang saat ini kita sekolahkan sebanyak 12 dokter untuk menjadi dokter spesialis serta 8 dokter umum.

Dimana pembangunan Teluk Bintuni bukan kita hanya membangun fisik saja tetapi yang lebih penting adalah membangun Sumber Daya Manusia Bintuni.

Karena ada tantangan besar kita yaitu pertama berkaitan dengan stanting, Dimana saat ini kita berada pada posisi 3 besar pencapaian penurunan stanting di Papua Barat.

Saya berharap bukan hanya sampai di sini saja tetapi juga bisa dipercepat penurunan stunting menjadi nomor 1.

Tantangan berikutnya yaitu yaitu kantong-kantong kemiskinan yang saat ini menjadi persolalan kita yang ada di 4 distrik di wilayah Moskona.

Di Moskona kenapa kita terjebak kemiskinan karena tidak ada infrastruktur jalan. Numun kita bersyukur di tahun 2023 dua ruas jalan yaitu Moskona Utara dan Moskona Timur sudah tembus.

Dimana setiap tahun kita selalu anggarkan dana subsidi penerbangan sebesar Rp.3,5 milyar dan karena jalan sudah tembus maka subsidi penerbangan ke sana kita akan kurangi,” jelas Bupati Bintuni.

Bupati Bintuni juga menambahkan bahwa mulai April orang di wilayah pesisir tidak sibuk lagi datang berobat di rumah sakit umum Bintuni tetapi semua sudah terfokus berobat di rumah sakit pratama Babo.

Mari kita doakan para pejabat yang baru dilantik agar bisa menjalankan tugas negara dengan baik. Tugas tenaga Kesehatan sangat mulia karena menyehatkan masyarakat, menyelamatkan generasi muda serta menyelamatkan nyawa manusia,” tutup Bupati Petrus Kasihiw.

Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh Letda Inf Mantong dari Danramil 1806/TB, Wakapolsek Bintuni, Sekwan DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua LMA Tujuh Suku Marten Wersin, Ketua FKUB Teluk Bintuni Steven Awi juga hadir sebagai rohaniwan dari Agama Protestan, Nurcholis perwakilan dari Agama Islam dan pastor dari Agama Katolik serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan itu diakhiri dengan foto bersama. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *