Pemda Lepas Putra Terbaik Teluk Bintuni Almarhum Efradus Orocomna Kepada Keluarga Untuk Dimakamkan

Bagikan berita ini

Views: 368

Pemda Lepas Putra Terbaik Teluk Bintuni Almarhum Efradus Orocomna Kepada Keluarga Untuk Dimakamkan

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Teluk Bintuni, Wakil Bupati Matret Kokop SH, memimpin prosesi pelepasan jenazah Almarhum Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM  Kabupaten Teluk Bintuni, untuk dikebumikan, Kamis (14/12/2023) sore di Bintuni.

Dalam suasana hening, Wakil Bupati Matret Kokop menyampaikan kesedihan mendalam yang dirasakan oleh keluarga besar Orocomna dan segenap Masyarakat distrik Moskona Utara dan pelayat yang hadir.

“Kita hadir di sini sebagai wujud panggilan dan keterlibatan kita dalam kedukaan yang mendalam. Almarhum Efradus Orocomna , SIP, M.Si dipanggil pulang kepada Pencipta-Nya pada Senin, 11 Desember 2023,” ujar Wabup Matret Kokop.

Ketidakpercayaan atas kepergian yang begitu cepat yang mengagetkan semua pihak. “Kita tidak percaya bahwa almarhum begitu cepat dipanggil pulang, karena di tengah aktivitasnya dengan penuh energi dan senyum khas, ia kemudian diambil pulang. Tuhan yang memberi, Tuhanlah yang mengambil. Terpujilah nama Tuhan!” tambahnya dengan penuh penghormatan.

Kedukaan melanda tidak hanya keluarga, tetapi juga rekan kerja dan staf Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Teluk Bintuni.

Almarhum Efradus Orocomna, selaku Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Teluk Bintuni, telah meninggalkan jejak yang mendalam dalam upaya memajukan Tanah Sisar Matiti dan Tanah Papua yang dicintainya.

Matret Kokop memaparkan, “Sepanjang masa pengabdian almarhum sebagai Aparatur Sipil Negara, kita semua menjadi saksi atas keuletan, sikap tanggung jawab, ketekunan, dan rasa cintanya kepada Tanah Papua.

Almarhum Efradus Orocomna memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan di daerah ini, menjadi contoh teladan yang diwariskan kepada kita semua”.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Wakil Bupati kepada keluarga Orocomna. “Atas semua karya almarhum, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Orocomna yang telah mempersembahkan seorang putera terbaik bagi masyarakat dan daerah ini. Kepada istri, ketiga anak, dan saudara-saudari almarhum, kami merasakan beratnya kehilangan sosok suami, bapak, dan saudara di saat pendampingannya masih sangat dibutuhkan.”

Prosesi pelepasan jenazah ini menjadi momen penghormatan terakhir bagi Almarhum Efradus Orocomna, seseorang yang telah berbakti dan berjuang hingga akhir hayatnya untuk kemajuan daerah ini serta bagi masyarakat. Tanah Papua meratapi kehilangan seorang pemimpin dan pengabdi.

Efradus Orocomna mengawali karirnya sebagai ASN dimulai dari Kepala Kampung Moyeba distrik Moskona Utara.

Dengan kegigihann terus menuntut ilmu dan pendidikan membawa seorang Efradus Orocomna sebagai Kepala Distrik Moskona Utara yang pertama di masa pemerintahan mantan Bupati Teluk Bintuni Drg. Alfons Manibuy, DESS.

Efradus Orocomna juga pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Bintuni kemudian di masa pemerintahan Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw, MT beliau kembali menjabat sebagai Kepala Distrik Moskona Utara begitu cintanya beliau untuk membangun daerahnya yang masih terisolir hingga jalan darat tembus ke Moskona Utara yang belum sempat beliau nikmati.

Kemudian beliau dilantik sebagai Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Teluk Bintuni pada tanggal 31 Oktober 2023 oleh Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw.

Setelah itu beliau jatuh sakit dan meninggal pada tanggal 11 Desember 2023 dan selanjutnya dimakamkan pada hari Kamis (14/12/2023) di Bintuni.

Efradus meninggalkan anak-anak yang juga selalu mengikuti jejaknya untuk membangun Kabupaten Teluk Bintuni dan Wilayah Moskona Raya yaitu Jefri Orocomna sorang anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni dan Ferdinand Orocomna yang saat ini menjabat sebagai Lurah Bintuni Barat.

Hadir dalam pelepasan dan pemakaman Almarhum Efradus Orocomna, SIP, M.Si Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH, Ketua DPRD Teluk Bintuni Simon Dowansiba, SE, Asisten II Sekda Teluk Bintuni Ir. IB Putu Suratna, MM.

Kemudian juga hadir Kepala BPKAD Laras Nuryani, SE, MM, Kasatpol PP Drs. Irai Suartika, Kepala Dinas Kesehatan Frangky D. Mobilala, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Perumahan Dorus Orocomna, S.Sos, MM, Kepala Distrik Moskona Utara, Kepala Distrik Moskona Utara Jauh serta kepala Distrik Moskona Timur, Kepala Distrik Merdey serta Kepala Distrik Moskona Barat serta pimpinan OPD lainnya dan para anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni dan Sekwan Mesak Pasalli, M.Si.

Juga dihadiri para tokoh Masyarakat diantaranya Kepala Suku Moskona, Ketua KKSS Erwin Beddu Nawawi, SE serta tokoh Masyarakat lainnya, tokoh agama, tokoh Perempuan serta para tokoh pemuda Moskona Raya.

Ibadah prosesi pemakaman Efradus Orocomna, SIP, M.Si dipimpin oleh Pdt. Melky R. S.Th dan Pdt. Tobias Orocomna, S.Th, M.Ag. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *