Dana Desa Perlu Dikelola Dengan Baik Sehingga Berikan Kontribusi Besar Untuk Masyarakat Di Kampung

Bagikan berita ini

Visits: 9

Dana Desa Perlu Dikelola Dengan Baik Sehingga Berikan Kontribusi Besar Untuk Masyarakat Di Kampung

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dana Desa diharapkan dapat dikelola dengan baik sehingga memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat kampung Pengelolaan dana kampung ini lebih difokuskan untuk membiayai potensi-potensi kampung sehingga dapat memberikan kontribusi menuju kampung yang mandiri dan masyarakat bisa memiliki pendapatan sendiri.

Sehingga kedepannya masyarakat kampung tidak terlalu bergantung pada bantuan pemerintah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Teluk Bintuni, Drs. H. Haris Tahir Kaitam, M.Si., baru-baru ini memberikan arahan penting dalam rapat besar antara pemimpin kampung di Gedung Serbaguna Bintuni.

Dalam kesempatan tersebut, Haris Tahir Kaitam, menyoroti pentingnya pengelolaan dana desa sesuai peraturan yang berlaku serta pengembangan potensi ekonomi masyarakat kampung.

Haris menekankan bahwa pengelolaan dana desa harus dilakukan dengan sistem yang sesuai dengan regulasi yang berlaku, serta perlunya memiliki administrasi yang baik.

“Pengelolaan dana desa harus dilakukan dengan sistem yang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkap Haris Tahir kepada wartawan di Bintuni, Sabtu (30/3/2024) saat ditemui di kediamannya, Kampung Lama, Bintuni.

Selain itu, Haris Tahir Kaitam, juga menyoroti perlunya mengembangkan potensi ekonomi masyarakat kampung dengan memanfaatkan dana desa atau dana kampung  terutama dalam pembangunan rumah dan persediaan makanan untuk masyarakat di kampung.

Sehingga kami mengajak seluruh aparat kampung untuk mengembangkan potensi ekonomi di desa,” tambahnya.

Lebih lanjut, menekankan pentingnya memahami kondisi perumahan di setiap kampung untuk mengembangkan potensi ekonomi secara efektif.

“Kami perlu mengetahui jumlah rumah yang dimiliki oleh setiap keluarga dan kondisinya, apakah sudah memiliki usaha ekonomi yang berkelanjutan atau belum,” jelasnya.

Pentingnya sektor perikanan sebagai potensi ekonomi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat kampung juga menjadi sorotan dari  Haris Tahir Kaitam.

“Kami berharap agar masyarakat kampung dapat mengembangkan usaha perikanan mereka sehingga dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil bagi mereka,” tuturnya.

Dalam upaya mewujudkan desa yang mandiri secara ekonomi, Haris menekankan pentingnya setiap kampung memiliki mata pencaharian yang beragam sesuai dengan potensi yang ada.

“Kami ingin melihat setiap kampung memiliki mata pencaharian yang beragam dan sesuai dengan potensi yang dimiliki, sehingga tidak lagi tergantung pada dana dari pemerintah,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa arahan ini telah disampaikan kepada aparat kampung sejak awal tahun lalu sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat kampung.

“Kami sudah mengajak seluruh aparat kampung untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat sejak awal tahun lalu, dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung,” pungkasnya.

Kepala Dinas itu juga mengatakan bahwa dari total 260 kampung di Bintuni, sebanyak 115 kampung telah mencapai status definitif, sementara 145 kampung pemekaran masih dalam proses menuju status definitif.

Hal ini menunjukkan komitmen untuk terus mengembangkan desa-desa menjadi desa mandiri secara ekonomi di Bintuni. (Inspirasi Papua.id)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *