Wujudkan Bintuni Jadi Smart City Dan Berbasis Digital, Pemda Telbin Gandeng PT. Sukses Mulia Persada

Bupati Teluk Bintuni saat menandatangani kerja sama MoU dengan Direktur PT Sukses Mulia Persada Randy Bimantoro untuk wujudkan Bintuni Smart City dan berbasis digital. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 7

BINTUNI, InspirasiPapua.idUntuk mewujudkan Smart City dan Kabupaten Teluk Bintuni berbasis digital maka Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Senin (10/01/2022) melakukan kerja sama dengan PT. Sukses Mulia Persada yang dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman bersama atau memorandum of understanding (MoU) yang berlangsung di Swiss-belhotel Manokwari.

Penandatanganan kerjasama antara Bupati Teluk Bintuni dengan pihak ketiga sebagai perusahaan penjamin Big Data untuk membantu pemerintah daerah agar akses data berbasis digital berjalan lancar.

Bupati Bintuni dan Direktur PT. Sukses Mulia Persada saat perlihatkan surat MoU untuk wujudkan Bintuni Smart City dan berbasis Digital. IP-IST

Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,MT dalam keterangan persnya kepada wartawan mengatakan, bahwa di era pemerintahan saat ini semua pelayanan pemerintahan berbasis online karena itu membutuhkan  Big Data agar aksesnya lebih cepat dan penting dalam membuat kebijakan ke depan.

Dengan pengaruh perkembangan jaman yang modern maka kedepan semua sistim data OPD harus dibenahi kemudian dintegrasikan sehingga ketika badan perencanaan pembangunan daerah membutuhkan data OPD pasti gampang diakses.

“Saya berterima kasih kepada Randy Bimantoro yang datang dengan konsep Smart City dengan melakukan survey untuk melihat persoalan yang dihadapai di Kabupaten Teluk Bintuni kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU,” ungkap Bupati Petrus Kasihiw.

Bupati Bintuni itu menjelaskan bahwa  konsep tersebut akan sangat membantu OPD Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk melakukan pemantapan Big Data dan konektivitas basis data dengan OPD dan public, hal ini akan mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Dikatakan Bupati dua periode ini bahwa 70 persen akses di Kabupaten Teluk Bintuni sudah terjangkau sehingga memudahkan akses Smart City.

“Ini sudah kebijakan saya dan OPD harus mendukung karena kita tidak menggunakan lagi pola-pola kerja yang lama dengan budaya kerja yang baru menggunakan teknologi yang sudah ada,” papar Bupati Petrus Kasihiw.

Bupati Bintuni menjelaskan bahwa langkah awal yang akan dilakukan Pemkab Teluk Bintuni yaitu menyiapkan Big Data pada beberapa OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni diantaranya, Dinas Pendidikan, Dinas PM PTSP, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, kemudian disusul dengan perangkat daerah lainnya.

Bupati Bintuni dan Direktur PT. Sukses Mulia Persada fose bersama dengan pimpinan OPD di lingkup Pemda Teluk Bintuni. IP-IST

Sementara itu Direktur PT. Sukses Mulia Persada Randy Bimantoro mengatakan, Teluk Bintuni merupakan Kabupaten pertama di Papua Barat yang berani mengambil satu langkah maju mengikuti perkembangan jaman mewujudkan Smart City Satu Data.

“Yang kami harapkan adalah menuju Satu Data Indonesia sesuai harapan Presiden Jokowi, karena itu di Papua Barat kami mulai dari Kabupaten Teluk Bintuni yang baru mulai tahun 2022,” papar Randy saat memberikan keterangan persnya.

Randy menegaskan, bahwa pihaknya siap membantu Pemkab Teluk Bintuni tetapi masih lebih focus pada visi-misi Bupati Teluk Bintuni yang Big Data untuk beberapa OPD prioritas, namun  tidak menutup kemungkinan tim worknya bekerja untuk membantu OPD lainnya yang ada di lingkup Pemkab Teluk Bintuni. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *