Wakil Bupati Berharap PWI Teluk Bintuni Berperan Dalam Tingkatkan Ketaatan Wartawan Terhadap Kode Etik Jurnalistik

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop dan Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, Ketua KPU Herry Salamahu, Sekretaris Kesbangpol Markus Iba, Ketua PWI PB Bustam berfose dengan Pengurus PWI Teluk Bintuni Periode 2022-2025 yang baru dilantik. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 4

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Wakil Bupati Matret Kokop, Jumat (09/09/2022) ketika menghadiri Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Teluk Bintuni mengajak seluruh insan pers di Kabupaten Teluk Bintuni agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan terhadap kode etik jurnalistik demi menjaga citra, kredibilitas dan integritas wartawan secara pribadi maupun secara organisatoris.

“Dimana profesi jurnalistik merupakan profesi yang dilindungi oleh Undang-Undang dan Dewan Pers oleh karenanya dengan terbentuknya kepengurusan PWI Kabupaten Teluk Bintuni dalam masa bhakti 3 (tiga) tahun ke depan.

Maka keberadaan organisasi ini diharapkan dapat menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik.

Sehingga memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi serta berkeadilan dalam menyajikan peristiwa yang terjadi di masyarakat dalam bentuk berita dalam peranannya sebagai wadah bagi segenap insan pers,” ungkap ungkap Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH ketika menyampaikan sambutannya saat menghadiri Acara Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Teluk Bintuni Peiode 2022-2025, Jumat (09/09/2022) sekaligus membuka acara Konferensi I PWI Kabupaten Teluk Bintuni  bertempat di Aula Hotel Steenkool KM 04 distrik Bintuni.

Wakil Bupati Bintuni itu merasa bersyukur sekaligus bahagia dapat hadir bersama rekan-rekan pers atau jurnalis baik cetak maupun elektronik di acara Pelantikan Pengurus PWI Teluk Bintuni periode 2022-2025.

“Kegiatan pelantikan pengurus PWI yang bersama-sama kita hadiri ini membawa misi dan tujuan yang mulia demi mewujudkan kehidupan pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab serta demi memenuhi hak publik dalam memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

Besar harapan saya bahwa PWI dapat mengambil peran dalam memberikan edukasi, membagi pengetahuan serta pembinaan kepada wartawan sehingga aturan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dapat dipahami dan dilakukan dengan baik dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik.

Sehingga dapat menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik masyarakat dalam menyongsong era industry 4.0 (empat koma nol) serta era transformasi media saat ini,” papar Wabup Matret Kokop.

Wabup Matret Kokop juga menjelaskan bahwa Pers adalah salah satu pilar yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat.

“Menyadari hal tersebut maka akan dilaksanakan Konferensi I PWI Kabupaten Teluk Bintuni untuk menghasilkan program kerja setelah acara pelantikan berlangsung.

Maka Saya menitipkan pesan agar program-program kerja yang dihasilkan nantinya merupakan program kerja yang menitik-beratkan kepada peningkatan profesionalisme serta keahlian wartawan serta program pemberdayaan masyarakat.

Sebab peran wartawan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan pembangunan khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni melalui pemberitaan pembangunan yang disampaikan dengan santun dan bermartabat,” harap Wakil Bupati Matret Kokop.

Pantauan media ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat Bustam, Jumat (09/09/2022) melantik pengurus persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Teluk Bintuni periode 2022-2025 Kabupaten Teluk Bintuni  bertempat di Aula Hotel Steenkool Bintuni.

Acara pelantikan itu disaksikan langsung Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop sekaligus membuka acara Konferensi I PWI Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2022.

Adapun Pegurus PWI Kabupaten Teluk Bintuni periode 2022-2025 itu dilantik berdasarkan SK PWI Papua Barat Nomor : 12/PWI-PB/IX/2022 yang dibacakan Sekretaris PWI Papua Barat Mathias Renyaan yang didalamnya menyebutkan nama-nama pengurus PWI Kabupaten Teluk Bintuni Periode 2022-2025 yaitu Fideles Wiran terpilih kembali menjadi Ketua PWI Kabupaten Teluk Bintuni dan berdasarkan keputusan formatur terpilih  Wawan Gunawan menjadi Sekretaris serta Muris Muhammad menjadi Bendahara.

Sedangkan posisi Dewan Kehormatan dijabat Anton Sibarani kemudian 5 (lima) bidang yaitu Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya dijabat Haiser Situmorang, Bidang Advokasi dan Jurnalis Valentino Wanma, Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pelatihan Dina Rianti, Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Satya Lencana Pattah dan Bidang Kajian Lingkungan dan Kesejahteraan Rohmat Sugianto .

Kegiatan pelantikan itu dihadiri langsung oleh  Sekretaris PWI Papua Barat Mathias Renyaan dan Sekretaris Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Papua Barat Wahyu Hendrawan.

Juga dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, Ketua KPU Teluk Bintuni, Kasi Intel Kejari Teluk Bintuni Yusran Baadilla, Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Erwin Baedu Nawawi.

Kemudian hadir pula Sekretaris Kesbangpol Markus Iba, Sekretaris Distransnaker, Kasi Humas Polres Teluk Bintuni Iptu J.Sidete, Kabag Humas dan Protokoler Pemda Teluk Bintuni Dominggus Patikawa, S.Sos, Kordinator RRI Bintuni, Tokoh Masyarakat Ahmad Subuh Refideso,   serta segenap Pengurus dan anggota PWI Teluk Bintuni.

Setelah acara pelantikan kemudian dilanjutkan dengan Konfrensi I PWI Kabupaten Teluk Bintuni yang dilaksanakan setelah sholat Jumat yaitu sekitar pukul 13.30 Wit hingga selesai.  (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *