Kesbangpol Bintuni Gelar Monev Penerima Bantuan Dana Hibah Bagi Ormas Di Teluk Bintuni Tahun 2023

Ikaros Dimara, S.Sos selaku Kasubid Organisasi Sosial dan Politik Kesbangpol Teluk Bintuni ketika melakukan Monev dengan ormas penerima dana hibah.IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 88

Kesbangpol Bintuni Gelar Monev Penerima Bantuan Dana Hibah Bagi Ormas Di Teluk Bintuni Tahun 2023

 

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Teluk Bintuni, Jumat (20/10/2023) melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap penerimaan bantuan dana hibah bagi Organisasi Masyarakat (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), dan Organisasi Profesi.

Kegiatan itu berlangsung di ruang rapat Kantor Kesbangpol dan dihadiri oleh sejumlah ketua dan pengurus dari organisasi yang telah menerima bantuan dana hibah tahun 2023.

Ikaros Dimara, S.Sos selaku Kasubid Organisasi Sosial dan Politik Kesbangpol Teluk Bintuni menjelaskan bahwa tujuan kegiatan monitoring dan evaluasi itu adalah untuk memastikan bahwa dana hibah yang diberikan kepada berbagai organisasi tersebut digunakan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Kasubid Organisasi Sosial dan Politik Menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana publik.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada pimpinan Ormas, LSM, OKP, dan organisasi lainnya agar dapat proaktif dalam pelaporan penggunaan dana hibah.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini melibatkan pemeriksaan dokumen, pengecekan pelaksanaan program, dan wawancara dengan perwakilan dari organisasi penerima dana hibah.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa dana tersebut digunakan untuk kegiatan yang sesuai dengan peraturan dan tujuan yang telah ditetapkan.

Ikaros Dimara juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana hibah.

Lelaki berdarah Papua itu juga mengatakan bahwa pemerintah sangat mendukung upaya organisasi-organisasi ini dalam menjalankan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga mengharapkan bahwa dana tersebut dikelola dengan baik dan sesuai peraturan.

“Untuk organisasi PWI Teluk Bintuni, cukup lengkap dan tepat waktu,” ucap Ikaros Dimara.

Kesbangpol Teluk Bintuni berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa dana hibah yang diberikan tetap memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. Mereka juga siap memberikan bimbingan dan dukungan kepada organisasi penerima dana hibah agar mereka dapat meningkatkan kinerja mereka dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan.

Selama pertemuan, para ketua dan pengurus organisasi yang hadir menyambut baik langkah ini dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana hibah.

Mereka berharap bahwa kerja sama ini akan membantu memajukan program-program yang mereka jalankan dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat Teluk Bintuni.

Dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini, diharapkan bahwa penggunaan dana hibah oleh berbagai organisasi akan menjadi lebih efisien, transparan, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hal ini akan mendukung tujuan pembangunan yaitu visi dan misi pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Teluk Bintuni.

Ikaros Dimara juga menambahkan hingga tahun 2023 ada sebanyak 60 an Ormas, OKP, LSM yang telah mengurus Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Kesbangpol. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *