Bupati Telbin Harap Unipa Lebih Banyak Berperan Siapkan SDM Untuk Kelola SDA

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT berfose dengan Wakil Rektor I Dr. Sepus Fatem,S.Hut (pakai baju batik). IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 0

BINTUNI, InspirasiPapua.id– Kehadiran Unipa sebagai salah satu Universitas terpopuler di Tanah Papua diharapkan lebih banyak menyiapkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak daerah sendiri untuk berperan mengelola sumber daya alam (SDA) pada daerah-daerah berpotensial di Tanah Papua seperti Kabupaten Teluk Bintuni dan daerah potensial lainnya.

Sebab Universitas Papua atau Unipa merupakan lembaga pendidikan tinggi tuan rumah di Papua Barat sehingga harus lebih banyak berperan dalam rencana dan program pembangunan di Tanah Papua dan lebih khusus di Teluk Bintuni ketimbang universitas lainnya di Indonesia, ungkap Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT saat dirinya bersilaturahmi ke Rektorat Universitas Papua (UNIPA), Senin (24/01/2022) diterima Wakil Rektor I Unipa Dr. Sepus M. Fatem,S.Hut, M.Si di ruang kerjannya.

Bupati Bintuni yang juga Ketum DPP IKA Unipa Ir. Petrus Kasihiw,MT saat bersilaturahmi dengan Pimpinan Rektorat Unipa di Ruang Kerja Wakil Rektor I. IP-IST

Demikian siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni Dominggus Pattykawa, S.Sos, Senin (24/01/2022) kepada media ini di Bintuni.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Alumni Unipa membahas sejumlah hal seperti pengembangan SDM untuk persiapan dalam rangka mengelolah sumber daya alam (SDA) di Teluk Bintuni hingga dukungan Akreditasi Kampus Unipa.

Saya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Unipa memiliki tanggung jawab untuk berkoordinasi dengan pihak civitas untuk mendorong supaya adanya peningkatan akreditasi kampus Universitas Papua (Unipa) disamping ada upaya-upaya lain yang kami lakukan, jelas Petrus Kasihiw.

Ketua umum DPP IKA Unipa itu juga menjelaskan bahwa dirinya telah mendapat kepastian tentang lokasi akan dibangunnya Auditorium Alumni Unipa dan segera akan disampaikan setelah diputuskan dalam Rapat Senat Universitas Papua nanti.

“Karena pembangunan auditorium alumni ini sudah ditunggu lama untuk diselesaikan dalam masa jabatan Ketua umum IKA Unipa yang akan berakhir pada bulan November 2022 mendatang, ujar Kasihiw.

Sementara Wakil Rektor I Unipa Dr Sepus M. Fatem,S.Hut.,M.Si menyampaikan apresiasi kepada Bupati Teluk Bintuni atas kunjungan silaturahmi di kampusnya untuk membahas terkait pengembangan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia di negeri Sisar Matiti. Serta program kerja DPP IKA Unipa soal pembangunan Auditorium Alumni Unipa dimana Bupati Teluk Bintuni n juga sebagai Ketua Umum IKA Unipa.

Wakil Rektor I Unipa itu menjelaskan bahwa ada satu agenda besar yang akan diselenggarakan oleh pihak Unipa bertepatan dengan Dies Natalies ke-22 pada tanggal 03 November 2022 mendatang.

Yaitu Mubes yang dirangkaikan dengan Festival Seni Budaya dan Expo Pendidikan, Internasional Converence, Pasar Murah serta Lounching Usaha Murah dan Lomba Cipta Mars Unipa yang diharapkan event besar dibuka olah Presiden Jokowi bersama kementrian terkait.

Kita juga akan atur satu agenda untuk hadirnya para alumni yang sudah sukses di berbagai level kerja baik di birokrasi, legislatif, dunia usaha di Papua maupun di luar Papua, datang berbagi peran kepada adik-adik mahasiswa untuk bagaimana menatap masa depan serta menitih karier kemudian mengembangkan diri karena tantangan pasar kerja kedepan besar, ujarnya.

Dr. Sepus M. Fatem juga mengatakan bahwa melalui event besar tersebut diharapkan dapat membawa Unipa untuk menuju akreditas unggul, kemudian pada Dies Natalis ke-22 ini Unipa mewujudkan level yang lebih tinggi sehingga pemerintah dan masyarakat juga tahu bahwa lembaga pendidikan tinggi ini mempunyai karya membangun pendidika di Tanah Papua, pungkasnya. (03-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *