Ini Harapan Presiden RI Kepada Polri Yang Kini Berusia 77 Tahun

Bagikan berita ini

Visits: 15

                          Ini Harapan Presiden RI Kepada Polri Yang Kini Berusia 77 Tahun

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Ini harapan Presiden kepada Polisi Republik Indonesia (RI) disinya yang ke-77. Presiden Ir. H. Joko Widodo mengawali pidatonya dengan mengatakan Salam Presisi kepada Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia.

“Pertama-tama saya mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-77 Selamat menjalankan amanat mulia, selamat mengabdi kepada rakyat bangsa dan negara.

Setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan rakyat wajib memelihara keamanan dan ketertiban, wajib menegakkan  hukum dan keadilan, wajib melindungi, mengayomi dan melindungi masyarakat.

Karena setiap saat Polri diawasi rakyat, gerak-gerik Polri tidak bisa ditutupi lagi. Hati-hati bisa direkam dan disebarluaskan. Setiap saat kepercayaan terhadap Polri akan selalu diuji,” ungkap Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77, 01 Juli 2023 yang dibacakan Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar, SH, Sabtu (01/07/2023.

Pada saat dirinya menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 yang berlangsung di Halaman Markas Komando Polres Teluk Bintuni di Iguriji SP-5 Distrik Bintuni Timur.

Presiden Jokowi yang disayangi rakyatnya itu  mengatakan, survey seberapa tinggi kepercayaan rakyat terhadap Polri. “Saya sedikit senang ada peningkatan kepercayaan rakyat terhadap Polri. Dimana di awal tahun 2023 sekitar 60 persen dan saat ini sudah di atas 70 persen.

Ini perkembangan baik tetapi masih jauh dari harapan karena masih banyak keluhan terhadap Polri yang perlu ditindaklanjuti dengan cepat.

Oleh karena itu Polri harus terus memperbaiki diri, terus berbenah, harus terus melakukan reformasi,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa walaupun pamdemi covid-19 telah selesai namun banyak tugas yang menanti. “Semua program pemerintah perlu dukungan Polri, dukungan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dukungan penegakan hukum dan keadilan sera berbagai pelayanan yang melibatkan Polri. Saya ingin menekankan beberapa hal kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri juga besar.

Oleh sebab itu harus digunakan secara benar, selurus-lurusnya dan seadil-adil-adilnya jangan ada yang salah gunakan, jangan ada yang belok-belokkan, jangan ada lagi persepsi ada tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Lindungi masyarakat bawah, berikan kepastian hukum, berikan kepastian berusaha, berikan kepastian berinvestasi,” ujar Presiden RI.

Presiden RI juga mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi Polri semakin berat, masalah Kamtibmas harus dikawal ketat. “Apalagi kita sudah masuk tahapan Pemilu, pencegahan harus diutamakan, dan kita harus mengawal program prioritas nasional termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Selain itu antisipasi tindak kejahatan yang semakin canggih menggunakan teknologi terbaru, antisipasi kejahatan lintas negara. Kulitas layanan masyarakat juga semakin tinggi. Masyarakat harus menikmati rasa aman, merasakan keadilan, merasakan pelayanan yang lebih baik. Merasa diayomi, merasa dilindungi.

Semua ini membutuhkan kesiapan, membutuhkan kecepatan, membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknomogi, membutuhkan inovasi.

Institusi Polri diibaratkan seperti sapu lidi masing-masing lidi harus bersih, harus lurus dan kuat serta semua batang lidi harus diikat bersatu padu, bersinenergi, tidak boleh ada blok-blokan lagi, tidak boleh ada patron-patronan lagi,” terang Presiden Jokowi.

Presiden RI dua periode itu juga menjekaskan bahwa kualitas SDM harus dijaga sedini mungkin yaitu sejak rekrutmen, system promosi harus diperbaiki, pengawasan harus diperketat, pendisiplinan harus diperkuat tidak pandang buluh.

Pimpinan harus bersih, harus jadi tauladan yang berwibawa dan dihormati. Saya minta kepada saudara-saudara untuk menjadi Bhayangkara sejati untuk mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, kepada bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia. Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia,” tutur Presiden RI menutup pidatonya.

Pantauan media ini upacara Peringatan Hari Bhayangkara di Mako Polres Teluk Bintuni berjalan lancar dan penuh khidmat yang diikuti seluruh Kesatuan TNIdan Polri, Satpol PP Teluk Bintuni.

Pada upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 itu juga dilaksanakan penmyerahan penghargaan kepada personil Polres Teluk Bintuni yang berprestasi yaitu Keputusan Kapolres Nomor : Kep 15/ VI/2023 tentang pemberian penghargaan kepada personil Polres Teluk Bintuni yaitu pertama, Ipda Gatot Susanto, SH prestasi atas dedikasi disiplin, rajin, tanggap, loyalitas serta Ikhlas menjelankan tugas kepolisian.

Kedua, Bripka Wirandi Utomo perestasi atas dedikasi sebagai juara 3 pelayanan public bidang lalu lintas regident jajaran Polda Papua Barat dan ketiga Bripda Jermi Alexandor Christian  Lie ELwan atas deduikasi sebagai juara II lomba design Logo Hut Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2023.

Sedangkan tamu undangan yang hadir Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH, Ketua DPRD, Komandan Brigif , Dan Yonif 763/SBA Bintuni, Dandim 1806 Teluk Bintuni, Dan POM, para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Teluk Bintuni, pimpinan BUMD, BUMN, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan serta tokoh pemuda.  (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *