Kodim 1806 Teluk Gelar Donor Darah Dalam Rangka Peringati Hari Juang TNI Ke-78

Bagikan berita ini

Visits: 1

Kodim 1806 Teluk Gelar Donor Darah Dalam Rangka Peringati Hari Juang TNI Ke-78

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Sambut Hari Juang TNI AD Ke-78, Kodim 1806/Teluk Bintuni Gelar Bakti Sosial Donor Darah.

Hari juang TNI AD ke-78 yang diperingati setiap tanggal 15 Desember setiap tahun, dimana tahun ini Kodim 1806/Teluk Bintuni, Selasa (12/12/2023) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah yang berlangsung di Makodim 1806/Teluk Bintuni.

Komandan Kodim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Arh Patrick Arya Bima, SIP
mengatakan bahwa kegiatan donor darah itu merupakan salah satu wujud kepedulian dan kepekaan Kodim 1806/Teluk Bintuni terhadap berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat dimasa ini khususnya kebutuhan darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Lanjut Dandim 1806/Teluk Bintuni, bahwa kegiatan donor darah itu melibatkan TNI Polri dengan jumlah 100 orang pendonor diantaranya personel Kodim 30 orang , Yonif 763/SBA 20 orang.

“Ditambah dari personil Polres Teluk Bintuni 20 orang , Brigif 26/GP 20 orang serta Satpol PP 10 orang  dengan menghasilkan total 93 kantong darah. Namun 7 orang memiliki HB rendah sehingga tidak bisa melakukan transfusi darah.

Selain itu petugas Kesehatan/PMI 5 orang juga ikut mendonorkan darah yang dipimpin dr. Johan Sp.K.

Kegiatan baik ini merupakan upaya Kodim 1806/Teluk Bintuni dalam rangka memperingati hari Juang Kartika TNI AD dengan tema ” TNI AD MAJU BERSAMA RAKYAT ” untuk mendukung pemerintah guna pemenuhan ketersediaan darah, terutama dimasa sekarang ini jumlah darah yang tersedia di RSUD Teluk Bintuni cenderung menurun.

Sedangkan kebutuhan darah di masyarakat khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni cenderung meningkat,” terang Komandan distrik militer wilayah Teluk Bintuni itu.

Dandim Bintuni itu juga menambahkan bahwa setetes darah yang kita donorkan, dapat menyelamatkan jiwa orang lain yang sedang membutuhkan.

“Selain itu, donor darah ini juga akan membuat sehat bagi pendonor itu sendiri karena tubuh pendonor akan kembali memproduksi darah baru sehingga kondisi kesehatannya akan semakin baik,” papar Letkol Patrick Arya Bima.

Selanjutnya, Orang nomor satu di Kodim 1806/Teluk Bintuni ini berharap, kegiatan positif seperti ini dapat terus ditingkatkan, agar dapat menggugah hati masyarakat pada umumnya dan keluarga TNI pada khususnya, untuk senantiasa berempati terhadap berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

Pantauan media ini para pendonor, sebelumnya mengikuti tahapan-tahapan saat mendonorkan darah, diantaranya tahap registrasi, mengisi formulir pendaftaran dan kuisioner kesehatan.

Dilanjutkan tahap pemeriksaan pendahuluan, tahap pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis,
tahap pengambilan darah donor, tahap administrasi, selanjutnya tahap pemulihan para pendonor darah. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *