Siap Laksanakan PSU Di 5 TPS, H-1 KPU Bintuni Dapat Kiriman 1.500 Surat Suara Dari KPU Provinsi PB

Bagikan berita ini

Visits: 31

Siap Laksanakan PSU Di 5 TPS, H-1 KPU Bintuni Dapat Kiriman 1.500 Surat Suara Dari KPU Provinsi PB

 

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Logistik Surat Suara dan formulir-formulir untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yaitu TPS 03 kampung Argosigemerai, TPS 08 kampung Argosigemerai, TPS 12 kampung Argosigemerai, TPS 03 kampung Beimes, TPS 14 Kelurahan Bintuni Timur.

Dimana logistik itu sudah diajukan ke KPU Provinsi Papua Barat dan sudah disiapkan oleh penyedia dan akan tiba H-1 pelaksanaan PSU, yaitu Jumat (23/2/2024).

“Karena kita KPU Kabupaten Teluk Bintuni kekurangan logistik Surat Suara maka kami sudah mengajukan surat suara ke KPU Provinsi dan penyedia sudah menyiapkan dan pada hari ini Jumat (24/2/2024) tiba di Bintuni.

Menyangkut jumlah surat suara yang kami pesan ada sebanyak 1.500 Surat Suara dan jumlah surat suara yang akan di drop ke TPS itu sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang ada pada masing-masing TPS tersebut,” ungkap Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara KPU Kabupaten Teluk Bintuni Deni Dorinus Airory, Jumat (23/2/2024).

Ketika dirinya sedang memonitoring di TPS 03 Argosigemerai SP5 distrik Manimeri salah satu TPS pemungutan suara ulang (PSU) dari 5 TPS yang akan dilaksanakan PSU.

Lanjut, Deni Airory bahwa kesiapan dari 5 TPS yang akan melaksanakan PSU yaitu semua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah siap melaksanakan PSU, Sabtu (24/2/2024).

“TPS-TPS-nya sudah mereka siapkan, pendistribusian formulir c atau undangan kepada pemilih sudah dilakukan oleh masing-masing TPS

Dimana sejak kemarin formulir c sudah KPU berikan kepada KPPS untuk di distribusikan kepada pemilih pada hari ini Jumat (23/2)2024),” ujar Airory.

Airory ketika dicecar terkait pleno tingkat distrik mengatakan bahwa pleno tingkat distrik Manimeri sudah selesai.

Sedangkan pleno tingkat distrik Bintuni belum selesai dan masih dalam tahap proses pleno karena jumlah TPS-nya cukup banyak yaitu ada 90 TPS.

“Dan saat ini jumlah TPS yang sudah dipleno di tingkat distrik Bintuni baru 30 TPS. Diantaranya Bintuni Barat, Wesiri, Masina dan Beimes dan saat ini mereka sedang memplenokan TPS-TPS yang ada di Kelurahan Bintuni Timur.

Sementara pleno rekapitulasi dan penghitungan suara di distrik- distrik lainnya juga telah dilaksanakan pleno,” terangnya.

Divisi Sosdikli Parmas dan SDM serta Tehnis Penyelenggara KPU Bintuni itu juga menjelaskan bahwa terkait Pleno Rekapitulasi dan Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten sesuai jadwal itu akan dilaksanakan dari tanggal 17 Februari hingga berakhir pada tanggal 03 Maret 2024.

“Sedangkan jadwal pleno oleh KPU Bintuni akan dilaksanakan mulai pada tanggal 28 Februari 2024.

Usai pemungutan dan penghitungan suara di TPS-TPS dilanjutkan dengan pleno di tingkat distrik tidak ada kendala semua berjalan lancar.

Dengan adanya PSU ini menjadi pelajaran penting bagi kita semua agar pemilu-pemilu berikutnya tidak ada lagi PSU-PSU,” harap Airory.

Secara terpisah, Ketua KPPS TPS 08 salah satu TPS tempat pemungutan suara ulang (PSU) di Argosigemerai SP5 distrik Manimeri, Jama Atun kepada wartawan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa TPS 08 Argosigemerai sudah siap melaksanakan PSU pada Sabtu (24/2/2024) yang akan berlangsung mulai pukul 08.00 Wit pagi sampai dengan pukul 12.00 Wit siang.

“Semoga kita tidak begadang sampai subuh, ” harap Ketua KPPS TPS 08 Argosigemarai itu.

Jama Atun juga menjelaskan bahwa sejak pagi pihaknya selaku KPPS telah menyalurkan formulir c atau undangan sebanyak 211 lembar sesuai jumlah DPT yang ada, sekarang kami sedang melakukan persiapan membenahi TPS.

“Sebagian dari petugas sedang mengantar langsung undangan kepada pemilih atau yang mempunyai hak suara di TPS 08 ini.

Tetapi ada sebagian pemilih di TPS ini datang langsung mengambil undangan  ke sini,” tutur ketua KPPS TPS 08 Argosigemarai itu.

Untuk logistik surat suara dan formulir dari KPU Teluk Bintuni, kata ketua TPS 08 itu akan di terima besok pagi atau Sabtu (24/2/2024) pagi.

“Saya berharap semoga pelaksanaan Pemungutan suara ulang (PSU) dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib dan tidak tidak ada halangan,” sebutnya. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *