Keindahan Bintuni “Surga” Tersembunyi Di Papua Cocok Dikembangkan Destinasi Wisata Kuliner

Tim dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan Tim dari Institut Pertanian Bogor ketika berkunjung ke Bintuni takjub memandang keindahan senja di areal persawahan Kampung Waraitama SP-1 distrik Manimeri Teluk Bintuni. IP-IST
Bagikan berita ini

Views: 67

BINTUNI,  InspirasiPapua.id- Baru- baru ini Tim dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI) dan Tim Institut Pertanian Bogor (IPB) takjub memandang keindahan senja dari persawahan Kampung Waraitama SP-1 distrik Manimeri.

Turut dalam rombongan ketika meninjau lahan persawahan milik warga Kampung Waraitama Herman Ruban mengatakan
semua orang yang ada dalam tim itu menyukai senja yang muncul pada hari itu (sumber tidak menyebutkan tanggal dan harinya_red).

Nampak ketika orang mengunjungi pulau Masina dengan mengunakan perahu atau long boot. IP-IST

Saat berbincang-bincang dengan wartawan, Herman Ruban yang berprofesi sebagai wiraswasta itu mengatakan tim yang berasal dari luar Kabupaten Teluk Bintuni bahkan dari luar Provinsi Papua Barat itu terkagum-kagum dengan keindahan Senja yang muncul di hari itu,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Teluk Bintuni tersebut, Kamis (06/10/2022) di salah satu Warkop di Bintuni.

Keindahan senja di persawahan kampung Waraitama SP-1 Manimeri. (IP-IST)

“Mereka mengabadikan senja itu dengan berfoto bersama,” kata Herman Ruban sembari menunjukkan hasil dari jepretan handphonenya.

Kemudian di hari berikutnya, juga menceritakan tentang keindahan yang membuat warga di luar Bintuni terkagum-kagum ketika dia membawa tim ke Kampung Masina.

Nampak pulau Masina yang indah ditumbuhi pohon mangrove. IP-IST

“Saya membawa rombongan ke kampung Masina untuk melihat potensi pengembangan budidaya ikan , seperti mujair, nila dan lainnya. Setelah tiba disana , mereka memuji tempat itu dan mengatakan ini cocok untuk di jadikan destinasi wisata kuliner,” ungkapnya.

Herman Ruban juga mengatakan, rombongan tim juga menyempatkan diri untuk mengabadikan keindahan itu, dengan berfoto.

Nampak tim Kementrian Tenaga Kerja dan IPB Bogor fos3 bersama saat mengunjungi pulau Masina. (IP-IST)

” Saat ini tim sedang berada di distrik Merdey untuk mengumpulkan data dan menggali potensi-potensi apa yang pantas untuk di kembangkan di Teluk Bintuni ini “yuk terang pria yang biasa disapa Heri itu.

Menurutnya banyak peluang dan lokasi yang berpotensi menjadi tempat wisata. Akan tetapi belum di kelola baik oleh Pemeintah Kabupaten Teluk Bintuni.

Di Teluk Bintuni ini ada hutan Mangrove atau hutan bakau seluas 225.367 hektar atau 52 persen dari total keseluruhan hutan bakau di Papua Barat.

“‘itu menjadi modal untuk mengembangkan potensi wisata di daerah yang di juluki Tanah Sisar Matiti yang kita cintai ini ” ujar Heri Ruban.

Untuk di ketahui dari data yang di kutip dari Wikipedia Kabupaten Teluk Bintuni adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua Barat, Indonesia. Teluk Bintuni menjadi kabupaten terluas di Papua Barat, dengan luas 18.637,00 km2.

Potensi daerah yang terbesar dari Kabupaten Teluk Bintuni adalah sektor pertanian, kelautan dan pertambangan. Untuk sektor yang lain yaitu perikanan, perkebunan, industri migas yaitu LNG. (01,02-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *