IWARA Bintuni Gelar Sosialisasi Penyuluhan Peran Keluarga Dalam Penanggulangan Stunting Dan Gizi Buruk

Bagikan berita ini

Visits: 87

IWARA Bintuni Gelar Sosialisasi Penyuluhan Peran Keluarga Dalam Penanggulangan Stunting Dan Gizi Buruk

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Ikatan Wanita Rakyat (WARA) Teluk Bintuni menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peran keluarga dalam pencegahan dan penanggulang stunting serta gizi buruk, Senin (27/11/2023) di Gedung WCC Bintuni.

 

Tampil sebagai Narasumber utama dalam kegiatan ini melibatkan Ibu Yunani Kondolele, SKM., dr. Rafiqa Rais Akbar, Sp. A, dan Jane M. FImbay, S. Pd. Ibu dr. Rafiqa Rois memberikan perspektif tentang pencegahan dan penanganan stunting serta gizi buruk pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Sementara itu, Ibu Yunani Kondolele membahas penerapan pola makan keluarga, dan Ibu Jane M. Fimbay membahas program dan kebijakan strategis pemerintah dalam peningkatan peran perempuan dalam pencegahan stunting dan gizi buruk.

Tenaga Ahli Pendamping IWARA, Fajar Kukuh, menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu dari berbagai organisasi, termasuk Ibu-ibu Bhayangkari, Ibu-ibu Persit, serta tenaga pendidikan.

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Bapak Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, SHSH juga sebagai ketua tim penanganan stunting di Kabupaten Teluk Bintuni.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Yohanes Pongtuluran, dan Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni , Ayor Kosepa juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, menunjukkan dukungan terhadap upaya pencegahan stunting dan gizi buruk di wilayah tersebut.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Teluk Bintuni dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting serta gizi buruk.

Sebelum dibuka oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, dalam laporannya, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni, Yohanes Pongtuluran mengatakan, Lembaga DPRD mendukung penuh kegiatan Istri-istri Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni atau Ikatan Wanita Rakyat ( IWARA) Kabupaten Teluk Bintuni merasa terpanggil untuk bergandengan tangan dengan pemerintah dan semua stakeholder beserta kekuatan masyarakat untuk mencari solusi terbaik untuk penanganan stunting dan gizi buruk.

Dengan ini IWARA melaksanakan kegiatan dengan tema “Pekan Iwara peduli penanganan stunting dan gizi buruk yang dilaksanakan dari tanggal 26 November sampai dengan 02 Desember 2023 ” dengan melakukan penyuluhan dan pembagian paket sembako kepada masyarakat,” jelas Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Teluk Bintuni.

Peserta terdiri dari guru TK, Guru Sekolah Dasar, penggerak posyandu, dan perwakilan organisasi masyarakat Jelas Yohanes Pongtuluran.

Sedangkan sumber pendanaan, berdasar dari Kas IWARA Kabupaten Teluk Bintuni yang bersumber dari dana hiba pemerintah daerah melalui kantor Kesbangpol dan linmas Kabupaten Teluk Bintuni tahun anggaran 2023,” jelas Yohanes.

Atas tercapainya kegiatan ini Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni beserta pengurus IWARA mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Ketua Tim Penanganan Stunting Kabupaten Teluk Bintuni , Kepala Dinas BPKAD, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Bintuni, dan kepala Badan Kesbangpol,” ujar Yohannes Pongtuluran.

Selanjutnya Wakil Bupati Teluk Bintuni membuka kegiatan IWARA Kabupaten Teluk Bintuni dengan menabuh tifa sebanyak delapan kali, pada kesempatan itu Ketua Tim Pencegahan Stunting di Kabupaten Teluk Bintuni itu, mengucapkan terimakasih kepada polisi RW dan Babinsa.

Wakil Bupati menjelaskan dimana mereka melakukan jemput bola untuk mengajak Ibu-ibu, sehingga saat ini Kabupaten Teluk Bintuni menduduki peringkat kedua dalam penanganan stunting di provinsi Papua Barat.

Wakil Bupati juga mengajak agar kaum Bapak dapat mendukung kaum Ibu untuk menurunkan kasus stunting. Agar kita bisa menduduki peringkat pertama penanganan stunting di Provinsi Papua Barat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja dan mendukung penanganan stunting di Kabupaten Teluk Bintuni. ” pungkas Matret Kokop.

Nampak kurang lebih 160 orang peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yangvdigelar IWARA Bintuni.

Diakhir kegiatan IWARA Bintuni membagikan hadiah doorprice berupa dispenser, kipas angin, mesin cuci dan kulkas kepada peserta yang beruntung.

Setiap peserta juga mendapatkan sertifikat dan uang transportasi. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *