Views: 9
BINTUNI, InspirasiPapua.id– Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menggelar bekerja sama dengan BPKP Perwakilan Papua Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SIMDA Next G Berbasis Web Financial Management Information System (FMIS) yang berlangsung di Aula Stenkool Hotel, Senin (25/04/2022).
Wakil Bupati Matret Kokop ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Aplikasi SIMDA merupakan aplikasi yang sudah akrab dengan dengan mereka yang sehari-hari bertugas di bidang keuangan daerah.
“Karena SIMDA sendiri sudah dibangun oleh BPKP sejak tahun 2003 dan digunakan secara masif oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia dengan dukungan pengembangannya.
Diantaranya yang tidak asing lagi bagi kita yaitu SIMDA BMD, SIMDA Gaji, SIMDA Pendapatan, SIMDA Perencanaan dan SAKIP serta Cash Management System,” ungkap Wakil Bupati Matret Kokop.
Wabup Bintuni itu juga menuturkan bahwa selain sebagai alat untuk mengawal akuntabilitas dan mempermudah proses pengelolaan keuangan pemerintah daerah mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan.
“Selama ini SIMDA juga digunakan antara lain untuk pertukaran data dengan pihak Perbankan, Kementerian Keuangan dan LKPP. Adapun aplikasi SIMDA Next G atau yang dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS).
Merupakan produk dari perubahan regulasi yang menuntut SIMDA untuk melakukan penyesuaian dan perubahan menjadi aplikasi berbasis web yang memungkinkan untuk berbagi pakai infrastruktur dan berbagi data, aplikasi ini sendiri baru saja dirilis tahun 2021 lalu sehingga di kabupaten Teluk Bintuni juga dipandang perlu untuk dilakukan pengenalan dan bimbingan teknis agar lebih mempermudah pemahaman dan tata cara penginputannya.
Dalam rangka memperkenalkan aplikasi SIMDA Next-G Berbasis Web (FMIS), BPKAD Teluk Bintuni bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMDA berbasis Web.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mensosialisasikan serta melatih tata cara input data anggaran pada aplikasi SIMDA (FMIS),” papar Wabup Bintuni.
Matret Kokop juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan Bimtek itu adalah sebagai sarana alih pengetahuan dan implementasi modul FMIS yang sudah dikembangkan oleh BPKP dan diterapkan di sejumlah daerah sehingga diharapkan dapat diterapkan dengan baik di Teluk Bintuni sesuai kebutuhan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
“Sehingga saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan saksama dan tekun hingga selesai oleh setiap peserta agar segala informasi dan tata cara penggunaan aplikasi ini dapat diserap, dipelajari dan dilatih dengan baik.
Untuk dapat menjadi motor pengimplementasian FMIS Tahun 2022 yang dapat menunjang tugas-tugas penyelenggaraan keuangan daerah yang lebih akuntabel ke depan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Serta mengusahakan manajemen keuangan daerah yang akuntabel yang merupakan salah satu usaha kita bersama dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing,” ujar Wabup Matret Kokop.
Kegiatan Bimtek Aplikasi SIMDA Next G Berbasis Web Financial Management Information System itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni yang ditandai dengan menabuh tifa beberapa kali.
Hadir dalam acara pembukaan Bimtek, Asisten III Sekda Teluk Bintuni Izaac Laukoun, SH, MH, Plt. Kepala BPKAD Kabupaten Teluk Bintuni Laras Nuryani, SE, MM serta fasilitator dari BPKP.
Serta diikuti oleh para bendahara-bendahara serta operator yang ada di OPD-OPD di lingkup Pemda Teluk Bintuni. (04-IP)