SMP N Terpadu Bintuni Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pancasila Terbagi 3 Tema Kegiatan

Bagikan berita ini

Visits: 25

SMP N Terpadu Bintuni Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pancasila Terbagi 3 Tema Kegiatan

BINTUNI, InspirasiPapua.id- SMP Negeri Terpadu Bintuni menggelar karya projek penguatan profil Pancasila yang terbagi 3 tema yang merupakan bagian dari kurikulum Merdeka.

“Ketiga tema kegiatan terserbut meliputi kegiatan suara demokrasi, kegiatan hidup berkelanjutan serta kegiatan kearifan lokal.

Pada kegiatan yang bertemakan suara demokrasi yaitu siswa-siswi SMP N Tewrpadu melakukan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS yang dilakukan persis seperti saat dilakukan Pemilihan umum atau Pemilu.

Dimana sebelum dilakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS itu diawali dengan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Sekretaris KPU Teluk Bintuni.

Lalu dilakukan pemilihan Ketua OSIS alat peraga pemilihan yang gunakan berasal dari bantuan KPU Teluk Bintuni.

Dimana saat pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP Negeri Terpadu itu menggunakan bilik suara, kotak suara dan setelah memilih ketua maupun wakil ketua OSIS itu jari kelingking juga diberikan tinta,” tutur Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Karya Projek Penguatan Profil Pancasila Bagian Dari Kurikulum Merdeka, Christian Lausidi, Senin (04/3/2024) kepada wartawan bertempat di SMP Negeri Terpadu Bintuni.

Lanjut Christian kegiatan kedua yaitu bertema Gaya Hidup Berkelanjutan Dimana para siswa membuat produk-produk atau karya kerajinan tangan dari bahan-bahan plastic serta bahan bekas berupa botol plastik dengan menghasilkan produk-produk seperti bingkai foto, gantungan kunci serta kerajinan lainnya.

“Kemudian kegiatan ketiga bertemakan Kearifan Lokal Dimana para siswa SMP N Terpadu membuat produk-produk berupa mahkota dari kulit pohon atau kayu, makanan dan minuman yang dihasilkan seperti papeda itu dimodifikasi menjadi espedas atau es papeda yang selama ini kita kenal dengan makanan khas papeda,” terang Christian.

Christian yang juga merupakan salah satu guru SMPN Terpadu yang terlibat dalam kegiatan tersebut juga menyebutkan bahwa anggaran kegiatan dari ketiga kegiatan tersebut berasal dari dana sekolah yang sudah disediakan posnya.

“Jadi dana dana dari luar sekolah itu tidak ada. Kegiatan ini sasarannya adalah siswa-siswi kelas 7 dari SMP Terpadu Bintuni yang mengisi acara mulai dari pembawa acara atau MC hingga mereka sendiri yang lakukan presentasi produk-produk yang mereka telah buat,” tambah Chrisrian. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *