Busana Kulit Kayu Wandei Jadi Produk Andalan Kwarcab 3309 Teluk Bintuni Di Jamnas XI

Produk andalan Kwarcan 3309 Bintuni yaitu busana adat masyarakat berupa baju dan celana panjang dari kulit kayu Wandei akan ditampilkan di Jamnas XI. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 3

SORONG, InspirasiPapua.idDalam rangka pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) XI Cibubur tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 14-21 Agustus 2022.

Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) 3309 Teluk Bintuni selain mengikuti kegiatan kepramukaan juga akan mengikuti pameran budaya pada Jambore Nasional XI Cibubur. Pada pameran itu nantinya akan memamerkan budaya adat istiadat dan produk andalan masing-masing daerah

Pelatih sekaligus Narator Pameran Kwarcab 3309 Teluk Bintuni Frederika Kindewara, SH didampingi koordinator Pameran Yustinus Titioka, SE menyampaikan pelaksanaan Jambore Nasional XI tahun 2022 Cibubur akan melaksanakan berbagai kegiatan.

“Sesuai dengan jadwal kegiatan akan dimulai pada tanggal 14 Agustus dan penutupan tanggal 21 Agustus 2022.

Khusus pada pelaksanaan pameran budaya dan kearifan lokal Kwarcab 3309 Teluk Bintuni akan memamerkan kekayaan alam Teluk Bintuni melalui produk-produk andalan daerah  yang belum dimiliki daerah lain di Provinsi Papua,Papua Barat.

Adapun produk andalan yang akan ditampilkan pada pameran itu selain karnaval budaya busana adat 7 (Tujuh) suku Teluk Bintuni juga menampilkan noken (Tas) yang  terbuat dari  kulit kayu.Busana adat masyarakat Bintuni baju dan celana panjang  dari kulit kayu Wandei.

Selain itu juga terdapat produk  perabot Rumah tangga seperti tablak meja, keset kaki menjadi produk andalan kwarcab 3309 Teluk Bintuni pada pameran tersebut,” terang Kindewara.

Lanjut Frederika menjelaskan selain produk busana dari kulit kayu juga memamerkan produk andalan lainnya seperti stek bahan baku kepiting,udang.

“Selain itu juga stek baku sayur-sayuran seperti bayam,sawi,kangkung dan bunga pepaya.Dengan demikian adek-adek peserta Pramuka kwarcab 3309 Teluk Bintuni dilatih bukan hanya kepramukaan jasmani dan rohani juga dilatih kearipan lokal sebagai budaya adat istiadat 7 (Tujuh) suku Teluk Bintuni dilestarikan.Seraya ditambahkannya melalui pameran jambore nasional XI Cibubur apabila ada yang berminat dapat menghubungi kwarcab 3309 Teluk Bintuni.” ujarnya.

Perlu diketahui kontingen Kwarcab 3309 Teluk Bintuni akan bergabung dengan kwarcab-Kwarcab Papua dan Papua barat di kota Sorong yang dilepas oleh Gubernur Provinsi Papua Barat Paulus Warterpauw (06/08/2022).

Selanjutnya duta-duta Provinsi Papua Barat akan bertolak ke Surabaya dengan menumpang KM.Labobar. (02-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *