Alfons Manibuy, Sosok Mantan Birokrat Serta Politisi Dan Pemimpin Yang Sudah Matang Siap Dipakai Di DPR RI

Alfons Manibuy, mantan birokrat dan politisi serta pemimpin yang sudah matang dan siap dipakai di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Serta sosok pemimpin yang rendah hati dan memiliki sikap dan perilaku sopan serta berkarakter kuat. (foto : ist-ip)
Bagikan berita ini

Views: 51

Alfons Manibuy, Sosok Mantan Birokrat Serta Politisi Dan Pemimpin Yang Sudah Matang Siap Dipakai Di DPR RI

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Yan Christian Warinussy, SH, MH selaku advokat senior dan pembela hak azasi manusia di Tanah Papua yang namanya  sudah dikenal di tingkat nasional maupun dunia itu ketika dimintai pendapatnya soal sosok drg.Alfon Manibuy, DESS (AM) menceriterakan bahwa  dirinya mengenal lebih dekat Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat drg.Alfons Manibuy, DESS dari partai Golongan Karya (Golkar) itu sejak pertengahan tahun 2004.

“Dimana ketika itu akan digelar acara Gelar Tikar Adat di Kampung Sasari, Distrik Aranday, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Saya sempat duduk dan berdiskusi dengan Pak Alfons Manibuy (AM) dalam perjalanan dengan menumpang kapal laut dari Pelabuhan Laut Bintuni ke Aranday.

Banyak yang kami percakapkan saat itu, tetapi saya mengenal beliau (AM), sebagai salah satu sosok pemimpin yang rendah hati serta memiliki sikap dan perilaku sopan, berkarakter kuat  sebagai calon pemimpin masa depan saat itu.

Ketika itu Pak AM sudah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Bintuni. Saya sempat menyaksikan saat gelar tikar adat di Aranday, pak AM sempat diinterupsi dan disuruh duduk oleh salah satu pembicara yang juga adalah tokoh masyarakat setempat.

Dimana Pak AM dengan sabar kemudian mengikuti perkataan dan “perintah” sang tokoh masyarakat tadi. “Biarkan saja pak Yan, nanti suatu saat beliau akan sadari sendiri kata-kata-nya itu,” ujar AM ketika saya menyambanginya di akhir pertemuan itu.

Kerendahan hati dan kesabaran Pak AM terbukti setahun kemudian ketika dia secara resmi terpilih sebagai Bupati Teluk Bintuni periode 2005-2010.

Dimana kala itu saya telah dipilih AM menjadi pengacaranya dan kemudian menjadi Pengacara Bupati Teluk Bintuni,” ungkap Advokat Handal Tanah Papua Yan Christian Warinussy, SH, MH Sabtu (27/1/2024) ketika menuturkan Sosok drg, Alfons Manibuy, DESS kepada media ini melalui media sosial whatsApp di Bintuni.

Lanjut Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari itu Yan Warinussy mengisahkan bahwa selama 2 (dua) periode Alfons Manibuy memerintah Kabupaten “Sisar Matiti” Teluk Bintuni, semua infrastruktur penting seperti jalan raya dalam kota Bintuni maupun jalan trans Papua Barat yang menghubungkan kota Bintuni dengan kota di luar, misalnya Manokwari.

Serta sarana pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, sekolah, kantor pemerintah daerah serta penyiapan lahan hingga pembangunan Mapolres Teluk Bintuni. Semuanya terjadi saat AM menjadi Bupati Teluk Bintuni.

AM juga setahu saya telah menyiapkan lahan hingga dibangunnya Kantor Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni.

Bahkan AM sebagai Bupati Teluk Bintuni ketika itu juga telah menyiapkan lahan bagi rencana pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Bintuni. Jadi saya menilai AM adalah mantan birokrat dan politisi serta pemimpin yang sudah matang dan siap dipakai di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Pengalaman AM selama dua periode yaitu periode 2005-2010 dan 2010-2015 sebagai Bupati Teluk Bintuni memimpin seluruh proses pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten “Sisar Matiti” Teluk Bintuni ini, sudah cukup menjadi modal penting rakyat Kabupaten Teluk Bintuni untuk menaruh kepercayaan kepada AM untuk maju ke Senayan, Jakarta atau Gedung MPR-DPR RI,” papar Yan Warinussy.

Advokat yang cerdas dan berani itu juga mengatakan bahwa contoh yang baik dan teladan kepemimpinan AM sebagai pemimpin kiranya dapat meyakinkan para pemilih di Papua Barat untuk menaruh kepercayaan suara dan aspirasi politiknya di Kursi DPR RI pada figur pribadi seorang AM.

“Saya pribadi mau menjadi Advokat dan Pengacara bagi Alfons Manibuy ketika menjabat Bupati Teluk Bintuni dahulu.

Dan kini sebagai calon Anggota DPR RI, karena AM konsisten dan memiliki komitmen tegas serta sangat penuh kerendahan hati dalam mendekati setiap orang yang hendak dimintai dukungan dan bantuannya,” sebut Yan Warinussy. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *