Elkana Mozzad, Apa Yang Dicapainya Kini Berkat Kerja Keras Dan Selalu Ingin Belajar

Bagikan berita ini

Visits: 81

Elkana Mozzad, Apa Yang Dicapainya Kini Berkat Kerja Keras Dan Selalu Ingin Belajar

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Elkana Mozzad, putera asli Papua yaitu salah satu suku asli Teluk Bintuni berasal dari suku Wamesa itu adalah sosok seorang pekerja keras dan selalu ingin belajar.

Elkana Mozzad setelah lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (STIPDN) Jatinangor Subang Jawa Barat, Elkana Mozzad Kindewara mengawali kariernya sebagai Kepala Trantib di distrik terpencil di pedalaman Masyeta Kabupaten Teluk Bintuni.

Setelah sekian lama mengabdi di distrik Masyeta Elkana Mozzad kemudian dipindahkan ke Bappelitbangda Kabupaten Teluk Bintuni.

Pria pekerja keras suku asli Teluk Bintuni itu memiliki prinsip “ilmu itu sangat berarti atau penting, sehingga perlu diterapkan kepada Masyarakat” dan ilmu itu pun dia aplikasikan ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan profesinya sebagai Aparat Sipil Negara (ASN).

Pada bulan Juli tahun 2023 ini, Elkana yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris di distrik Bintuni Kota mendapatkan kesempatan dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) di Makassar untuk mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Pria kelahiran tahun 1987 itu mengisahkan bahwa ketika dirinya mendapatkan informasi  bahwa LAN Makassar membuka pendaftaran untuk pelatihan. Dimana ada yang mengikuti dengan biaya pemerintahan daerah dan ada juga yang menggunakan biaya sendiri.

Dirinya dengan semangat yang tinggi dan termotivasi dari kaka asuh atau mentornya yaitu Reinhard C. Maniagasi. Akhirnya memutuskan berangkat mengikuti pelatihan di LAN Makassar, Sulawesi Selatan dari tanggal 16 Juli sampai dengan 23 Juli 2023 meski dengan biaya sendiri.

Saat mengikuti pelatihan di LAN Makassar, Elkana berkesempatan melakukan Study Lapangan (Stula) di kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam proses mengikuti pelatihan di LAN Makassar Elkana mengaplikasikan Sistem Pelayanan Digitalisasi Administrasi Kependudukan atau disebut SIMPEL-DA.

Terkait administrasi kependudukan ini harus memberikan  pelayanan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Teluk Bintuni.

Sebagai salah satu peserta dari Provinsi Papua Barat, Elkana merasakan kepuasan tersendiri karena mendapatkan dukungan dari mentor, pembimbing dan juga rekan-rekannya, dan ia pun mengucapkan terimakasih.

“Semoga ilmu yang saya dapatkan ini dapat saya didedikasikan dan membantu pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk merealisasikan visi dan misi pemerintah daerah serta menjadi berkat bagi banyak orang,” tutur Elkana Mozzad, Sabtu (05/08/2023) ketika dirinya diwawancarai media ini di Bintuni.

Pria yang haus belajar ini merasa ilmu yang didapatkan selama 4 tahun dari STIPAN yaitu 2004-2008 itu dirasakannya masih tidak cukup, sehingga beberapa kesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pemerintahan terus ditempuhnya.

Dimana dirinya pernah mengikuti Bimtek Inovasi Patem di bandung Tahun 2022, pernah menjabat sebagai Kepala Kelurahan Bintuni Barat termuda di distrik Bintuni dan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat.

Kemudian Elkana juga pernah sebagai Penanggung jawab oleh Kabag Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Kewenangan Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Teluk Bintuni Reinhard C. Maniagasi, SSTP.

Dimana Elkana Mozzad sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan pemerintahan daerah Teluk Bintuni selama ini kepadanya. (02-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *