Masyarakat Moskona Utara Dan Moskona Timur Keluhkan Tarif Hi Lux Yang Masih Mahal 

Nampak Hi Lux trayek kota Bintuni ke Mosoona Raya parkir menunggu penumpang di Pasar Sentral Bintuni. Foto Inspirasi Papua.id
Bagikan berita ini

Visits: 178

Masyarakat Moskona Utara Dan Moskona Timur Keluhkan Tarif Hi Lux Yang Masih Mahal 

BINTUNI, Inspirasi Papua.id – Bupati Teluk Bintuni, Ir. Petrus Kasihiw, MT, mengungkapkan rencana pemerintah daerah untuk mengatur tarif angkutan darat dari Pasar Sentral menuju Wilayah Moskona Raya.

Karena masyarakat distrik yang terisolir Moskona Utara dan Moskona Timur masih mengeluhkan mahalnya tarif Hi Lux dari kota Bintuni menuju kedua distrik tersebut.

Hal ini disampaikan dalam sambutan pelantikan pejabat Rumah Sakit Babo Raya kemarin (20/3).

Bupati menyatakan bahwa jalur darat dari Bintuni ke Moskona kini sudah bisa dilalui dengan kendaraan roda empat, mengurangi ketergantungan pada transportasi pesawat subsidi.

Namun, masyarakat menghadapi masalah baru terkait tarif angkutan Hi Lux yang ditetapkan oleh para supir.

Bupati Bintuni menyatakan akan memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan untuk meninjau ke lapangan dan membuat regulasi terkait hal tersebut.

Dalam diskusi dengan wartawan, salah satu supir Hi Lux Imam menyatakan bahwa tarif angkutan berpatokan pada jarak tempuh, dengan harga bervariasi tergantung tujuan.

Supir Hi Lux mengungkapkan harapannya agar regulasi yang dibuat oleh pemerintah berkeadilan bagi mereka dan tetap mempertimbangkan kondisi medan yang sulit.

Mereka juga berharap agar harga yang ditetapkan dapat membantu masyarakat dan memberikan keadilan bagi semua pihak.

Selama ini, sekitar 100 Hi Lux aktif melayani rute ke Wilayah Moskona Raya, mengikuti permintaan dari masyarakat.

Pemerintah berencana mengatur tarif angkutan darat untuk memastikan kesejahteraan supir dan ketersediaan layanan transportasi yang terjangkau bagi masyarakat.

Berdasarkan pengakuan dari supir bahwa selama ini tarif yang dikenakan untuk masyarakat Moskona Raya yaitu kota Bintuni ke distrik Merdey sebesar Rp 2 juta, kalau sampai ke distrik Masyeta Rp 2,5 juta, ke distrik Moskona Utara Rp 7 juta, ke Moskona Timur 6 juta.

Kalau ke bagian Moskona Selatan Rp. 2 juta dan Moskona Barat 2,5 juta itu sampai ke ibu kota distrik.

(INSPIRASIPAPUA. ID)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *