YLBH Sisar Matiti Dukung Penyelidikan Dugaan Penyimpangan Beras Jatah Guru di Teluk Bintuni

Bagikan berita ini

Views: 19

YLBH Sisar Matiti Dukung Penyelidikan Dugaan Penyimpangan Beras Jatah Guru di Teluk Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dari Hasil Penelusuran Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Sisar Matiti terkait unjuk rasa para guru di Teluk Bintuni yang menuntut hak mereka, Direktur YLBHI Sisar Matiti Yohanes Akwan, SH, Minggu (25/2/2024) kepada wartawan melalui telepon mengatakan, bahwa perusahaan transportir beras jatah guru itu ada di Manokwari, nama perusahaannya PT YASA.

Sedangkan beras jatah guru itu dari PERUM BULOG Manokwari. Jelas jatahberas guru itu harus diperuntukan setiap bulanya karena transport dari Manokwari Bintuni itu lancar.

“Kami menduga keterlambatan ini ada penyimpangan yang di lakukan oleh para pihak yang memiliki tanggung jawab untuk menyediakan beras jata guru di Bintuni.

Kalau terlambat hak para guru terkait jatah beras, maka kami Pihak YLBH Sisar Matiti sangat mendukung pihak Kepolisan Polres Teluk Bintuni untuk memeriksa dugaan penyimpangan tersebut karena alasan teknis,” ungkap Akwan.

Advokat handal Papua Barat itu menjelaskan bahwa kasus penyimpangan yang terjadi berkaitan dengan Bulog ini bukan hal baru, kita ambil contoh, Kejaksaan Tinggi Papua Barat telah menetapkan tersangka dugaan korupsi penyimpangan dana pengadaan beras pada Gudang Perum Bulog Manokwari Timur dan Manokwari Barat, Kantor Cabang Manokwari Wilayah Papua dan Papua Barat.

“Sehingga untuk Kasus Keterlambatan Jatah Beras Para Guru di Teluk Bintuni perlu untuk diperiksa dugaan penyimpangan tindak pidana Korupsi sesuai Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1)-1 KUHPidana jo Pasal 64 ayat (1) KUHP,” tutur Pengacara Pejuang Hak Asasi Manusia itu. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *