Peringati Hari TBC Sedunia, Perhimpunan PDPI Cabang Papua Gelar Kegiatan Deteksi Dini Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosisl

Foto berbagai kegiatan Perhimpunan PDPI Cabang Papua di Tanah Papua pada saat Peringatan Hari TBC Sedunia Tahun 2024. (Foto : Inspirasi Papua id)
Bagikan berita ini

Visits: 5

Peringati Hari TBC Sedunia, Perhimpunan PDPI Cabang Papua Gelar Kegiatan Deteksi Dini Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis

Jangan lupa klik vidio menarik di atas ya!!!

BINTUNI, InspirasiPapua.id-Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Papua mengadakan serangkaian kegiatan sesuai dengan tema Hari TB di Indonesia yaitu Gerakan Indonesia Akhiri Tuberkulosis atau TBC.

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan Deteksi Dini dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

Dimana kegiatan peringatan Hari TB Sedunia dilaksanakan oleh anggota Perhimpunan Dokter Paru Cabang Papua di rumah sakit dan wilayah kerja masing- masing terhitung mulai tanggal 11 Maret sampai 24 Maret 2024.

Anggota PDPI Cabang Papua dr Wiendo, Sp.P, Selasa (26/3/2024) kepada wartawan di Bintuni mengatakan bahwa pada Hari Tuberkulosis sedunia di Teluk Bintuni dirinya mengadakan kegiatan webinar kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Teluk Bintuni.

“Yaitu tentang diagnosis Tuberkulosis dengan metode pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM) dan investigasi kontak erat untuk menemukan kasus Tuberkulosis Laten.

Serta evaluasi capaian program TB di Teluk Bintuni bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Teluk Bintuni pada tanggal 16 Maret 2024.

Kemudian dr Helena Pakiding, Sp.P dan dr. Juliastuti, Sp.P diundang sebagai narasumber oleh RRI Jayapura terkait Eliminasi TB di Jayapura pada tanggal 15 Maret 2024.

Sedangkan dr. Juliastuti, Sp.P bersama tim HIV RSUD RSUD Jayapura melakukan kegiatan investigasi kontak untuk terduga TB Laten.

Sedangkan dr. Helena, Sp.P bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan Konsorsium Komunitas Penabulu juga melakukan penyuluhan dan skrining gejala TB pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) pada tanggal 20 Maret 2024 di Aula FKM Universitas Cendrawasih,” terang dr. Wiendo.

Lanjut dokter ahli Paru rumah sakit Bintuni itu juga menjelaskan bahwa  dr. Victor P. Manuhutu, Sp.P dan dr. Helena, Sp.P sebagai narasumber tentang Meet The Expert, Yes We Can End TB pada tanggal 22 Maret 2024 secara Live Instagram di RS Provita.

Kemudian dr. Silvana, Sp.P sebagai narasumber tentang Edukasi TB secara Live Instagram di RS Dian Harapan Jayapura tanggal 22 Maret 2024.

Penyuluhan serentak tentang Tuberkulosis (TB) dan Upaya Eliminasi TB pada hari Jumat 22 Maret 2024 jam 09.00 10.00 WIT dilakukan oleh Dokter Spesialis Paru diberbagai kota.

Seperti dr. Wiendo, Sp.P di RSUD Teluk Bintuni, dr. Sushi, Sp.P di RSUD Manokwari, dr. Agustina Dwiningtyas, Sp.P di RSUD Nabire, dr. Reagen, Sp.P di RSUD Wamena, dr. Helen, Sp.P di RSUD Abepura, dr. Juliastuti, Sp.P di RSUD Jayapura dan dr.

Malsephira, Sp.P di RS Kasih Herlin Timika.
Sementara dr. Agustina Dwiningtyas, Sp.P diundang sebagai narasumber dalam dialog interaktif Pro 1 RRI Nabire dalam rangka World TB Day.

Free Webinar dalam rangka World TB Day dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Maret 2024 jam 13.00 – 15.30 WIT.

Webinar dibuka secara resmi oleh Ketua PDPI Cabang Papua oleh dr. Hendra Sihombing, Sp.P (Merauke) dan dipandu oleh dr. Agustina Dwiningtyas, Sp.P (Nabire) sebagai moderator.

Dan sebagai pembicara dr. Nickanor Wonatorey, Sp.U (IDI Wilayah Papua), dr.Beeri Wopari, M.Kes (Dinas Kesehatan Propinsi Papua), Sadok Helwend (Timika), dr. Malsephira, Sp.P (Timika) dan dr. Sushi Subay, Sp.P (Manokwari).

Free webinar ini diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari berbagai profesi tenaga kesehatan dari berbagai daerah di Indonesia dan mendapatkan Satuan Kredit Poin (SKP) Kementerian Kesehatan,” jelas dr. Wiendo. (Inspirasi Papua.id)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *