Sosok seorang Ibu Dalam Keluarga Sangat Berpengaruh Besar Dalam Mewujudan Pendidikan Anak

Bagikan berita ini

Visits: 52

Sosok seorang Ibu Dalam Keluarga Sangat Berpengaruh Besar Dalam Mewujudan Pendidikan Anak

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Teluk Bintuni, memperingati hari ulang tahunnya yang ke-24, Kamis (07/12/2023) dengan mengusung tema “Peran Strategis Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan”

Ketua DWP Kabupaten Teluk Bintuni Ny. Jacomina Jane Awak dalam sambutanya mengatakan bahwa dengan tangan ibu lah tergegam masa depan anak, pendidikan dalam keluarga menempatkan  ibu sebagai kunci pendidikan terhadap anak, sosok seorang ibu sangat ikut berpengaruh besar dalam perwujudan pendidikan anak.

“Perempuan harus selalu bergerak penuh semangat dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP), besar harapan saya bagi rumah besar bersama sekaligus sebagai pilar penting dalam menguatkan perempuan di kabupaten Teluk Bintuni.

Kita DWP harus selalu memberi kontribusi di bidang pendidikan, ekonomi, sosial serta budaya,” Ketua DWP Kabupaten Teluk Buintuni Ny. Jane Awak, Kamis (07/12/2023) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Bintuni.

Ketua DWP Teluk Bintuni itu juga berharap kepada Penasehat DWP yakani Wakil Bupati Teluk Bintuni dan Plt Sekda Teluk Bintuni agar menghimbau kepada DWP yang tidak aktif untuk aktif terlibat dalam kengiatan DWP, agar mereka juga berperan sebagai istri seorang ASN di kabupaten Teluk Bintuni.

“Terimaksih kepada ibu-ibu DWP semua, karena kengiatan tidak akan berakhir pada saat hari ulang tahun yang ke-24 saja. Tetapi kita juga harus terus menjalankan organisasi ini  sesuai dengan visi dan misi organisasi DWP,” ujar Ny. Jane.

Ditempat yang sama Penasehat DWP Kabupaten Teluk Bintuni Wakil Bupati Matret Kokop, SH dalam arahannya menyampaikan  bahwa kehadiran organisasi perempuan dalam pembangunan pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan peran perempuan melalui peningkatan pendidikan, ketrampilan, peningkatan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, ketahanan spritual, pendidikan politik serta sektor ekonomi produktif lainnya.

Wakil Bupati Teluk Bintuni menyebutkan bahwa perempuan kini tidak lagi pasif dalam perannya di keluarga, namun juga aktif dalam sektor  Pembangunan.

“Berbagai upaya tersebut menjadi bukti penting bahwa perempuan masih bisa menunjukan eksistensinya baik secara kuantitas maupun kualitas tetapi tidak menghilangkan hakikat dirinya sebagai perempuan dan juga sebagai ibu rumah tangga.

Sehingga Perempuan- perempuan di Kabupaten Teluk Bintuni dapat melaksanakan peran gandanya baik di ranah publik maupun diranah domestik.

Perempuan juga adalah tiang Negara, ibu bangsa, penyangga keluarga sekaligus pendidik generasi penerus dimana multi fungsi  yang dimiliki kaum perempuan secara jelas menunjukan bahwa perempuan memegang peran sentral dalam berbagai sektor kehidupan.

Dengan dilakukannya Skrining Virus HIV oleh DWP menunjukkan bahwa DWP  peka dengan kondisi peningkatan HIV/AIDS di kabupaten Teluk Bintuni.

Dimana saya juga sangat mengapresiasi kegiatan pemberian makanan tambahan di Distrik Tirasai sebagai kepedulian DWP untuk pengentasan stunting di Teluk Bintuni.

Untuk itu saya mengucapkan Dirgahayu DWP kabupaten Teluk bintuni yang ke-24. saya berharap kiranya DWP kabupaten Teluk Bintuni terus bertumbuh dan berkembang menjadi organisasi perempuan yang besar dan solid serta memberikan manfaat terutama bagi suami-suami yang menjadi abdi Negara, bagi anggota maupun masyarakat luas lainnya.

Masih kurangnya perhatian dari Pimpinan OPD kepada Organisasi DWP saya menegaskan untuk pimpinan OPD agar melibatkan istrinya dalam setiap kegiatan DWP  sebagai wujud kebersamaan dalam pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan bidang di DWP,” tutur Wakil Bupati Bintuni itu.

Sementara Ketua Panitia Oktovina Tiri menjelaskan dalam rangka mendukung peringatan HUT DWP Kabupaten Teluk Bintuni ke-24 Panitia dan Pengurus DWP Kabupaten Teluk Bintuni telah melaksanakan 7 kegiatan yang dimulai dari tanggal 27 Oktober – 7 Desember 2023.

“Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu Seminar HIV dan Stunting pada tanggal 27 Oktober 2023, selanjutnya dilakukan pemeriksaan HIV bagi peserta seminar. Anjangsana ke TK Binaan DWP Kabupaten Teluk Bintuni di SP 2 Manimeri pada tanggal 15 November 2023, kunjungan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan 2 (unit) Laptop kepada Kepala Sekolah dalam rangka menunjang proses belajar mengajar.

Posyandu melayani anak-anak Stunting pada tanggal 18 November 2023 di Kampung Tirasai Distrik Menimeri, dalam kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Diakonia pada para Janda Duda.

Nikah Massal oleh Pencatatan Sipil pada tanggal 21 November 2023 kegiatan ini selain untuk anggota DWP, juga dibuka untuk umum dan telah diikuti sebanyak 16 pasangan.

Bakti Sosial pada tanggal 24 November 2023 dipusutkan di Tugu 7 Suku komplek perkantoran SP 3 Distrik Manimeri.

Kemudian lomba senam kreasi pada tanggal 2 Desember 2023 yang di ikuti  20 peserta dari setiap OPD. Lomba menghias kue HUT  pada tanggal 7 Desember 2023  dengan peserta sebanyak 12 perwakilan dari OPD,” ujar Ketua Panitia Ny. Tiri. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *