HUT RI Ke-78, Wakil Bupati Irup Pengibaran Bendera, Dandim Irup Ziara Laut Serta Dan Brigif 26/GP Irup Penurunan Bendera

Bagikan berita ini

Visits: 1

HUT RI Ke-78, Wakil Bupati Irup Pengibaran Bendera, Dandim Irup Ziara Laut Serta Dan Brigif 26/GP Irup Penurunan Bendera

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Dalam suasana yang penuh semangat, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 di Teluk Bintuni berlangsung dengan meriah. Pukul 09.00 WIT, upacara bendera di Lapangan Gelanggang Argosigemarai dimulai dengan kedisiplinan yang tinggi.

Inspektur Upacara Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, SH, memimpin upacara tersebut, sementara Komandan Batalyon Brigif 26/GP Letkol Inf Sidik Wiyono,SH., M. Tr (Han) bertindak sebagai komandan upacara.

Pelajar dari berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA, ikut serta dalam upacara ini.

Tidak hanya itu, hadir juga berbagai unsur masyarakat seperti P2TIM, Tenaga ASN lingkup Pemkab Teluk Bintuni, Basarnas, Satpol PP, Komcad, Personil Polres Teluk Bintuni, personil Kodim 1806/TB, Batalyon 763/SBA, dan Brigif 26/GP.

Di bawah sorotan podium, terlihat hadirnya Fokompimda, Ketua DPRD beserta anggota, pimpinan OPD lingkup Pemkab Teluk Bintuni, pimpinan partai politik, pimpinan vertikal, BUMN, serta berbagai organisasi.

Sementara itu, tokoh masyarakat dan tokoh agama turut memeriahkan acara di tenda yang disediakan oleh panitia HUT RI Ke-78.

Pada pukul 09.20 WIT, pasukan pengibar bendera (Paskibra) bendera merah putih memasuki lapangan upacara, diantaranya petugas pembawa Baki pengibaran bendera merah putih Mygesty Kambia pelajar dari SMA YPPK Bintuni, serta petugas Pengibar Yahya Rumatan dari SMK Negeri 1 Bintuni, Bendera Merah Putih diserahkan kepada petugas pembawa baki oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni.

Selanjutnya pada pukul 09.35 WIT sebanyak 72 anggota Paskibraka dengan dengan disiplin dan gagah menjalankan tugas mereka, mengibarkan Bendera Merah Putih dengan sukses berkibar di langit Sisar Matiti, sebutan lain dari Kabupaten Teluk Bintuni.

Acara berlanjut dengan pembacaan pembukaan UUD 45 oleh Ketua DPD KNPI Teluk Bintuni, Kenny R. Kendiawara.

Disaksikan oleh masyarakat setempat, upacara ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan atraksi dari pasukan personil Batalyon 763/SBA , serta vokal group dari pelajar SMP yang hadir khusus menyanyikan lagu Indonesia Raya serta lagu-lagu kebangsaan lainnya.

Dengan cuaca yang bersahabat, acara upacara berjalan lancar dan sukses. Nampak semangat kemerdekaan serta merah putih pun berkibar tinggi di Teluk Bintuni, semakin mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa di Indonesia dan khususnya di kabupaten Teluk Bintuni.

Setelah upacara pengibaran bendera, kemudian dilanjutkan   dengan ziarah laut tabur bunga bertindak sebagai Inspektur Upacara Ziarah Laut Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol Arh Patrich Arya Bima.

Dimana pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Kodim 1806/TB menggelar upacara ziarah laut dan tabur bunga di Pelabuhan Kelas II Bintuni pada Kamis (17/8/2023).

Upacara ziarah laut dihadiri oleh Wakil Bupati, Matret Kokop, SH, Ketua DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Simon Dowansiba, serta sejumlah pimpinan Forkompimda dan OPD Lingkup Pemda Teluk Bintuni.

Dalam upacara ini, Inspektur Upacara dijabat oleh Dandim 1806/TB, Letkol Arh Patrick Arya Bima, dengan komandan upacara Danramil 1806-06/Mayado Lettu Ctp Salvator Teniwut .

Pasukan yang terlibat dalam upacara tersebut melibatkan personil dari Kodim 1806/TB, Polair Polres Teluk Bintuni, dan Satpol PP. Turut bergabung pegawai KUPP Kelas II, Korpri dan Persit.

Sementara itu, dua personil dari TNI AL Pos Bintuni dan Kodim 1806/TB bertugas sebagai pembawa karangan bunga.

Dalam suasana khidmat, upacara ziarah laut berlangsung dengan penghormatan yang mendalam kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan republic Indonesia dengan jiwa dan raga.

Penaburan bunga oleh Inspektur Upacara, Wakil Bupati, serta para pejabat lainnya.

Peringatan HUT RI ke-78 ini memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan laut serta menunjukkan rasa cinta dan semangat patriotisme terhadap negara.

Kemudian pada sore harinya kembali 72 Anggota Paskibraka asuhan Brigade Infantri 26/GP sukses melaksanakan Upacara Penurunan Bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Ke-78.

Pada upacara penurunan bendera merah putih bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Komandan Brigade Infantri 26/GP, Letkol Inf Sidik Wiyono, Acara berlangsung di Gelanggang Argosigemerai, Distrik Bintuni Timur, pada Kamis (17/8/2022) sore yang berlangsung di tempat yang sama.

Selanjutnya Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Tegar Tri Cahyono dan Perwira Upacara Kapten Inf Kenny Maheswara, Pembawa Baki Penurunan Bendera Merah Putih Gerda Yuliana Mirino, Pengerek Bendera Fabianus Motombri, Yahya Rumahan dan Stevano Feneteruma.

Anggota Paskibra dari Brigade Infantri 26/GP sukses melaksanakan Upacara Penurunan Bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Ke-78.

Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Kapten Inf Tegar Tri Cahyono dan Perwira Upacara Kapten Inf Kenny Maheswara. Para pelaksana lainnya termasuk Pembawa Baki Bendera Gerda Yuliana Mirino, Pengerek Bendera Fabianus Motombri, Yahya Rumatan, dan Stevano Fenentiruma.

Wakil Bupati Matret Kokop yang hadir pada upacara tersebut memberikan apresiasi atas kelancaran pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera merah putih. Dia juga mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi nilai Patriot dan Pancasila, serta kesiapan untuk berkorban demi keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan penurunan Bendera Merah Putih ini menjadi momen bersejarah yang memperkuat semangat kebangsaan dan cinta tanah air bagi masyarakat Bintuni,” ujar Wakil Bupati Teluk Bintuni.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Matret Kokop, Plt Sekda Frans N Awak, Dandim 1806/TB Letkol Arh. Patrick Arya Bima, Kapolres Teluk Bintuni AKBP Dr. Choiruddin Wachid, SIK, Kajari Teluk Bintuni Johny A. Zebua, SH.MH, Danyon 763/SBA Letkol INF Imam Purwoko, SE, Dansupdenpom Kapten CPM Ajat Munajat, Komandan Pos TNI AL Kabupaten Teluk Bintuni Lettu AL Riza Akbar, serta Pimpinan OPD lingkup Pemda Teluk Bintuni. (ahm-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *