Pemda Teluk Bintuni Serahkan 54 Ekor Sapi Qurban Untuk Umat Muslim Se Teluk Bintuni

Bagikan berita ini

Visits: 43

Pemda Teluk Bintuni Serahkan 54 Ekor Sapi Qurban Untuk Umat Muslim Se Teluk Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Pemerintah daerah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Wakil Bupati menyerahkan hewan Qurban Sapi sebanyak 54 Ekor Sapi untuk masyarakat muslim yang bedomisili di wilayah Manimeri, Bintuni, Steenkool, pesisir Utara serta pesisir Selatan Teluk Bintuni dalam rangkla merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023.

Dalam penyerahan hewan qurban tersebut juga dihadiri Dandim 1806/Teluk Bintuni Letkol Arh Patrick Arya Bima, pihak Kejaksaan, Ketua Majelis Muslim (MUI) Kabupaten Teluk Bintuni Rahman Urbun, Ketua Tim Pendistribusian Hewan Qurban Anwar Bauw, SE, Sekretaris Satpol PP Syaiful Adha, Kabag Kesra Setda Josep Yarangga serta undangan lainnya.

Penyerahan hewan qurban secara simbolis dilakukan di dua tempat yaitu di Masjid Al Jamiah dan Al Fatihah Tahiti distrik Bintuni.

Penyerahan hewan qurban sapi oleh Pemda Teluk Bintuni itu dilakukan sekitar pukul 10.00 Wit pagi setelah umat muslim Muhammadiyah melakukan sholat Idul Adha dititik pertama  dilaksanakan di Masjid Al Jamiah yang diterima takmir Masjid Ustad Abdul Yasir Nawarisa.

Sebelum acara penyerahan hewan qurban Sapi oleh Wakil Bupati Matret Kokop kegiatan itu diawali dengan laporan ketua tim distribusi hewan qurban Sapi Pemda Teluk Bintuni tahun 2023 Anwar Bauw, SE dan arahan atau sambutan tuggal dari Wakil Bupati Matret Kokop, SH.

Anwar Bauw dalam laporan singkatnya mengatakan bahwa pada tahun 2023 hewan qurban sapi yang didistribusikan sebanyak 54 ekor ditambah bantuan dari provinsi Papua Barat sebanyak 3 ekor Sapi.

“Dimana 57 ekor sapi tersebut didistribusikan ke wilayah distrik Manimeri, Bintuni, Steenkool, Pesisir Selatan serta Pesisir Utara Teluk Bintuni,” ungkap Anwar Bauw, Rabu (28/06/2023) dihadapan Wakil Bupati dan Ketua Takmir Masjid Al Jamiah Tahiti beserta pengurus dan jamaah.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop mengatakan bahwa Bapak Bupati ada dinas keluar daerah maka dirinya mewakili Bupati untuk menyerahkan hewan qurban dari Pemda Teluk Bintuni sebanyak 54 ekor sapi dan bantuan dari Provinsi 3 ekor sapi secara simbolis.

“Orang muslim banyak tapi sapi yang akan dibagi terbatas. Dimana kami membagi hewan qurban ini berdasarkan data masjid yang kami ambil saat melakukan safari Ramadhan.

Saya mewakili Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni mengapresiasi tim distribusi hewan qurban 1444 H Tahun 2023 yang sudah bekerja dengan baik dan secara simbolis saya serahkan hewan qurban ini dari masjid Al Jamiah.

Dan mudah-mudahan hewan qurban yang sudah diperiksa oleh bidang peternakan bekerja sama dengan dokter hewan semua sehat dan layak disembelih atau diqurbankan.

Dan  saya juga memberikan apresiasi dan terima kasih banyak karena pendistrubusian hewan qurban di semua tempat bejalan baik dan lancar dalam memberikan pelayanan kepada umat muslim yang ada di kabupaten Teluk Bintuni,” ujar Wakil Bupati 2 periode itu.

Setelah Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis hewan qurban Sapi kepada Takmir Masjid Al Jamiah. Wakil Bupati dan rombongan juga menyerahkan hewan qurban sapi secara simbolis di Masjid Al Fatihah Tahiti yang diterima oleh Takmir Masjid Al Fatihah Wirid Fimbay.

Pada kesempatan itu Takmir Masjid Wirid Fimbay kepada Wakil Bupati meminta agar pembangunan masjid Al Fatihah bisa dibantu kembali agar masjid tersebut segera rampung atau selesai sehingga dapat digunakan oleh umat muslim Tahiti untuk melaksanakan sholat 5 waktu dengan baik.

Pantauan media ini usai sholat Idul Adha 1444 H tahun 2023 sesuai jadwal pemerintah, Kamis (29/06/2023)  di dua Masjid yang sudah melakukan sholat Idul Adha atau Hari Raya yang sempat dipantau media ini yaitu pemotongan hewan  qurban di Masjid Almunawarah Tahiti dan Masjid  Quba pasar Sentral Bintuni.

Ketua Panitia Pemotongan Hewan Qurban Masjid Quba H. Elvis Beddu Nawawi, Kamis (29/06/2023) kepada media ini ketika ditemui di sela-sela jalannya Pemotongan hewan Qurban sebanyak 12 ekor Sapi, menjelaskan bahwa hewan qurban sapi yang dipotong di Masjid Quba sebanyak 12 ekor terdiri dari patungan jamaah masjid Quba sebanyak 10 ekor, 1 ekor bantuan dari Pemda Teluk Bintuni dan 1 ekor lagi sumbangan dari Bapak Anisto Manibuy.

“Adapun jumlah penerima daging sebanyak 700 umat muslim yang berdomisili di seputar Masjid Quba. Dan kami berterima kasih kepada Pemda Teluk Bintuni yang sudah membantu kami 1 ekor sapi. Begitu pun dengan pak Anisto kami juga menyampaikan terima kasih banyak atas bantuan 1 ekor Sapi pada Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban tahun 2023 ini.

Pembagian hewan qurban ini kami bagikan setelah sholat Dhuhur dimana warga masyarakat datang ke masjid ini dengan membawa kupon serta antri untuk mendapatkan daging qurban.

Semoga umat muslim yang ada di sekitar Masjid Quba ini dapat merasakan daging Sapi ini bersama keluarganya pada Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun 2023,” ujar H. Elvis.

Di tempat terpisah Ketua Panitia Pemotongan Hewan Qurban Masjid Al Munawarah Tahiti Bintuni Nasrun mengatakan bahwa patungan jamaah masjid Al Munawarah sebanyak 15 ekor sapi dan 1 ekor Sapi merupakan sumbangan dari Pemda Teluk Biuntuni dengan jumlah 16 ekor Sapi yang diqurbankan ditambah 1 ekor kambing.

Dan kami sangat memperikan apresiasi kepada Pemda Teluk Bintuni yang sudah membantu 1 ekor sapi serta warga muslim Masjid Al Munawarah yang saling patungan untuk berkurban.

Kami berharap masyarakat muslim yang ada di sekitar Masjid Al Munawarah ini juga bisa menikmati daging sapi di Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023. Dan pembagian sapi untuk umum kita lakukan setelah sholat Dhuhur,” pungkasnya. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *