Bupati Manokwari Kunjungi Bupati Teluk Bintuni Untuk Silaturahmi Serta Jalin Kerja Sama

Bagikan berita ini

Views: 143

Bupati Manokwari Kunjungi Bupati Teluk Bintuni Untuk Silaturahmi Serta Jalin Kerja Sama

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Bupati Manokwari Hermus Indouw mengunjungi Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT di Bintuni, Jumat (22/9/2023) bertempat di Gedung Sasana Karya Kantor Bupati Teluk Bintuni di Bumi Saniari Distrik Manimeri.

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT dalam sambutannya mengatakan ini adalah pertemuan antara  anak dan mama ini jarang terjadi.

“Ini mama (Manokwari_red) yang melahirkan kita (Teluk Bintuni_red) 20 Tahun lalu kita dilahirkan dari Kabupaten Manokwari,” sebut Bupati Teluk Bintuni.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Manokwari yang sudah mengunjungi kami di Bintuni dengan selamat tiba di Kabupaten Teluk Bintuni

Hari ini kita ketemu tatap muka antar keluarga saya juga mendengar akan ada Bupati Wondama dan Pegaf kedepan kita akan melaksanakan Kerja Sama.” Ungkap Bupati dua periode itu.

Lanjut Ir Petrus Kasihiw , MT menjelaskan Posisi Kabupaten Teluk Bintuni strategis berada di tengah di antara delapan Kabupaten ada sisi positif dan negatif pada posisi ini.

Bapak Bupati Manokwari kita sudah bekerja untuk membangun negeri ini dengan luas wilayah yang sangat luas di antara Kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat.

“Sejak lepas dari Manokwari kami selalu berusaha untuk maju dan memperkecil ketinggalan daerah di antaranya membangun jalan yang menembuskan Daerah Moskona dan Insfratruktur lainnya,” tutur Petrus Kasihiw.

Terimakasih Juga kepada Pemerintah pusat yang sudah membangun Proyek Nasional di antara Tren 3 yang nantinya akan di resmikan oleh Bapak Presiden dan ada juga Genting Oil pekerjaan ini sangat di dukung oleh Kondusifitas daerah ini kedepan nantinya sangat membuka lapangan kerja untuk anak – anak kita , terutama anak – anak Papua.

Pada kesempatan itu Bupati Teluk Bintuni memaparkan Anak – anak Papua sudah banyak yang bekerja bahkan sudah ada yang ke luar negeri di antaranya ada di Brunei. Dimana saya dan Pak Wakil Bupati Matret Kokop  sudah letakkan Pondasi nanti Bupati berikutnya yang akan lebih memberi yang lebih lagi.

Kedepannya saya berharap bisa kerja sama antara Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Teluk Bintuni perlu saya sampaikan ke Bapak Bupati Manokwari bahwa masyarakat di sini sangat damai di Bintuni di kenal dengan agama Keluarga. Dimana satu marga bisa ada di 3 Agama sehingga Bintuni tidak pernah terjadi permasalahan Sara.

“Terima kasih atas kunjungan Bupati Kabupaten Manokwari saya harap dengan kedatangan Bapak Bupati di Kabupaten Teluk Bintuni bisa membawa hal – hal yang baik untuk kesejahteraan kita bersama,” sebut Bupati Teluk Bintuni yang memiliki Visi Jauh kedepan membangun Bintuni.

Ditempat yang sama Bupati Manokwari Hermus Indouw, menyebutkan kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Manokwari ke Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni yang terjadi hari ini.

Itu terjadi karena kehendak Tuhan, oleh karena itu atas Nama Pribadi dan Kabupaten Manokwari saya mengucapkan Terimakasih kepada Bapak Bupati Wakil Bupati Teluk Bintuni dan Sekda serta seluruh masyarakat dan 7 suku yang luar biasa dalam penyambutannya. Salam Panca Sila dan salam Bhineka Tunggal Ika,” ujar Bupati Manokwari mengawali sambutannya.

“Bahwa memang kita adalah orang-orang yang memang di besarkan Terlebih Dahulu, kemudian kia juga memiliki history yang sangat erat. Sehingga kunjungan kerja pada hari ini adalah yang pertama kita ingin meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan serta kekeluargaan kita.

Saya kira kekeluargaan akan menunjukkan bagaimana tali kasih di antara kita kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Manokwari, Pegaf, Mansel serta kabupaten Tambrauw,” terang Bupati Hermus.

Lanjut Hermus, Ini 5 kabupaten yang tidak bisa di pisahkan antara satu dengan yang lain oleh karna kita diikat oleh kultur yang sama dan kultur yang kuat dan kita juga bersyukur bawahannya dalam perjumpaan Daerah di Indonesia Kabupaten Manokwari secara bertahap bisah meningkatkan beberapa Daerah.

Di mana waktu itu di Wilayah kita sebelum Manokwari memekarkan kabupaten lainnya memiliki luas 330.000.000 sangat Luas sekali,kita tidak boleh terjebak di dalam praktek Otonomi Daerah. Yang membuat kita masing-masing berdiri pada sudut atau mempersulit kita masing-masing lalu kita membangun secara parsial.

Kita berharap Papua Barat ini adalah satu kesatuan di mana ada keterkaitan antara satu Daerah dengan daerah yang lainnya yang saya kira potensi setiap daerah tentu berbeda-beda tetapi juga ada Daerah yang memang sama sekali ada yang tidak punya potensi.

Tapi kerja sama inilah yang memungkinkan untuk yang kuat bisa memberikan enerjik kepada Kabupaten lain. Kemudian Bapak Bupati dan semua jajaran masyarakat bahwa tantangan utama kabupaten Manokwari hari ini adalah bagi mana berupaya untuk membangun Manokwari dalam Dua Fungsi utama yaitu Manokwari sebagai pusat peradaban Tanah Papua dan juga Manokwari sebagi ibu Kota Provinsi Papua Barat.

Di mana keberadaan dan Kemajuan kabupaten Manokwari haruslah menjadi Etalase atau Cermin dan kemajuan Seluruh Penduduk masyarakat di provinsi Papua Barat.

Oleh karena itulah Kemudian saya selalu menyampaikan kepada semua pihak termasuk kesempatan ini saya ingin mengajak kita sama-sama melihat bahwa Manokwari adalah rumah kita bersama yang telah memberikan ruang dan tempat kita ada di sana.

Mengakhiri sambutannya, Hermus mengatakan, prinsipnya bahwa Manokwari tidak untuk  masyarakat Manokwari saja akan tetapi  untuk seluruh kabupaten lainnya yang ada di Papua Barat,” ujar Mantan Ketua KNPI Provinsi Papua Barat itu mengakhiri sambutannya.

Turut hadir   mendampingi  Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indouw, SIP M.H., Assisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Manokwari Wanto S.Sos., Inspektur Kab. Manokwari Drs Kumaidi , Anggota DPRD Kab. Manokwari Romer Tapilatu , Kabar BPKAD Kab. Manokwari  Cornels E. Wondiwoy SH , Kadin DPRKP Kab. Manokwari Joni Towansiba S.Sos M.Si , Kadin DPMPTSP Kab. Manokwari Albinus Cobis S.STP, Kadin Kelautan dan Perikanan Kab. Manokwari Yosep Mandacan SP, Kabag Pemerintahan Setda Kab. Manokwari Samuel Aronggear S.STP M.Si, beserta Kabag Protokol dan Komunikasi Setda Kab. Manokwari Ivan P. Roring SST.Par MM.

Sedangkan yang menyambut, menerima dan melakukan kegiatan  tatap muka dari Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni langsung oleh Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT., kemudian Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH. , Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni Drs. Frans N Awak ,

Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni Dan Topan Sarungalo, ST ,  Asisten III Setda Kabupaten Teluk Bintuni  Izack Loukon, SH, Kasie Datun Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni Habibie Anwar, SH,  dan  Para Pimpinan OPD Kabupaten Teluk Bintuni.

Adapun acara tatap muka itu diakhiri dengan Penyerahan Cinderamata dari Bupati Manokwari Kepada Bupati Teluk Bintuni dan sebaliknya dari Bupati Teluk Bintuni Kepada Bupati Manokwari serta foto bersama. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *