Ratusan Massa Tenaga Honorer Di Kabupaten Teluk Bintuni Unjuk Rasa, Kepala BKPP Gagalkan Pemalangan Kantor BKPP

Nampak ratusan honorer lakukan unjuk rasa di kantor BKPP Kab. Teluk Bintuni. Massa yang datang hampir memalang kantor BKPP namun Kepala BKPP Teluk Bintuni berhasil membujuk massa agar tidak memalang kantor. Karena dirinya berhasil menghubungi Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop akan segera hadir dihadapan massa dan akhirnya massa mengurungkan niatnya untuk memalang kantor dan memilih menunggu kedatangan Wakil Bupati. (ft.InspirasiPapua.id)
Bagikan berita ini

Views: 155

Ratusan Massa Tenaga Honorer Di Kabupaten Teluk Bintuni Unjuk Rasa, Kepala BKPP Gagalkan Pemalangan Kantor BKPP

BINTUNI, InspirasiPapua id- Aksi Massa Tenaga Honorer di Kabupaten Teluk Bintuni: Kepala BKPP Menggagalkan Pemalangan Kantor BKPP,  Jumat (26/4/2024).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Teluk Bintuni, Derek Asmuruf, berhasil menggagalkan aksi pemalangan Kantor BKPP oleh massa tenaga honorer yang ingin menuntut penjelasan terkait quota penerimaan CPNS Tahun 2021.

Aksi tersebut berlangsung di Kantor BKPP Teluk Bintuni sekitar pukul 13.00 WIT. Aksi massa ini dipicu oleh ketidakjelasan mengenai penerimaan CPNS formasi 2021 yang tertunda hingga tahun 2024 tanpa informasi resmi yang memadai.

Massa yang berkumpul mencapai ratusan orang dan mereka membawa dua batang balok ukuran 5 x 10 untuk memalang pintu kantor BKPP Kabupaten Teluk Bintuni.

Namun, aksi pemalangan ini berhasil dibatalkan oleh Derek Asmuruf, Kepala BKPP, yang menggunakan pendekatan humanis.

Derek Asmuruf menjelaskan bahwa Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, SH, akan datang setelah Sholat Jumat untuk memberikan penjelasan terkait penerimaan CPNS formasi 2021 dan PPPK.

Massa menerima penjelasan ini dan bersedia menunggu kedatangan Wakil Bupati dan tidak jadi memalang kantor tersebut.

Kordinator Aksi Honorer Kabupaten Teluk Bintuni, Alfius Iba, yang didampingi para tokoh pemuda dari Suku Moskona dan Sougb, menjelaskan bahwa massa ingin penjelasan mengenai formasi CPNS 2021 yang hingga kini belum ada informasi resmi.

Alfius Iba juga menanyakan mengapa kabupaten-kabupaten lain, seperti Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Pegaf, dan Tambrauw, sudah membuka penerimaan CPNS, sedangkan Teluk Bintuni belum.

Alfius Iba menyampaikan tiga poin tuntutan dari aksi ini yaitu Penjelasan dan kepastian mengenai penerimaan CPNS tahun 2021 yang tertunda hingga tahun 2024.

Kedua pengangkatan honorer sesuai dengan data yang sudah diinput oleh BKPP pada tahun 2021.

Ketiga yaitu Pengangkatan tenaga honorer berdasarkan Undang-Undang Otonomi Khusus, dengan proporsi 80% orang asli Papua dan 20% non-asli Papua.

Fokus utama adalah mengangkat anak asli 7 suku yang saat ini menjadi honorer di Kabupaten Teluk Bintuni” pinta Alfius.

Alfius Iba menegaskan bahwa jika tuntutan massa tidak dipenuhi, aksi massa yang lebih besar akan dilaksanakan.

Jumlah massa yang hadir pada aksi ini mencapai tiga ratusan orang, sesuai dengan daftar hadir yang disiapkan oleh kordinator aksi.

Dengan berhasil menggagalkan aksi pemalangan, Derek Asmuruf memberikan waktu kepada pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni untuk merespons tuntutan massa secara efektif dan humanis.

Aksi ini menjadi peringatan bagi pemerintah daerah untuk memperhatikan aspirasi tenaga honorer yang telah lama menunggu kepastian mengenai pengangkatan dan penerimaan CPNS.

Massa honorer mendatangi kantor BKPP pada pukul 10.00 Wit menunggu kejelasan dari pemerintah.

Dan akhirnya pada pukul 13.00 Wit lewat Wakil Bupati Matret Kokop tiba di kantor BKPP dan kurang lebih 1 jam berhasil menjelaskan kepada massa dan massa pun mengerti lalu bubar secara teratur dan damai.

Bahkan pengunjuk rasa bersalaman dengan polisi yang menjaga keamanan.

Berdasarkan informasi yang;dihimpun media ini sebanyak 30 personil Polres Teluk Bintuni diturunkan untuk menjaga keamanan Kantor BKPP yang dipimpin Kasat Samapta Iptu J. panjaitan.

Nampak juga hadir Kabag Ops AKP Sakaria Tampo, SH, Kasat Binmas Iptu Jimmi Sidete. (Inspirasi Papua.id)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *