Wakil Bupati Bintuni Lantik Badan Pengurus IKST Teluk Bintuni Periode 2023-2025

Nampak Wakil Bupati Matret Kokop melantik Badan Pengurus IKST Teluk Bintuni di Gedung Evano Gracilia Awarepi Bintuni, Jumat 21 Juli 2023.. Wakil Bupati menandatangani Berita Acara Pelantikan Badan Pengurus IKST Periode 2023-2025.IP-IST.
Bagikan berita ini

Visits: 71

Wakil Bupati Bintuni Lantik Badan Pengurus IKST Teluk Bintuni Periode 2023-2025

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH, Jumat (21/07/2023) setelah dikukuhkan sebagai Sesepuh Ikatan Kerukunan Sangihe Talaud di Kabupaten Teluk Bintuni.

Kemudian Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop melantik Badan Pengurus Ikatan Kerukunan Sangihe Talaud (BP IKST) Teluk Bintuni Periode 2023-2025 pada hari Jumat 21 Juli 2023 bertempat di Gedung Evano Gracilia Awarepi Bintuni berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Adat IKST Nomor : 004/DPA/18/VII/2023.

Dalam melantik Badan Pengurus IKST Wakil Bupati mengatakan bahwa dirinya percaya Badan Pengurus IKST akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan pada pundak badan pengurus.

Setelah melantik Badan Pengurus Ikatan Kerukunan Sangihe Talaud (BP IKST) Teluk Bintuni Periode 2023-2025 Wakil Bupati Matret Kokop kemudian memberikan sambutan sekaligus membuka Musda I (Pertama) IKST Kabupaten Teluk Bintuni.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Matret Kokop mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah daerah serta masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni dirinya mengucapkan selamat atas dilantiknya Badan Pengurus Ikatan Kerukunan Sangihe Talaud (IKST)  periode 2023-2025.

“Semoga dapat terus berkiprah menyumbangkan ide, gagasan, dan aksi nyata demi kemajuan Kabupaten Teluk Bintuni. Menyimak kembali perjalanan Panjang IKST yang ada di kabupaten Teluk Bintuni khususnya dan Tanah Papua pada umumnya ada yang telah menjadi guru dan pengajar bagi generasi muda di Tanah Papua.

Sedangkan IKST di Teluk Bintuni baru terbentuk pada tahun 2018 dan tahun 2023 ini baru dikukuhkan melalui Pelantikan Badan Pengurus IKST Periode 2023-2025, Jumat 21 Juli 2023 di Gedung Evano Gracilia sebagai awal tonggak sejarah perjalanan baru Pengurus IKST bersama Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dan ikatan kerukunan lainnya dalam membangun bangsa, guna mencapai masyarakat maju, mandiri dan berdaya saing,” papar Wabup Matret.

Pada kesempatan itu,  Sesepuh IKST itu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada IKST atas kontribusinya pada pelaksanaan pembangunan kabupaten Teluk Bintuni.

“Kita masih membutuhkan ide, gagasan dan kolaborasi serta sinergi antara IKST dengan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni. Dimana  saya berharap IKST bisa memberikan edukasi pada masyarakat terkait isu-isu yang muncul dan berkembang agar tidak meresahkan partisipasi aktif IKST dalam pembangunan Kabupaten Teluk Bintuni sangat dibutuhkan.

Dengan memberikan saran, masukan pada proses pembentukan kebijakan public berdasarkan kekuatan moral dan ilmu pengetahuan dalam rangka memerangi kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketidakadilan untuk kemajuan bangsa sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Teluk Bintuni.

Saya berharap organisasi kemasyarakatan IKST ini menjadi contoh dan teladan dalam aktifitas baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi IKST telah terdaftar pada pemerintah kabupaten Teluk Bintuni secara langsung sudah menjadi mitra pemerintah dalam menjaga keamanan, ketertiban demi terciptanya situasi Kantibmas yang kondusif serta menjadi pelopor kedamaian di kabupaten Teluk Bintuni tercinta ini,” kata Wabup Matret.

Wakil Bupati juga berharap agar IKST terus membangun hubungan kerja sama dengan organisasi lainnya, baik organisasi lokal yaitu LMA 7 Suku dan juga organisasi lokal lainnya.

“Dan kepada pengurus yang baru dilantik saya berharap dapat merangkul, mengarahkan seluruh anggota IKST dalam memberikan kontribusi positif demi kemajuan kabupaten Teluk Bintuni yang kita cintai bersama ini. Dan terlebih NKRI yang kita banggakan,” ujar Wabup Bintuni dua periode itu.

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Adat Ikatan Kerukunan Sangihe Talaud Kabupaten Teluk Biuntuni  Nomor : 005/DPA/VII/2023 :

Dewan Pimpinan Adat Abdon Tahlenti Leleran (Mangku Bumi I), Roni Nabi (Mangku Bumi II), Ronald Manangsang (Kepala Suku Wilayah Sangihe, Zeth Awalo (Kepala Suku Wilayah Toral), Mustein Kumangko (Kepala Suku Wilayah Sitaro, Mexi Elungan Sekretaris Adat.

Susunan Badan Pengurus IKST Periode 2023-2025

Dewan Penasehat Koordinator Rico Baware, anggota : Yusak Senggafi, Kace Setia, Jefri Lalawo.

Ketua Necodemus Elungan, Wakil Ketua Markus Marlen Mayore Iba, ST, M,Si, Sekretaris I Nestor Pasoi, Sekretaris II Oksin Batunan, S.Pd, Bendahara Heni J.D Kemon, SE, MM.

Bidang Kerohanian : Mervin Clara Latunggamu, SlTh, Bidang Hukum : Andi Makaluwu, Bidang Keamanan : Gesa Mokodompit, Bidang Seni Biudaya dan Olah Raga : Naomi Nabi.

Koordinator Rayon I : Mercy Elungan, Koordinator Rayon II : Arpikson Animan, Koordinator Rayon III : Abdul Hamin Ambalau.

Hadir pada Pelantikan Badan Pengurus IKST Periode 2023-2025, Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, Forkopimda, Anggota DPR Papua Barat Robert Manibuy, Ketua LMA 7 Suku Kabupaten Teluk Bintuni Marten Wersin, Ketua Kawanua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *