Meski Krisis Akibat Pandemi Covid-19, Bupati Petrus Kasihiw Tetap Konsisten Bangun Bintuni

Pandangan Yohannes Akwan, SH selaku Pengamat Sosial kemasyarakatan terhadap kepemimpinan Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 4

Meski Krisis Akibat Pandemi Covid-19, Bupati Petrus Kasihiw Tetap Konsisten Bangun Bintuni

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Ditengah kritik dan arus protes yang begitu kencang dari publik Teluk Bintuni berkaitan dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni pasca pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020.

“Faktanya dalam diam Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT tetap konsisten untuk membangun kabupaten Teluk Bintuni kearah yang lebih baik.

Dimana sesuai janji-janji politik beliau di Pilkada tahun 2020 itu sudah dituangkan dalam rencana kerja dari pemerintah kabupaten dalam bentuk rencana kerja SKPD merupakan dokumen perencanaan SKPD untuk periode 1 (satu) tahun.

Sehingga dapat kita lihat tampak dimana-mana kalau periode pertama beliau membangun dari kampung ke kota. Tetapi diperiode kedua beliau fokus pada janji-janji politik beliau pada Pilkada 2020 yang dituangkan di dalam Renja Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni,” ungkap Fraktisi Hukum dan Pengamat Sosial Kemasyarakatan Yohannes Akwan, SH, Senin (26/09/2022)  kepada wartawan ketika dimintai pandangannya terkait Kepemimpinan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw Pasca Pandemi Covid-19 ketika dirinya dikonfirmasi di Bintuni.

Fraktisi hukum itu juga mengatakan bahwa janji-janji politik Petrus Kasihiw pada Pilkada di tahun 2020 bahwa apa yang dibicarakan oleh beliau ketika mencalonkan diri pada waktu Pilkada dan ketika jadi Bupati itu harus dituangkan dalan rencana kerja daerah.

“Rencana kerja daerah itu lambat laun dengan berjalannya waktu mulai tampak dimana-mana misalnya kita lihat jalan aspal di daerah-daerah SP1, SP2 serta jalan-jalan lingkungan di dalam kota Bintuni seperti Tahiti dan lainnya mulai ditingkatkan sarana prasarananya misalnya prasarana jalan.

Dimana pada pemerintahan sebelumnya jalan mereka cor dan pada masa pemerintahan Petrus Kasihiw jalan-jalan lingkungan itu di aspal.

Dan itu ada peningkatan walaupun ditengah krisis pasca pandemi covis-19. Dan kemudian terjadinya siklus perubahan sistem keuangan yang sifatnya lambat tetapi kemudian pembangunan tetap berjalan.

Ini bukan hanya ditunjukkan di dalam kota tetapi misalkan kita lihat jalan-jalan di daerah pesisirTeluk Bintuni bagian selatan seperti di Aroba ke Fafurwar sudah terbuka, ada pengaspalan dari Yaru ke Kasira Lama, Babo hingga Onar distrik Sumuri.

Kemudian wilayah-wilayah Moskona seperti dari Bintuni ke Merdey jalan sudah dicor dan bisa ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan serta dari Merdey ke Mesyeta serta dari Merdey ke Moskona Utara dan dari Biscoop ke Moskona Timur serta dari Biscoop ke Dataran Beimes semua jalan mulai mulai terbuka serta ditingkatkan.

Selain itu juga ada peningkatan sumber daya manusia  misalnya Petrotekno melalui Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas (P2TIM) Teluk Bintuni kemudian digenjot untuk penyiapan sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi.

Selanjutnya juga ada bantuan-bantuan tunai dan pemerintah terus melakukan kampanye-kampanye dan edukasi untuk menawarkan potensi-potensi daerah tetapi juga pemerintah welcome atau menerima serta membuka diri terhadap setiap inovasi-inovasi yang ada di daerah untuk terus termotivasi,” papar Akwan.

Lanjut Pengamat Sosial itu bahwa usaha mikro kecil dan menangah (UMKM) Teluk Bintuni juga lagi terus digenjot oleh pemerintah daerah. “Sehingga saya melihat bahwa di kepemimpinan pak Petrus Kasihiw pasca beliau dilantik menjadi Bupati Teluk Bintuni periode kedua ini ketertinggalan pembangunan  terus dikejar.

Dan saya lihat cukup maju sekali walaupun beliau dalam situasi diam ditengah badai kritik yang begitu hebat tetapi beliau terus bekerja dalam diam dan hasilnya mulai tampak satu per satu,” terangnya.

Direktur YLBH Sisar Matiti itu juga mengatakan bahwa kepemimpinan Petrus Kasihiw ini patut diberikan apresiasi dimana kinerja beliau dengan  sejumlah OPD-OPD terkait terus fokus untuk membangun Teluk Bintuni.

“Saya melihat dalam kepemimpinan Petrus Kasihiw cukup demokratis, terbuka dan transparan terhadap kebijakan pembangunan di kabupaten Teluk Bintuni.

Dimana saya kira Petrus Kasihiw cukup berhasil dalam kepemimpinan beliau pada periode kedua. Karena ditengah pasca covid-19 beliau cukup mampu mengatasi kesulitan untuk terus membangun kabupaten Teluk Bintuni.

Meskipun ada kritik yang datang kepada beliau tetapi beliau tetap fokus membangun daerah.

Saya kira ini indikator-indikator keberhasilan pembangunan walaupun itu belum sepenuhnya sempurna tetapi pak Petrus Kasihiw terus ada untuk membangun ketertinggalan pembangunan.

Beliau jenius dalam perencanaan, beliau paham betul mana yang prioritas urgen  atau penting yang harus ditempuh dan mana yang sifat jangka panjang dan tidak urgen.

Sehingga beliau lebih fokus menyelesaikan agenda-agenda daerah yang sifatnya urgen tersebut dan itu juga patut kita berikan apresiasi ditengah covid-19 pembangunan di Teluk Bintuni tetap berjalan,” tutur Akwan.

Pengamat Sosial Kemasyarakatan itu juga mengungkapkan bahwa ada rencana Ir. Petrus Kasihiw, MT untuk mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI di Senayan. “Saya kira beliau adalah salah satu putera Teluk Bintuni yang terbaik.

Hal itu ditunjukkan dari sisi kinerjanya di daerah. Dimana secara demokratis anggaran-angaran yang ada diperuntukkan untuk pembangunan daerah.

Beliau juga sangat baik dalam perencanaan, beliau adalah orang yang tidak anti kritik, beliau tetap berkomunikasi dengan siapa saja beliau tidak melihat   pada posisi perbedaan.

Tetapi beliau selalu merangkul dengan hati untuk bersama-sama membangun kabupaten Teluk Bintuni.

Bagi saya ini adalah sebuah modal sosial yang sebenanrnya sudah beliau tunjukkan bagaimana membangun Teluk Bintuni pasca pandemi covid-19.

Sehingga saya atas nama Direktur YLBH Sisar Matiti menilai bahwa visi misi beliau ini terpenuhi satu-satu mulai beliau kerjakan untuk tuntaskan  apa yang merupakan komitmen-komimen janji-janji politik beliau pada Pilkada tahun 20220,” pungkas Akwan. (01-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *