Jaksa Erwin Saragih Meniti Karir Dari Bawah Hingga Sukses Jadi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi PB

Bagikan berita ini

Visits: 292

Jaksa Erwin Saragih Meniti Karir Dari Bawah Hingga Sukses Jadi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi PB

MANOKWARI, InspirasiPapua.id-Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo melalui Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat (Kajati) Dr. Harli Siregar, S.H., M.Hum memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun kepada Erwin Saragih, SH.,MH.

Penghargaan diterima oleh putra Batak kelahiran Manokwari, Papua Barat itu dalam Upacara Hari Bhakti Adyaksa (HBA) Ke-63 Tahun 2023 yang di laksanakan di lapangan Upacara Kejaksaan Tinggi Papua Barat di Manokwari, Sabtu (22/07/2023).

Erwin Saragih, SH,MH kepada awak media usai upacara mengatakan, dirinya diangkat menjadi Calon Jaksa tahun 2003.

Saat itu penerimaan di kejaksaan melalui kantor Kejaksaan Tinggi Papua di Jayapura.

Dirinya bersama 130 peserta tes memperebutkan 12 quota calon jaksa, dan dirinya mendapat peringkat pertama dari 12 calon jaksa asal penerimaan Kejaksaan Tinggi Papua tahun 2002.

Setelah menyelesaikan pendidikan jaksa selama 6 bulan di Ragunan Jakarta tahun 2005, dirinya mendapat SK Penempatan sebagai Jaksa Pertama di Kejaksaan Negeri Nabire tahun 2005.

Di tahun 2007 dirinya mendapat promosi menjadi Kepala Sub Seksi Penyidikan pada Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Manokwari.

Kemudian pada tahun 2010, dirinya di promosi menjadi Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Manokwari.

Selanjutnya pada tahun 2013, dirinya di angkat menjadi Kepala Seksi Perdata pada Kejaksaan Tinggi Papua di Jayapura

Lalu tahun 2014 dirinya mutasi menjadi Kepala Seksi Ekonomi dan Moneter pada Kejaksaan Tinggi Papua di Jayapura.

Dimana Erwin Saragih tahun 2016 dirinya di mutasi menjadi Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri Manokwari.

Di tahun 2018 dirinya dipromosi menjadi koordinator pada Kejaksaan Tinggi Papua di Jayapura.

Kemudian tahun 2018 dirinya diangkat menjadi Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Teluk Bintuni dan tahun 2020 dirinya di promosi menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Biak Numfor.

Setelah meniti karir panjang akhirnya pada tahun 2021 Erwin Saragih diangkat menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Sorong di Sorong Raya.

Lalu di bulan agustus 2022, Erwin di promosi menjadi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua Barat di Manokwari.

Sepanjang karier dan tugas, dirinya telah menjalani suka dan duka,” kata Erwin Saragih menceritakan perjalanan hidupnya, dimana pernah menjadi pegawai honorer (Harian Lepas) tahun 1996 – 2021 di Pemda Kabupaten Manokwari sebagai cleaning servis dan operator SIMPEG pada bagian Kepegawaian Sekretatiat Daerah Kabupaten Manokwari.

Dimana pada tahun 1996 – 2021, dirinya harus membagi tugas, jam 07.00 sampai jam 16.00 Wit melaksanakan tugas sebagai honorer (tenaga harian lepas) di kantor bupati Manokwari dengan gaji per bulan Rp. 150.000. (Seratus lima puluh ribu rupiah).

dan sore harinya dirinya kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari kuliah jam 16.00 – jam 21.00 Wit (kuliah kelas malam), dan berhasil menyelesaikan S1 Hukum pada STIH Manokwarin tahun 2001.

Sebagai Alumni STIH Manokwari dirinya bangga karena STIH Manokwari  maka dirinya dapat melaksanakan tugas selama 20 tahun serta bisa mencapai karier menjadi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua Barat.

Keberhasilan dirinya menjadi Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Papua Barat itu semua karena kemurahan Tuhan, dan doa ibu dan ayah serta dukungan keluarga dan sahabat.

Ketika di tanya, tips apa yg membuat dirinya bisa seperti ini, Erwin Saragih menjawab,”biarlah semua mengalir apa adanya.

Kemudian penuhi semua persyaratan pendidikan dan pelatihan guna mencapai karier yang lebih tinggi,” ungkap Doktor (candidat) Universitas Hassanuddin Makassar ini kepada wartawan saat diwawancarai.

Di akhir wawancaranya, Erwin Saragih menyampaikan terima kasih kepada teman teman pers dan keluarga yang selalu mendukung dirinya dalam melaksanakan tugas sebagai Abdi Negara pada Kejaksaan RI. (02-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *