Para Tokoh Diharapkan Jadi Agen Perubahan Jaga Kedamaian Masyarakat Serta Keutuhan NKRI

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Teluk Bintuni Markus Iba. IP-IST)
Bagikan berita ini

Views: 11

Para Tokoh Diharapkan Jadi Agen Perubahan Jaga Kedamaian Masyarakat Serta Keutuhan NKRI

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Para tokoh-tokoh di daerah seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta tokoh-tokoh adat diharapkan menjadi agen perubahan dalam menyampaikan pesan-pesan kebangsaan khususnya dalam menjaga kedamaian dan ketertiban di lingkungan masyarakat maupun dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk menjadikan tokoh-tokoh yang ada di daerah ini menjadi agen perubahan maka ada beberapa agenda yang akan kami laksanakan pada Desember tahun 2022 yaitu khususnya terkait kegiatan-kegiatan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Teluk Bintuni.

Dimana kami senantiasa melakukan sosialisasi dan kegiatan-kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bagi tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda serta tokoh-tokoh adat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI).

Dan kami berharap ketika selesainya kegiatan sosialisasi atau pun selesai kegiatan pertemuan para tokoh-tokoh tersebut menjadi agen perubahan dalam menyampaikan pesan-pesan kebangsaan khususnya dalam menjaga kedamaian dan ketertiban di lingkungan masyarakat maupun dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sehingga cepat atau lambat daerah kita Kabupaten Teluk Bintuni akan menjadi daerah yang lebih maju, lebih aman dan dapat dipastikan kita akan ada dalam fase masyarakat yang adil dan makmur.

Sesuai visi dan misi Bupati Teluk Bintuni yaitu damai, maju, produktif dan berdaya saing,” ungkap Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Teluk Bintuni Markus Iba, Rabu (01/12/2022)

Pada saat diwawancarai media ini di ruang kerjanya di Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Teluk Bintuni di Kompleks Pemerintahan Pemkab Teluk Bintuni di Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri.

Sekretaris Badan Kesbangpol itu juga menjelaskan bahwa diharapkan melalui  kegiatan-kegiatan sosialisasi pemantapan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dapat menunjang para tokoh tersebut dapat menjadi agaen perubahan agar tujuan utama dari visi dan misi Bupati dapat tercapai.

“Oleh karena itu kegiatan-kegiatan ini kami anggap penting sehingga ada azas manfaat baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah.

Kegiatan-kegiatan sosialisasi ini akan kita laksanakan pada bulan Desember 2022 ini dengan beberapa agenda yaitu pertama pertemuan pemerintah  bersama tokoh adat, tokoh perempuan serta tokoh pemuda.

Dalam rangka  menyambut Natal 25 Dember 2022 dan Tahun Baru 01 Januari 2023. Kita adakan pertemuan ini agar ketika masuk Natal dan tahun Baru kita dapat merayakannya dengan hati yang bersih dan hati yang baik menyambut hari besar tersebut. Dimana para tokoh diharapkann tetap dapat menjaga keamanan dan ketertiban,” papar Markus.

Kemudian agenda kedua, kata Markus  Iba bahwa Badan Kesbangpol juga akan melakukan pemantapan wawasan kebangsaan bagi seluruh aparat kampung tujuannya adalah agar aparat-aparat kampung juga menjadi agen perubahan di kampung.

“Sehingga wawasan kebangsan bukan lagi menjadi slogan. Dimana sifat-sifat kedaerahan kita lepas, kita tinggalkan dan mari kita melihat wawasan yang bersifat nasional.

agar rasa nasional tertanam dalam hati dan kita bukan lagi menjadi pemikir-pemikir  lokal tetapi menjadi pemikir untuk perubahan bangsa kedepan.

Kemudian agenda ketiga yaitu kita juga akan menggelar sosialisasi bela negara bagi masyarakat khususnya orang asli Papua (OAP) dan ini penting kita laksanakan di kampung-kampung lokal.

Dan pesertanya berasal dari aparat kampung yaitu kepala kampung dan aparatnya khususnya di distrik Bintuni dan Manimeri. Sedangkan untuk keberlanjutan yang lain akan kita programkan di tahun depan.

Seperti di wilayah Moskona dan sekitarnya akan kita programkan tahun depan. Sedangkan daerah Sebyar, Irarutu, Kuri dan Wamesa kita akan programkan tahun berikutnya lagi. Dan tentunya program itu akan kita kerjakan secara bertahap,” pungkas Sekretaris Badan Kesbangpol tersebut. (01-IP)

About Post Author

banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600 banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *