Laksanakan Monev, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Bersama Kepala Distrik Se Teluk Bintuni Bahas 3 Agenda Penting

Suasana kegiatan Monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik diikuti seluruh kepala distrik se Teluk Bintuni bersama Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Pemkab Bintuni, Kamis, 11 Mei 2023. IP-IST
Bagikan berita ini

Visits: 178

Laksanakan Monev, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Bersama Kepala Distrik Se Teluk Bintuni Bahas 3 Agenda Penting

BINTUNI, InspirasiPapua.id- Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten (Setda Pemkab) Teluk Bintuni, Kamis (11/05/2023) melaksanakan  agenda Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan di distrik bersama para kepala distrik se kabupaten Teluk Bintuni yaitu dari 24 distrik induk ditambah 4 distrik persiapan dengan membahas 3 (tiga) agenda penting.

Nampak Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Pemkab Teluk Bintuni Rheinhard C. Maniagasi, S.STP ketika memimpin pertemuan Monitoring dan Evaluasi Penyelenggarasn Pemerintahan Distrik Tahun 2023 di ruang Rapat Kantor Bupati Lantai II, Kamis 11 Mei 2023. IP-IST

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Umum Setda Pemkab Teluk Bintuni Rheinhard C. Maniagasi, S.STP mengatakan bahwa agenda Monitoring dan Evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik adalah kegiatan rutin.

“Dimana diawali dengan pertemuan dengan kami di bagian adminsitrasi pemerintahan umum bersama distrik dengan membicarakan atau membahas beberapa hal kemudian akan ditindaklanjuti dengan monitoring dan evaluasi ke lapangan yaitu ke setiap distrik yang ada di kabupaten Teluk Bintuni.

Pertemuan ini merupakan agenda rutin yang kami selalu laksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi (Tupoksi) kami di bagian administrasi pemerintahan umum terkait dengan pembinaan pemerintahan di distrik dan kelurahan,” papar Rheinhard Maniagasi kepada media ini ketika dirinya diwawancarai.

Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Setda Pemkab Teluk Bintuni Rheinhard C. Manigasi, S.STP ketika diwawancarai media ini. IP-IST

Pada saat usai dirinya melaksanakan Monitorong dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan di Distrik bersama seluruh Kepala Distrik yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Teluk Bintuni Lantai II di Bumi Saniari Distrik Manimeri.

Dalam pertemuan Monitoring dan Evaluasi Pemerintahan distrik, kata Maniagasi menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) agenda penting yang dibahas yaitu, pertama terkait persiapan pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) Kepala distrik dan Kepala Kampung se Kabupaten Teluk Buintuni yang direncanakan akan dilaksanakan di Bintuni pada awal bulan September 2023 mendatang.

Di dalam Raker tersebut juga akan ditambahkan penyampaian materi-materi dari  Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dalam hal ini terkait dengan batas distrik dan kampung, persyaratan dan tahapan kampung persiapan yang sudah dilaksanakan di kabupaten Teluk Bintuni yang disesuaikan dengan regulasi yang berlaku.

Plt. Sekda Teluk Bintuni Drs. Frans N. Awak ketika memberikan arahan kepada kepala distrik dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik. IP-IST

Kemudian agenda kedua yaitu kami juga akan duduk Bersama untuk membicarakan terkait persiapan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas 145 (seratus empat puluh lima) pejabat kepala kampung dari unsur PNS yang telah dilantik oleh Bupati Teluk Bintuni pada bulan Desember tahun 2022 lalu.

Dimana sudah 6 (enam) bulan mereka melaksanakan tugas dan perlu kita mengevaluasi dan melihat kinerja mereka di lapangan terkait permasalahan atau hal-hal yang dilakukan dalam rangka persiapan-persiapan syarat kampung persiapan yang ada di kabupaten Teluk Bintuni karena masih ada beberapa syarat yang belum terpenuhi dari kampung-kampung persiapan tersebut.

Terutama menyangkut batas kampung persiapan dan juga terkait dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dalam hal ini kartu tanda penduduk atau KTP-KTP masyarakat yang ada di kampung persiapan yang disesuaikan dengan alamat kampung-kampung persiapan tersebut,” terangnya.

Nampak para kepala distrik sedang mendengarkan arahan dari Plt. Sekda Teluk Bintuni Drs. Frans N. Awak dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik. IP-IST

Kemudian agenda ketiga, Kabag Adminsitrasi Pemerintahan Umum itu menyebutkan bahwa pihaknya mengevaluasi terkait kinerja kepala distrik dari sisi penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang ada di tiap-tiap distrik.

“Dimana kami sudah memberikan arahan kepada para kepala distrik agar segera berkoordinasi dengan dinas teknis terkait dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kabupaten Teluk Bintuni untuk segera melakukan perekaman KTP atau dokumen kependudukan serta penerbitan dokumen pencatatan sipil di tiap-tiap distrik yang ada di kabupaten Teluk Bintuni,” jelas Maniagasi.

Pada kesempatan itu Rheinhard Maniagasi juga memaparkan bahwa selain membahas beberapa agenda Monitorong dan Evaluasi itu para kepala distrik juga mendapat arahan dari Plt. Sekda Kabupaten Teluk Bintuni terkait kedisiplinan kepala distrik maupun aparatur di tingkat distrik lainnya baik staf PNS maupun honorer terkait kehadiran di distrik.

“Maupun kehadiran di pertemuan dari undangan-undangan yang dilakukan perangkat-perangkat daerah yang ada di kabupaten Teluk Bintuni. Dan kami sangat berharap pertama yaitu tertutama yang berhubungan dengan Raker kepala distrik dan kepala kampung se Teluk Bintuni maka kami minta kepala distrik segera melakukan komunikasi kepada para kepala kampung yang ada di distrik masing-masing untuk bisa mempersiapkan diri karena nanti ada beberapa data-data pendukung yang dibutuhkan nanti pada saat Raker.

Selanjutnya kedua yaitu terkait evaluasi pejabat kampung persiapan kami sudah sampaikan laporan berjenjang dari kepala distrik sehingga kami harapkan bisa segera mengevaluasi pejabat kepala kampung persiapan.

Kemudian kami juga mengharapkan kepala kampung persiapan yang telah ditunjuk dan telah dilantik oleh Bupati Teluk Bintuni itu agar selalu melaksanakan tugas sesuai dengan amanah yang diberikan terutama  mendukung persyaratan kampung persiapan yang telah ditetapkan dan bisa memenuhi atau memfasilitasi terkait syarat-syarat tersebut,” tutur Rheinhard.

Rheinhard Maniagasi juga menambahkan bahwa terkait dinamika dokumen kependudukan di kabupaten Teluk Bintuni masih banyak permasalahan dimana masih banyak masyarakat yang belum memiliki dokumen  kependudukan dan pencatatan sipil di kabupaten Teluk Bintuni yaitu terutama masyarakat yang ada di pelosok-pelosok yang memiliki akses ke Dinas Dukcapil sangat terbatas karena jaraknya jauh dan biaya ekonominya sangat tinggi sekali untuk bisa sampai di Dinas Dukcapil.

“Sehingga diperlukan memperdekat rentang kendali pelayanan kepada masyarakat dimana saya berharap pihak distrik dan Dinas Dukcapil bisa saling berkomunikasi atau bekerja sama dengan baik agar kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat seperti penerbitan dokumen kependudukan dan dokumen pencatatan sipil lainnya bisa terpenuhi karena itu merupakan hak dari masyarakat yang ada di kabupatenh Teluk Bintuni,” tutup Rheinhard Maniagasi mengakhiri wawancaranya. (ahd-IP)

About Post Author

banner x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *